Anda bisa berkemah sambil menjelajahi Gua Karangpurba di Kendal - WisataHits
Jawa Tengah

Anda bisa berkemah sambil menjelajahi Gua Karangpurba di Kendal

Senin, 1 Agustus 2022 – 08:02 WIB

Perjalanan VIVA – Alam di Singgorojo bisa dibilang kasar. Perbukitan kapur banyak memanjang hingga ke perbatasan Boja di timur dan kemudian ke perbatasan Kabupaten Temanggung di selatan. Begitu juga dengan tanaman yang tumbuh di perbukitan. Sebagian besar merupakan hutan jati, jagung, palawija dan semak belukar yang mengering pada musim kemarau.

Meski demikian, bukan berarti Singorojo yang termasuk dalam Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, minim destinasi wisata. Tepat di baliknya dan disela oleh alam yang keras ada banyak tempat menarik ketika potensi mereka direalisasikan.

Dan itulah yang dilakukan oleh aktivis kelompok sadar wisata lokal. Salah satunya adalah Irfan Yusuf Atamimi atau lebih dikenal dengan Tomi. Bersama teman-temannya yang lain, ia berusaha memaksimalkan potensi alam di desanya untuk menjadi destinasi wisata yang menarik dan menantang. Mereka pun menamakan target yang dikembangkan dengan nama Karangpurba.

Seperti namanya, wisata ini melewati perbukitan yang dipenuhi bebatuan besar dan kapur. Pemandangannya meliputi gua, tebing, area hutan, dan tempat perkemahan.

“Gua ini dulu disebut Gua Lawa karena di sana banyak Lawa atau kelelawar. Sekarang kita menyebutnya Gua Karangpurba. Kedalaman jalur wisata ini mencapai 100 meter. Untuk jalur goa atau treknya mencapai 200 meter,” jelas Tomi di sela-sela menghadiri festival Desa Wisata Kendal 2022.

Seperti goa kapur lainnya, Karangpurba juga memiliki stalaktit dan stalagmit serta ornamen alam lainnya pada dinding batu kapurnya. Menariknya, beberapa ornamen berupa makhluk laut seperti kerang, ikan dan lain-lain. Bagian dalam gua juga diterangi.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button