Apakah kota Anda di Jawa Timur cocok untuk anak-anak? Periksa peringkat - WisataHits
Jawa Barat

Apakah kota Anda di Jawa Timur cocok untuk anak-anak? Periksa peringkat

Klik TIMES.COM|SURABAYA– Jawa Timur kembali diakui sebagai Provinsi Ramah Anak (Provila) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI pada tahun 2022.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu juga mendapat pengakuan serupa.

“Keberhasilan ini merupakan keberhasilan upaya dan kerja keras seluruh pemerintah daerah, ormas dan aktivis perlindungan anak,” ujarnya.

Selain itu, faktor kerjasama “diskusi konkrit” dengan pengambil kebijakan lintas sektoral juga merupakan upaya pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak.

Penghargaan diserahkan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jawa Timur Restu Novi Widiani di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Gelar Provila diberikan karena Gubernur Khofifah dinilai berhasil membujuk seluruh daerah di Jawa Timur atau 100 persen masuk dalam pemeringkatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

“Alhamdulillah 38 kabupaten/kota di Jatim sudah masuk pemeringkatan KLA. Bahkan, beberapa daerah berhasil meningkatkan peringkat KLA,” kata Khofifah.

Secara lebih spesifik, pemenang KLA di Jawa Timur meliputi dua kota peringkat primer, 12 kabupaten/kota peringkat nindya, 17 kabupaten/kota peringkat menengah, dan tujuh kabupaten/kota peringkat primer To take.

Kabupaten/kota yang masuk dalam pemeringkatan yaitu peringkat utama adalah Kota Surabaya dan Kota Probolinggo.

Peringkat Nindya adalah Kota Batu, Trenggalek, Situbondo, Gresik, Jember, Kota Madiun, Kota Malang, Jombang, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Sidoarjo, Lamongan.

Untuk jajaran menengah yaitu Kota Kediri, Sumenep, Kota Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Bojonegoro, Pamekasan, Magetan, Banyuwangi, Lumajang, Pasuruan, Tuban, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun, Bondowoso dan Ponorogo.

Sedangkan rangking utama adalah Kabupaten Nganjuk, Bangkalan, Probolinggo, Sampang, Kediri, Ngawi dan Pacitan.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota. Ke depan harus lebih baik,” kata Khofifah. (tulang hasta)

Source: kliktimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button