Alun-alun Giri Krida Bakti Wisata Murah Aneka Atraksi - WisataHits
wisatahits

Alun-alun Giri Krida Bakti Wisata Murah Aneka Atraksi

Biaya masuk Alun-alun Giri Krida Bakti: GratisJam buka: 24 jamTidak. Panggilan: Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57612

Lapangan Giri Krida Bakti merupakan kawasan terbuka hijau di Kabupaten Wonogiri. Kawasan ini mengalami pemugaran sekitar tahun 2016. Dan kini tampak lebih kekinian dengan sejumlah bangunan yang estetik. Serta beberapa pohon rindang menghiasi setiap sisi alun-alun.

Tanahnya memiliki permukaan yang ditumbuhi rerumputan hijau. Lalu di bagian samping ada area jogging trek untuk pejalan kaki. Bisa juga digunakan sebagai media olahraga seperti lari dan jogging. Kawasan ini dikelilingi oleh banyak bangunan penting seperti masjid dan kantor pemerintahan.

Harga tiket Giri Krida Bakti Square

Berbeda dengan tempat wisata yang memungut biaya tiket masuk. Saat berkunjung ke Giri Krida Bakti Square, semua orang bebas masuk dan keluar gratis. Karena pengelola tidak memungut tiket masuk dari pengunjung.

Harga tiket Giri Krida Bakti Square
Tiket masuk Gratis

Baca: WADUK GAJAH MUNGKUR Tiket dan Aktivitas Wisata

Jam Buka Lapangan Giri Krida Bakti

Alun-alun Giri Krida Bakti masih buka setiap hari. Dari pagi hingga tengah malam. Bisa dibilang kawasan ini buka 24 jam setiap hari, dari hari senin sampai minggu.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Daya tarik Lapangan Giri Krida Bakti

Alun-alun Giri Krida Bakti memiliki keunikan tersendiri yang menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah panggung besar dan indah yang didirikan di tengah lapangan. Kemudian di depan alun-alun terdapat patung Ir. Soekarno sedang duduk membaca buku. Di kawasan ini wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner dan permainan anak.

Adegan Giri Krida Bakti

Panggung persegi Giri Krida Bakti.Panggung besar dan indah yang terletak di tengah lapangan. Foto: Googlemap/Rita Latifah

Setelah mengalami revitalisasi, Alun-alun Giri Krida Bakti kini terlihat lebih bersih dan modern. Tepat di sebelah utara ada panggung merah besar. Bentuknya melengkung dengan hiasan tugu bertuliskan Giri Krida Bakti di bagian atasnya. Tugu ini ditopang oleh 4 pilar yang sangat kokoh.

Panggung langsung berhadapan dengan lapangan hijau yang luas. Jadi ketika pengunjung berdiri di atas panggung, Anda akan melihat seluruh area persegi. Kawasan ini juga sering menjadi tempat diadakannya konser atau acara penting lainnya. Pasalnya, kawasan ini cukup luas dan mampu menampung penonton dalam jumlah banyak.

Kawasan ini juga sering dijadikan destinasi relaksasi oleh masyarakat setempat. Untuk menuju puncak, Anda bisa menaiki anak tangga di bawah panggung. Pada malam hari kawasan ini terlihat begitu indah dengan lampu yang menyala. Dimana pada tulisan Giri Krida Bakti memancarkan cahaya putih yang terlihat kemerahan.

Baca: Tiket SOKO LANGIT dan Pesona Kolam Bawah Gunung

Patung Presiden Soekarno

Patung Bung Karno di depan Lapangan Giri Krida Bakti.Wonogiri memiliki ikon kota baru berupa patung Bung Karno di depan alun-alun. Foto: Googlemap/Mingun Baru

Di depan Alun-alun Giri Krida Bakti berdiri patung Bung Karno yang berukuran sangat besar. Diperkirakan tinggi patung tersebut sekitar 2,6 meter. Kehadirannya menjadi ikon baru di kota Wonogiri. Pose sang presiden sedang duduk santai di kursi sambil membaca buku.

Patung Bung Karno ditopang oleh alas berbentuk lingkaran dengan 5 tingkat. Tingkat pertama berisi ornamen dengan kata-kata “Saya mempercayakan Anda dengan bangsa ini dan negara ini”. Warnanya merah cerah dengan warna hitam di bagian belakang. Sedangkan tingkat kedua berwarna merah putih dan tiga sampai lima berwarna coklat.

Patung itu indah dengan latar belakang dinding ecodayawilaga. Di bagian atas terdapat mural berupa patung. Ada foto orang, rumah, bunga, daun dan beberapa pohon kecil. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Baca: Puncak Bukit Cumbri Wonogiri di Atas Awan

Wisata kuliner

Selain terkenal dengan panggung besar dan patung Bung Karno. Alun-alun Giri Krida Bakti juga menawarkan wisata kuliner yang nikmat. Namun kebanyakan yang berjualan makanan adalah pedagang kaki lima di sepanjang jalan utama. Biasanya kawasan ini sudah ramai dengan aktivitas jual beli di sore hari.

Harga makanan dan minuman masih sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Beragam menu seperti makanan ringan, makanan berat, dan minuman kekinian tersedia lengkap di sini. Misalnya untuk makanan ada Bakso, Mie Ayam, Tempe Penyet dan Soto. Sedangkan minumannya adalah Es Buah, Wedang Ronde, Teh Panas, Jeruk Panas dan lain-lain.

Dari semua menu yang paling terkenal adalah Wedang Ronde. Sejenis minuman jahe panas khas provinsi Jawa Tengah. Di dalamnya ada kue bundar berwarna-warni yang diisi dengan kacang. Bahan dasarnya adalah tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air lalu direbus.

Baca: Pesona Menawan GUNUNG KELIR Wonogiri Tiket Murah

Area bermain anak-anak

Odong-odong berjalan di alun-alun Giri Krida Bakti.Pada malam hari kawasan Alun-alun ramai dengan permainan anak-anak seperti memancing, mandi bola, odong-odong dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Maria Sofi

Tak hanya pedagang kaki lima yang ramai menjajakan makanan. Di area ini juga terdapat beberapa permainan seru khususnya untuk anak-anak. Meski fasilitas tersebut tidak bisa dinikmati setiap hari. Hanya pada waktu-waktu tertentu seperti malam minggu.

Wahana hiburan yang tersedia misalnya ada sepeda listrik, mandi bola, wahana hiburan dan masih banyak lagi. Namun mainan favorit anak-anak adalah mainan odong-odong. Bentuknya mirip komidi putar tapi ukurannya mini. Dan tempat duduknya berbentuk 5 mobil mainan.

Odong-odong bergerak di satu tempat mengikuti suara musik. Anak-anak duduk sambil memegang setir. Tidak perlu khawatir karena pergerakannya cenderung lambat. Oleh karena itu wahana ini sangat aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

Baca: Tiket Pantai Nampu Wonogiri dan Pesona Perbukitan Eksotis

Meredakan

Padahal ini wisata baru di Kabupaten Wonogiri. Namun fasilitas umum yang tersedia sudah mencukupi. Misalnya area parkir trek jogging, masjid, WiFi dan tempat makan. Untuk toilet bisa menggunakan Masjid At-Taqwa Kabupaten Wonogiri.

Lokasi Lapangan Giri Krida Bakti

Alun-alun ini ditujukan ke Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Tepatnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button