Anggota DPR Bantu Adhi Karya Optimalkan Dana HMETD Percepatan PSN - WisataHits
Jawa Tengah

Anggota DPR Bantu Adhi Karya Optimalkan Dana HMETD Percepatan PSN

always.id – Anggota DPR RI Mufti Anam membantu Perusahaan Negara PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dalam mengoptimalkan dana rights issue untuk percepatan Program Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Ada beberapa PSN yang bisa dipercepat dengan dana dari penerbitan saham baru atau rights issue, sehingga penyelesaian PSN bisa tepat waktu dengan hasil yang baik,” kata Mufti Anam di Pasuruan, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Genjot Pertumbuhan Industri Kreatif, BI Gelar Java Coffee Culture 2022

Seperti diketahui, ADHI memiliki saham baru (rights issue) setelah mendapat persetujuan Komisi VI DPR, Keputusan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2022 tentang penambahan penyertaan modal negara pada saham ADHI sebagai dasar hukum pemberian PMN dan pengesahan efektif. OJK tanggal 14 Oktober 2022.

ADHI berhasil menghimpun dana Rp 2,6 triliun dengan komposisi penyertaan modal pemerintah Rp ,96 triliun dan penyertaan masyarakat untuk menyerap dana Rp 689 miliar. Total dana tersebut bisa digunakan untuk menyetor modal kepada perusahaan untuk membangun beberapa PSN.

Sejumlah proyek yang masuk dalam pendanaan rights issue ADHI antara lain Tol Solo-Yia Karta-YIA Kulonprogo, Tol Yogyakarta-Bawen, dan SPAM Karian-Serpong Timur.

Mufti mengatakan, selain untuk mengembangkan bisnis ADHI sebagai badan usaha, perolehan dana rights tentunya akan mendorong perekonomian nasional.

Baca Juga: Daur Ulang Sampah Plastik, Perusahaan AMDK CHEERS Menerapkan Zero Waste

“Tentu percepatan PSN pasti bisa mendorong perekonomian, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan PDB/PDRB, kontribusi pajak dan sebagainya,” kata Mufti.

“Belum lagi infrastruktur yang nantinya dibuat untuk menjalin hubungan regional ke kawasan wisata. Salah satunya Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo yang mempercepat Jogjakarta, Solo, dan Semarang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk sektor pariwisata, di daerah-daerah tersebut,” tambah mantan Ketua HIPMI Jatim itu.

Selain untuk proyek jalan tol, dana rights issue juga akan digunakan untuk membangun proyek penjernihan air dan menyalurkan air bersih ke SPAM Karian Timur-Serpong.

Baca Juga: Komitmen Sajikan Energi, PGN Bangun Infrastruktur Gas Bumi KIT Batang

“Program ini tentunya akan mendatangkan keuntungan ekonomi juga, dapat meningkatkan permintaan barang dan jasa di sekitar lokasi proyek dan pengoperasian SPAM, yang nantinya akan memberikan tambahan kegiatan ekonomi bagi para penggunanya,” jelas Mufti.

Dampak proyek SPAM Karian akan dirasakan terutama di wilayah konsumsi air yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Jakarta, namun wilayah sekitarnya juga dapat merasakan manfaat melalui interaksi antar wilayah.

“Tentu multiplier effect-nya luar biasa, baik dari segi ekonomi maupun penggunaan air untuk berbagai kebutuhan warga,” pungkas Mufti. (SL1)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button