Alun-Alun Selatan, taman hiburan dan tempat kuliner favorit di Boyolali - WisataHits
wisatahits

Alun-Alun Selatan, taman hiburan dan tempat kuliner favorit di Boyolali

Alun-alun Selatan adalah ikon pariwisata kabupaten Boyolali dan menjadi tujuan favorit warga untuk bersantai dan menikmati kuliner. Memiliki patung sapi raksasa dan area bermain untuk anak-anak.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Wonosari, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Alun-Alun Boyolali Kidul merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat untuk beristirahat dan berlibur. Baik untuk warga maupun di luar. Apalagi tempat ini juga dikelilingi oleh gedung-gedung unik seperti Grand Pavilion, Gedung Bupati, dan Gedung DPRD.

Tak hanya itu, berbagai aktivitas menarik juga bisa dilakukan di kawasan ini. Diantaranya adalah olahraga, piknik, hunting foto, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membeli berbagai souvenir seperti sepatu, tas, baju, aksesoris dengan harga yang sangat bersahabat.

Selain itu, Alun-Alun Selatan juga memiliki ikon yang sangat dibanggakan masyarakat setempat. Ikonnya adalah patung sapi raksasa. Penduduk setempat menyebutnya sapi Ndekem. Namun ada juga yang menyebutnya Lembu Suro. Yang merupakan simbol dari Boyolali memproduksi susu sapi.

Atraksi alun-alun selatan

Atraksi Alun-Alun SelatanKredit gambar: Google Maps Dina Tiara

1. Patung Sapi atau Sapi Raksasa Suro

Alun-Alun Selatan juga memiliki ikon yang sangat sering dijadikan spot foto wajib oleh pengunjung. Spotnya adalah patung sapi raksasa atau disebut Sapi Ndekem alias Lembu Suro. Patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berlibur di tempat ini.

Banyaknya pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini memaksa Anda untuk mengantri untuk bisa berfoto dengan sapi tersebut. Sementara itu, Anda bisa melakukan aktivitas lain, atau mungkin menyiapkan pose foto yang tepat terlebih dahulu. Jadi, nantinya kamu bisa langsung menata rambutmu saat giliran berfoto.

2. Tulisan Alun-Alun

Atraksi selanjutnya adalah tulisan “ALUN-ALUN KIDUL”. Menulis biasanya digunakan sebagai lap untuk jogging (Jogging Track). cocok untuk anda yang suka olahraga lari.

Warna tulisannya mencolok, sehingga cocok untuk berfoto. Plus, tulisannya terlihat Instagrammable. Hal ini sering dilakukan oleh pengunjung. Baik mereka yang bepergian maupun mereka yang berhenti dan berjalan-jalan.

3. Aula Besar di Alun-alun Selatan

Selain hal-hal tersebut di atas, ada juga tempat menarik lainnya di kawasan ini, yaitu Pendopo Gede. Paviliun ini masih terlihat sangat tua dan terasa sangat tua. Anjungan berada di bagian barat tidak jauh dari lokasi alun-alun.

Tempat ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto atau konten Anda bagi Anda yang aktif di jejaring sosial pembuat video. Plus, tantangan foto dan video jadul saat ini ada di mana-mana. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk tantangan. Tentu Anda tidak ingin melewatkan tren ini bukan?

4. Penjualan kuliner dan lainnya

Tempat ini memiliki banyak jajanan yang bisa kamu coba. Rasanya juga sangat enak dan harganya juga cukup terjangkau. Hal ini menjadi daya tarik bagi pengunjung, karena tidak jarang pengunjung datang ke tempat ini hanya untuk menghilangkan rasa lapar.

Apalagi saat makan di tempat ini ada pemandangan gedung-gedung yang ditata dan terlihat rapi. Buat pengunjung betah dan betah berlama-lama di alun-alun selatan ini. Untuk mencari kuliner di kawasan ini, Anda tidak perlu bingung. Karena di setiap sudut alun-alun pasti ada yang jual.

Selain memasak, tempat ini juga menjual aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, dll. Selain itu, ada juga penjual pakaian, sepatu dan tas. Sangat lengkap dan cocok untuk kenangan liburan di Boyolali.

Alamat dan rute menuju lokasi Alun-alun Selatan

Alamat alun-alun selatanKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Ikon kota ini terletak di Dusun Wonosari, di Desa Kemiri. Desa yang terletak di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

Anda tidak perlu khawatir tersesat karena saat ini sudah ada teknologi GPS untuk dapat menemukan tujuan yang Anda tuju. Akurasinya bisa dijamin.

Tempat ini tidak menarik tiket masuk sama sekali. Dengan demikian, Alun-alun Selatan menjadi objek wisata gratis yang biasa digunakan pengunjung untuk beristirahat di tengah perjalanan yang melelahkan. Namun ada juga pengunjung yang sengaja ingin menghabiskan liburannya di sana. Cocok untuk jalan-jalan atau sekedar selfie.

Anda juga bisa menikmati suasana Alun-Alun Selatan selama 24 jam. Jadi, kamu bisa menjelajahi semua spot foto, wisata kuliner, serta berbagai wahana di tempat wisata yang satu ini. Sebagai informasi, harga tiket dan jam buka dapat berubah sewaktu-waktu oleh pengelola setempat.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Alun-Alun Selatan

Kegiatan Alun-Alun SelatanKredit gambar: Facebook Nature Tourism Indonesia

1. Adegan hiburan

Pada umumnya alun-alun setiap kota digunakan sebagai ruang publik, termasuk di Boyolali. Sedemikian rupa sehingga tempat ini juga menawarkan fasilitas umum seperti panggung pertunjukan. Biasanya langkah ini akan digunakan saat ada acara khusus seperti hajatan dan pentas seni

Namun bila tidak ada kegiatan seperti itu, panggung ini dimanfaatkan pengunjung sebagai spot foto satu kali. Begitu banyak orang mengambil gambar di panggung ini. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

2. Berburu Foto

Seperti yang sudah disebutkan, tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto. Karena banyak sekali foto yang bisa diambil di tempat ini. Seperti di depan gedung DPRD dan gedung Bupati, gedung bersejarah yang unik, pemandangan, becak hias, sapi raksasa dan masih banyak lagi.

Hasilnya akan memuaskan jika Anda mempersiapkan kamera terbaik Anda. Baik kamera DSLR maupun kamera smartphone Anda. Dengan sedikit sentuhan filter, foto akan terlihat bagus dan siap untuk dibagikan di media sosial Anda. Pastinya akan terlihat sukses, kekinian dan Instagrammable.

3. Berjalan di sekitar alun-alun

Berjalan-jalan di sekitar Alun-Alun Selatan Boyolali sangat dianjurkan. Karena Anda akan menemukan gedung bupati yang mirip dengan Istana Merdeka. Bagi Anda yang berdomisili di Provinsi Jawa Tengah, tidak perlu jauh-jauh ke ibu kota untuk bisa berfoto di Istana Merdeka. Karena Boyolali sudah memiliki keraton KW Merdeka.

Tidak hanya itu, ketika Anda berjalan-jalan di sekitar tempat ini, Anda juga dapat menemukan gedung DPRD Boyolali. Gedung tersebut merupakan duplikasi gedung DPR dan MPR di DKI Jakarta. Lagi-lagi masyarakat Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh ke DKI Jakarta untuk bisa melihat gedung DPR/MPR.

4. Piknik

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah piknik. Ini karena tempatnya yang luas dan pemandangannya juga indah. Oleh karena itu, saat Anda berlibur di tempat ini, jangan lupa membawa karpet sebagai alasnya. Untuk makanan, Anda bisa membawa dari rumah atau membeli berbagai jajanan dari tempat ini.

Suasana ini juga kondusif untuk diabadikan, apalagi jika Anda sedang piknik bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengobrol santai sambil menyantap jajanan dengan panorama bangunan bersejarah yang terkesan unik. Sangat menarik bukan piknik di tempat ini?

5. Main wahana

Ada wahana bersama di Alun-Alun Selatan yang sangat cocok untuk anak-anak. Salah satunya adalah becak hias yang bisa dinaiki oleh anak-anak. Apalagi becak juga biasa digunakan sebagai photo booth. Foto di becak hias unik dan cantik.

Warna dari becak hias sendiri cukup beragam. Sehingga anak-anak pasti menyukainya dan tentunya akan sangat senang. Momen bahagia anak-anak ini akan menimbulkan kesan tersendiri di hati orang tuanya dan sangat cocok untuk diabadikan.

6. Latihan

Alun-Alun Selatan sangat cocok untuk olahraga. Karena medan di kawasan ini penuh dengan rerumputan, sehingga pengunjung tidak kerepotan jika ingin melakukan push-up, sit-up, dll. Selain itu, ada juga jalan lebar yang bisa digunakan untuk jogging.

Hari yang baik untuk berolahraga di tempat ini adalah akhir pekan. Entah pagi, siang, atau malam. Biasanya di akhir pekan banyak pengunjung yang melakukan olahraga dan olahraga lainnya. Tak lupa kompetisi olahraga juga sering diadakan di sini. Ini termasuk kelompok drum dan sepeda.

Fasilitas yang tersedia di Alun-Alun Kidul Boyolali

Fasilitas alun-alun selatanKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Fasilitas tempat ini cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung seperti lahan parkir yang memadai. Juga, sebagian besar fasilitas gratis. Tempat ini juga memiliki toilet umum.

Di sekitar alun-alun ini terdapat fasilitas untuk beribadah. Hanya saja, ada 5 tempat ibadah untuk masing-masing agama di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir terlambat beribadah saat berlibur di tempat ini. Selain itu, ada juga berbagai jajanan kaki lima yang bisa dijajaki di tempat ini. Pasti enak dan sangat menggoda.

Itulah beberapa ulasan tentang Alun-Alun Selatan di Boyolali. Tempat ini sangat cocok untuk persinggahan ketika Anda lelah dari perjalanan. Selain itu, tiket masuknya selalu gratis sehingga lebih hemat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button