Asal Usul Cendol Elizabeth saat menjabat Menteri Luar Negeri Inggris - WisataHits
Jawa Barat

Asal Usul Cendol Elizabeth saat menjabat Menteri Luar Negeri Inggris

bandung

Selain tempat wisata yang tak terhitung jumlahnya, kota Bandung juga sering dihantui oleh para pecinta kuliner. Hal ini dikarenakan Bandung dikenal dengan berbagai kuliner khas yang melegenda. Salah satunya Es Cendol Elizabeth.

Rasa yang segar dan nikmat, porsi yang banyak dan harga yang murah menjadi salah satu kunci kesuksesan Es Cendol Elizabeth. Tidak main-main, es cendol ini lahir dan sudah ada sejak tahun 1972.

Pertama, Es Cendol Elizabeth lahir dari Haji Rohmah yang harus menghidupi perekonomian keluarganya setelah ditinggal ayahnya saat masih duduk di bangku kelas 2 SD. Haji Rohmah, putra satu-satunya, kemudian membantu pamannya menjual cendol di kota Bandung.

Dia tidak pernah menggunakan uang yang diberikan pamannya untuk dirinya sendiri, tetapi mengirimkannya ke desa untuk membayar sekolah adik-adiknya. Jika ada uang tambahan, dia menggunakannya untuk menabung.

Dengan tabungan tersebut, Rohmah bisa membeli gerobak sendiri untuk menjual cendol. Ia kemudian berjualan di kawasan Leo Tile, Astanaanyar, Kota Bandung.

Nama Elizabeth sendiri berasal dari kebiasaannya nongkrong di depan toko tas Elizabeth yang terletak di Jalan Otto Iskandinata. Sejak saat itu, Es Cendol Rohmah dikenal dengan nama Es Cendol Elizabeth.

Kini es cendol yang sudah berusia 50 tahun itu melebarkan sayapnya di kota-kota lain seperti Jakarta dan Bogor.

Cendol es krim ikonik ini bahkan menjadi suguhan istimewa bagi Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss saat bertemu Ridwan Kamil dan Bima Arya di Bogor (22/12/2021).

Menteri Luar Negeri Inggris dilaporkan terkejut mengetahui bahwa es cendol yang dia makan memiliki nama yang sama dengan dirinya, Elizabeth. Bahkan, Ridwan Kamil sempat mengatakan dalam unggahannya di Instagram bahwa Es Cendol Elizabeth akan segera hadir di Inggris.

“Bersama Walikota Bogor @bimaaryasugiarto kita suguhkan Cendol kepada Elisabeth Bogor. Dia terkejut karena ada minuman dengan nama Elizabeth di atasnya dan berharap bisa hadir di kafe-kafe di sekitar London. Siap melakukannya,” unggah Kang Emil di akun Instagram pribadinya.

Es Cendol Elizabeth Central Restaurant terletak di Jalan Inhoftank No. 64, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Kini sebotol es cendol dijual seharga Rp 7.000, sedangkan es cendol dengan tambahan nangka dijual seharga Rp 10.000. Selain nangka juga ada tambahan alpukat yang dibandrol dengan harga Rp 12.000.

(mso/mso)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button