Antam mendukung pemulihan lingkungan bekas tambang di Cisantana - WisataHits
Jawa Barat

Antam mendukung pemulihan lingkungan bekas tambang di Cisantana

INFORMASI NASIONAL – PT Antam Tbk (Antam) Unit Usaha Pertambangan Emas (UBP) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Desa Cisantana untuk memulihkan kerusakan lingkungan di area bekas penambangan batu di Kawasan Ekowisata Sukageuri, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Areal tersebut sebenarnya tidak dekat dengan wilayah operasi Antam di Kabupaten Bogor, namun manajemen Antam tetap hadir untuk penandatanganan prasasti yang dilakukan pada Senin, 26 Desember 2022.

“Aspek kelestarian lingkungan menjadi prioritas Antam dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Emas, General Manager UBP Emas Antam, Muhidin.

Pada kesempatan ini dilakukan penanaman 1.200 bibit pohon untuk melestarikan keanekaragaman hayati di lokasi ekowisata yang terdiri dari beberapa jenis pohon seperti Kemiri, Picung, Salam, Ketapang dan Karet Kebo. Selain itu, Antam juga memberikan bantuan berupa paver yang terbuat dari daur ulang limbah overburden untuk digunakan di sekitar tempat wisata.

Sebagai informasi: Mulai tahun 2021, kegiatan penggalian batu yang dilakukan oleh Pemkot di sekitar objek wisata Sukageuri dihentikan sementara dengan alasan keamanan. Pemerintah Desa Cisantana yang didukung PT Antam berupaya mengembalikan fungsi lingkungan menjadi hijau dan membawa manfaat lingkungan dan ekonomi bagi masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengulurkan tangan untuk mendukung program pemulihan lahan di kawasan bekas tambang batu Blok Sukageuri di Desa Cisantana,” ujar Ano Suratno, Kepala Desa Cisantana.

Kontribusi Antam dalam penerapan pengelolaan lingkungan berkelanjutan di wilayah Jawa Barat diakui sejak tahun 2015 melalui inovasi sosial Ecoriparian dan Ekowisata Ciguha, Ekowisata Teluk Jambe, Citarum pada tahun 2019 dan terakhir pada tahun 2022 melalui program pemberdayaan masyarakat berbasis perlindungan lingkungan. Cisangku, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button