Ansambel Orkestra Keraton Yogyakarta pertama kali tampil di luar keraton, catat tanggalnya! - WisataHits
wisatahits

Ansambel Orkestra Keraton Yogyakarta pertama kali tampil di luar keraton, catat tanggalnya!

Ansambel Orkestra Keraton Yogyakarta pertama kali tampil di luar keraton, catat tanggalnya!

Piknikdong.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, String Ensemble Orkes Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar pagelaran musik untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023.

Pertunjukan akan digelar di pelataran Gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalan Malioboro 54 Yogyakarta pada Sabtu, 20 Mei 2023 pukul 16.00 WIB.

Pertunjukan musik memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023, ansambel gesek pertama Yogyakarta di luar Min PalaceILUSTRASI foto: Media Kraton Jogja

Acara ini dibuka untuk umum secara gratis dan juga akan disiarkan secara live melalui channel YouTube Kraton Jogja.

Penampilan kali ini akan dianimasikan oleh solo vokal Brian Prasetyoadi dan solo biola Elgar Putrandhra.

“Sebetulnya kami sudah bercita-cita sejak tahun lalu menggelar pentas musik di pelataran gedung DPRD DIY.

Hanya saja saat itu masih ada kendala teknis yang harus dirumuskan terlebih dahulu.

Maka tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023, akhirnya kami berkesempatan untuk mewujudkannya.

Yang lebih istimewa lagi adalah penampilan perdana tim String Ensemble Royal Orchestra Yogyakarta di depan Keraton Yogyakarta.

Sebelumnya ada tim ansambel tiup yang tampil di Regol Barat Kepatihan tahun lalu, tim ansambel gesek ini belum pernah ada sebelumnya.”

ujar KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa.

Pagelaran musik Hari Kebangkitan Nasional 2023 akan menampilkan 10 repertoar bertema semangat perjuangan, persatuan dan kebangsaan, yaitu: Indonesia Tetap Merdeka; untuk Anda Negara; Bhinneka Tunggal Ika; Maju Teguh; Kebyar Kebyar; warisan Indonesia; Bangun samar-samar; Medley: Kibarkan Benderaku – Kibarkan Bendera Negaraku; Negara saya; dan Indonesiajaya.

Kesepuluh lagu ini diaransemen oleh salah satu Abdi Dalem Musikan yaitu ML. Widyoyitnowaditro.

Sedangkan yang akan bertindak sebagai dirigen atau dirigen dalam pementasan ini adalah RW. Widyogunomardo.

Beberapa lagu akan menyertakan solo biola Elgar Putrandhra, solo vokal Brian Prasetyoadi, bahkan akan ada duet antara permainan biola Elgar Putrandhra dan suara Brian Prasetyoadi.

“Brian sendiri sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Royal Yogyakarta Orchestra, pertama pentas musik Kamardikan tahun lalu di Regol Brajanala, lalu baru-baru ini pentas musik peringatan serangan umum 1 Maret ke daerah Mandalasana.

Nah, dua penampilan Brian Prasetyoadi sebelumnya pernah berkolaborasi dengan tim ansambel tiup, sedangkan besok adalah kali pertama Brian berkolaborasi dengan The Yogyakarta Royal Orchestra String Ensemble. Secara pribadi, saya menantikan hasil akhir.

kata KPH Notonegoro.

Acara ini dibuka untuk umum secara gratis tanpa perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Namun bagi masyarakat yang tidak bisa langsung datang ke venue, tidak perlu khawatir karena masih bisa menyaksikan seluruh rangkaian acara mulai dari iring-iringan tentara dan Abdi Dalem Musikan hingga membawakan 10 Lagu Kebangkitan Nasional 2023. One Day Music Pertunjukan Daring melalui Saluran YouTube Kraton Yogyakarta.

“Diselenggarakan di kawasan Malioboro dan kawasan gedung DPRD DIY, kami berharap pagelaran musik ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan wisatawan, sekaligus membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan.

Apalagi menjelang tahun politik, kami ingin terus memperkokoh persatuan Indonesia dari Yogyakarta dengan musik sebagai bahasa universal.

Semoga pesan-pesan persatuan dan perdamaian ini dapat diterima di semua lapisan masyarakat.”

KPH Notonegoro menyimpulkan.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button