Anggaran KLU Dispar Nol untuk Nataru - WisataHits
Jawa Tengah

Anggaran KLU Dispar Nol untuk Nataru

TANJUNG– Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, wisatawan lokal maupun mancanegara terus berdatangan ke Gili Tramena. Para pelaku wisata di ketiga pulau tersebut tentu sudah bersiap menyambut momen ini.

Namun, Dinas Pariwisata (Dispar) KLU tidak menggelar kegiatan khusus menyambut Nataru. Dispar KLU membenarkan hal itu dengan pembatasan anggaran. “Memang belum ada rencana acara menjelang akhir tahun,” kata Direktur Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Fahman Toriki, Kamis (8/12).

Meski demikian, pihaknya akan berkomunikasi dengan BPPD, GHA dan pelaku ekonomi lainnya agar tetap melanjutkan kegiatannya. “Sudah dua tahun ini tidak ada kejadian karena Covid-19, semua kabupaten/kota sama saja,” lanjutnya.

Ia berharap meski tidak ada acara pemda, kunjungan tetap ramai. “Tapi informasi dari pihak hotel, untuk tahun baru ini, mereka tetap merayakannya di setiap hotel,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Gili Hotels Association (GHA) Lalu Kusnawan mempertanyakan program pelayanan tersebut. Apalagi di tengah kunjungan yang cukup ramai saat ini. “Sementara pelaku ekonomi menjaga propertinya masing-masing,” tegasnya.

Sejauh ini, Kusnawan mengaku belum mendapat koordinasi apapun dari KLU Dispar. Meski demikian, dia tidak mempermasalahkan pemutusan layanan tersebut. “Kalau bicara dinas pariwisata, programnya rumit,” katanya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter FR meminta semua pihak terkait berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan pariwisata dan pelaku bisnis di Tramena untuk menyambut Nataru. “Kita berharap lalu lintas penumpang lancar, tamu banyak dan kita mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Gili Indian,” pungkasnya. (fer/r9)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button