Antisipasi abrasi pantai, AP I menanam 5.000 pohon di area pendukung Bandara Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Antisipasi abrasi pantai, AP I menanam 5.000 pohon di area pendukung Bandara Yogyakarta

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:52 WIB

| penulis:

Buku Catatan: beruntung s

Jakarta, InfoPublik – PT Angkasa Pura/AP I (Persero) bersama sejumlah instansi melakukan penanaman pohon tahan abrasi di buffer zone Bandara Internasional Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan di sekitar bandara dan memperkuat sabuk hijau yang dapat mengantisipasi risiko abrasi pantai.

Sebanyak 5.000 pohon jenis mangrove, cemara udang, pandan laut, dan anggur laut telah ditanam di tiga kawasan penyangga bandara, yakni Desa Glagah, Jangkaran dan Karangwuni yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Acara penanaman pohon itu juga dihadiri oleh Pj Bupati Kulon Progo Tri Shaktiyana, serta para pimpinan sejumlah instansi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

“Sejalan dengan salah satu misi AP I untuk memberikan kontribusi positif bagi kelestarian lingkungan, kami secara konsisten dan berkesinambungan berkontribusi pada pelestarian ekologi lingkungan di sekitar penyangga bandara yang kami kelola. Bandara Internasional Yogyakarta yang terletak di kawasan pesisir yang rawan erosi alami, riparian atau proses abrasi,” kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan tersebut bertepatan dengan Hari Konservasi Nasional dan merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) AP I.

“Penanaman pohon di lingkungan pesisir ini juga akan membawa manfaat positif bagi penanggulangan bencana tsunami di masa mendatang, mengingat manfaat pohon bakau yang akan berperan sebagai penahan saat terjadi bencana tsunami, sehingga mengurangi dampak bencana dan dapat diminimalisir,” Faik Fahmi melanjutkan.

Dalam program ini, AP I juga bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta untuk merekomendasikan kesesuaian jenis tanaman yang ditanam untuk manfaat optimal dalam meminimalkan dampak gesekan dan bencana alam.

Dirjen Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan, penanaman pohon bertujuan tidak hanya untuk melestarikan kawasan penyangga bandara, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kerapatan vegetasi untuk menahan abrasi di kawasan sabuk hijau dan kawasan ekowisata di Lingkungan YIA menambah terbuka hijau ruang angkasa lagi sebagai bentuk implementasi Rencana Aksi Pengurangan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK) serta upaya peningkatan masyarakat sekitar berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) masyarakat dan pilar penguatan ekonomi ekosistem laut.

“Selain tugas utama kami sebagai Badan Usaha Bandara di Indonesia, kami juga berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program perlindungan lingkungan dalam rangka mewujudkan proses bisnis yang berkelanjutan. Bandara Internasional Yogyakarta sendiri dirancang dengan konsep greenfield airport, dengan filosofi arsitektur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang bertujuan untuk mendukung implementasi konsep green airport atau eco-airport,” tutup Faik Fahmi.

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button