Artikel - Menjelajahi Keindahan dan Eksotisme Lituania - ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur - ANTARA News Nusa Tenggara Timur - WisataHits
Jawa Tengah

Artikel – Menjelajahi Keindahan dan Eksotisme Lituania – ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur – ANTARA News Nusa Tenggara Timur

JAKARTA (ANTARA) – Konsul Kehormatan RI di Lituania Vytaute Stankatiene menanyakan kepada Tiara Larasati tentang “lima hal dari Lituania yang menarik perhatian perempuan” yang bekerja di Konsulat Lituania di Jakarta.

Salah satu dari lima jawaban Tiara adalah “dingin” karena dia dan beberapa orang lainnya, termasuk ANTARA, tiba di negara Baltik paling selatan ini pada awal musim dingin.

Cuaca di bawah nol derajat Celcius, antara minus 1 sampai minus 4 derajat Celcius, memang terlalu dingin bagi kita orang tropis yang hanya mengenal musim hujan dan musim kemarau.

Tapi sebenarnya, mungkin itu karena ini awal musim dingin, dan udaranya, yang menyengat tulang dan menyebabkan telapak tangan yang tidak bersarung mengerut dan kulit wajah mengering, adalah “sangat dingin”.

ANTARA dan tiga wartawan Indonesia lainnya berada di Lithuania untuk menghadiri pertemuan bisnis tahunan Avia Solutions Group, induk perusahaan FL Technics yang aktif di industri perawatan pesawat.

Luas Lithuania sekitar 65.000 kilometer persegi, atau dua kali luas Provinsi Jawa Tengah di Indonesia.

Ketika kami tiba di ibu kota Vilnius hampir seminggu yang lalu, pada tanggal 6 Desember, kami disambut oleh udara dingin dan salju dimana-mana.

Sehari kemudian, salju turun lebih berat dari kapas tertiup angin, lalu mendarat dengan lembut di atas pakaian, atau terkadang rambut, yang tidak dilindungi topi.

Benda-benda berupa buih yang jatuh dari langit bertumpuk di atas tanah sehingga terciptalah hamparan putih, daratan putih seolah tertutup buih putih.

Benda ini mencakup segala sesuatu mulai dari rumah dan bangunan hingga mobil, trotoar, dan yang lainnya termasuk jalan raya. Karena itu, seperti di semua negara musim dingin, semua sudut kota dan wilayah di Lituania harus dilengkapi dengan kendaraan pembersih salju yang menutupi jalan.

Menginjak salju tak ubahnya menginjak es yang telah diserut halus seperti yang dilakukan para pembuat es krim cincau di Indonesia. Bedanya yang ini lebih kental.
Kendaraan melintas di jalan di daerah bersalju di Trakai, 28 km sebelah barat Vilnius, Lituania, difoto pada 10 Desember 2022. (ANTARA/Jafar Sidik)

Udara membeku karena salju yang sering disertai angin kencang turun hampir terus menerus. Namun hal itu tidak mengurangi keindahan dan eksotisme Vilnius, begitu pula Kaunas, kota terbesar kedua di Lituania yang kami kunjungi.

Selanjutnya: Harmoni antara masa lalu dan masa kini Harmoni antara masa lalu dan modern

Terletak di bagian timur Lituania, tidak jauh dari perbatasan dengan Belarusia – negara yang selain Rusia saat ini sangat tidak disukai masyarakat umum karena perang di Ukraina – Vilnius dengan 544.000 penduduk merupakan pusat ekonomi dan budaya penting di Lituania .

Vilnius juga merupakan persimpangan budaya yang berbeda, sehingga pola budayanya dipengaruhi oleh banyak budaya, tidak hanya budaya Lituania itu sendiri, tetapi juga Jerman, Slavia, Yahudi, Tatar, dan banyak lagi.

Hal ini pula yang membuat Vilnius tampil harmonis, tidak hanya antar budaya, tetapi juga antar zaman peradaban. Tak heran, kota ini juga menjadi tempat bertemunya masa lalu yang modern. Modernitas dan tradisionalisme berjalan berdampingan di sini.

Di kota ini bangunannya sudah tua dan dirancang art deco Berdampingan dengan bangunan modern yang umumnya minim embel-embel dan dekorasi karena hanya ingin memaksimalkan fungsi, seperti yang terlihat di Hotel Loop tempat kami menginap selama berada di Lithuania.

Intinya, kota ini memiliki sejarah masa lalu yang padat, dilestarikan dengan cermat oleh penduduknya, tetapi juga selaras dengan masa kini dan visi yang mengarah ke era selanjutnya.

Belakangan, berdasarkan obrolan dengan mahasiswa Indonesia di Baltik dan berbagai referensi online, Lithuania merupakan satu dari tiga negara Baltik yang semuanya berkomitmen terhadap teknologi dan memiliki ekosistem digital yang kuat sehingga dapat menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin memperdalam disiplin digital. . baik secara praktek maupun teori.
Kemudian salah satu bagian dari masa lalu yang dilestarikan oleh masyarakat Lituania adalah kota tua Vilnius yang dipenuhi dengan sejumlah gereja yang indah, beberapa di antaranya terkadang sulit dibedakan dengan masjid hingga Anda menemukan salib di bagian paling atas. . Arsitektur gereja Kristen Ortodoks terkadang menyerupai masjid.

Tidak hanya gereja, kota ini juga penuh dengan bangunan bersejarah dan restoran serta kafe yang sebagian besar terletak di bagian jalan yang paling eksotis menyerupai labirin atau gang di antara bangunan.

Salah satunya adalah sudut yang dulunya dihuni oleh komunitas Yahudi dan telah diubah menjadi ghetto selama pendudukan Nazi Jerman. Tempat ini sebelumnya dikenal sebagai kuartal Yahudi. Vilnius sendiri terkadang disebut sebagai Yerusalem Lituania.

Dibungkus dalam nuansa bohemian yang tenang, Vilnius adalah salah satu tujuan wisata paling populer. Dilintasi sungai Vilnia dan Neris yang mengalir ke Laut Baltik, kota ini memang terlalu indah untuk dilewatkan.

Terutama di musim panas, ibu kota Lituania berpenduduk 2,79 juta orang ini penuh dengan warna-warna cerah dan cerah.

Hanya karena musim dingin tidak sepenuhnya mengekspos bangunan unik ini, dicat dengan warna-warna indah dan penuh warna serta mengandung jejak sejarah dan perjalanan budaya yang kental.

Next: Sensasi wisata yang lengkap Sensasi wisata yang lengkap

Yang pasti, apakah Anda orang yang menyukai arsitektur, museum, gereja, kuliner, belanja atau sekedar hobi berdiam diri di taman yang asri dan eksotik, Vilnius menawarkan semua pilihan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menelusuri asal-usul orang dan tempat yang menjadi dasar bangsa ini, mungkin ada baiknya menjelajahi Kota Tua yang dikunjungi ANTARA lebih dari sekali dalam lima hari selama berada di Lituania.

Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata terkenal di Vilnius, Menara Kastil Gediminas atau Menara Katedral Vilnius yang lebih semarak saat siang hari diselimuti malam atau bahkan senja.

Namun jika Anda suka berbelanja di warung pinggir jalan dan pasar loak, Anda bisa menjelajahi Pilies Street.

Jika ingin mencari sensasi lain, Anda bisa berkendara satu jam ke Trakai dengan istananya yang indah, yang merupakan salah satu ikon Lithuania.

Bahkan, sebagian besar bagian istana yang merupakan jejak sejarah dan budaya Lituania merupakan bagian yang telah dipugar sejak awal tahun 20-an. Namun karena semuanya telah direproduksi dengan setia, termasuk bahan bangunannya, tetap terlihat antik.

Tempat-tempat ini milik tempat-tempat dari bejibun Pemandangan yang dapat dikunjungi wisatawan selama mereka tinggal di Lituania.

Namun jika ingin merasakan pengalaman dan sensasi yang berbeda dari yang lain, Anda bisa mengunjungi Museum Pendudukan dan Perjuangan Kemerdekaan yang biasa disebut dengan Museum KGB.
KGB adalah bekas dinas rahasia pada masa Uni Soviet yang kini telah membubarkan diri dan Soviet sendiri. Namun orang sering menyebut Dinas Rahasia Rusia (FSB) sebagai penerus KGB.

Baca Juga: Artikel – Tetap menghidupkan harapan pemulihan pariwisata di Kepulauan Riau

Museum ini mendokumentasikan secara lengkap segala sesuatu tentang genosida selama Perang Dunia II dan deportasi warga Soviet tak lama setelah Perang Dunia II berakhir, serta momen Ukraina dan Eropa Timur selama pendudukan Soviet.

Semuanya disajikan secara detail, termasuk ruangan-ruangan yang dulunya merupakan ruang tahanan dan tempat-tempat interogasi dan penyiksaan para tahanan baik pada masa pendudukan Nazi maupun era Soviet.

Jika sudah puas dengan semua itu, maka menjelajahi suasana eksotis Lituania akan semakin sempurna bila dilengkapi dengan mencicipi hidangan dan minuman yang tidak hanya unik dan menarik, tetapi juga menggugah selera.

Baca juga: Artikel – Eksotisme sabana di ujung Bendungan Praya

Namun bagi umat Islam, tentu ada tambahan karena beberapa menu makanan dan minuman tidak mengandung unsur halal. Tapi jangan khawatir, semuanya dikomentari agar Anda tidak terjebak.

Intinya, seperti tempat yang dianggap baru dan eksotis di mana pun di dunia, Vilnius dan Lithuania juga menawarkan sensasi wisata di Indonesia yang lengkap dan bisa menyegarkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Temukan keindahan dan eksotisme Lituania

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button