Alif Stone Park, nikmati pesona alam bebatuan prasejarah di Natuna - WisataHits
wisatahits

Alif Stone Park, nikmati pesona alam bebatuan prasejarah di Natuna

Alif Stone Park, nikmati pesona alam bebatuan prasejarah di Natuna
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Sempang, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Alif Stone Park merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Natuna dengan pesonanya yang mempesona. Destinasi wisata ini sangat populer dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya. Setiap hari selalu saja ada pengunjung yang datang, entah karena penasaran atau ingin menikmati panorama alam.

Tur hit ini menampilkan formasi batu granit yang menjulang di atas samudra biru, membentuk pemandangan yang sangat menakjubkan. Batu granit ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sehingga sering dijadikan objek fotografi yang instagramable. Karena berada di kawasan pesisir, tempat ini juga menawarkan panorama pantai berpasir putih dan jernihnya air laut.

Soal fasilitas, tak perlu khawatir, ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Misalnya, taman bermain anak, bumi perkemahan, restoran, dan toko oleh-oleh. Wisatawan juga dapat menikmati aktivitas air seperti snorkeling, diving, dan memancing di sekitar kawasan wisata.

Atraksi Taman Batu Alif

Atraksi Taman Batu AlifKredit gambar: Google Maps Agung Setiadi

Nama Taman Batu Alif tidak sembarangan, karena ada sebuah batu yang berdiri di atas bebatuan lainnya. Batu itu berbentuk lonjong sehingga menyerupai huruf alif dalam bahasa Arab. Dari segi daya tarik tentunya bukan hanya formasi batuan yang unik saja, namun masih banyak lagi yang perlu anda ketahui.

1. Formasi bebatuan yang unik

Daya tarik utama wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan adalah keunikan formasi batuannya. Dilihat dari jauh, formasi batuan tersebut terlihat seperti pulau-pulau kecil di tengah laut, batuan ini terbentuk dari erosi laut yang terjadi selama ribuan tahun, menciptakan struktur yang indah dan mengesankan.

Lokasinya yang berada di tepi pantai membuatnya terasa seperti dunia yang terpisah dari kehidupan sehari-hari. Bagi pecinta fotografi, wisata indah ini menawarkan banyak tempat menarik untuk diabadikan. Formasi batuan yang unik dan keindahan alam yang menakjubkan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan, serta peluang foto yang luar biasa.

2. Pantai yang indah dan alami

Selain formasi bebatuan yang unik dan menawan, Alif Stone Park memiliki daya tarik keindahan pantainya secara keseluruhan. Air lautnya berwarna biru jernih, sehingga dasarnya terlihat jelas. Ombak di sini cukup tenang, bahkan bisa dibilang tidak ada ombak yang tinggi sama sekali. Hanya riak-riak kecil yang tenang berjalan menuju pantai akan menemani liburan Anda.

Karena letaknya yang tidak jauh dari bibir pantai, maka airnya tidak terlalu dalam. Pengunjung tidak hanya bisa berdiri di atas bebatuan yang tersusun tidak beraturan, tetapi juga bisa merasakan kesejukan airnya. Meski terdapat bebatuan besar dan tinggi, pendakiannya tidak akan sulit karena pengelola membuat tangga permanen dan menghubungkan bebatuan tersebut dengan jembatan.

3. Keindahan alam yang mempesona

Tak bisa dipungkiri, semua pesona Alif Stone Park Natuna terletak pada keindahannya. Selain eksotisme bebatuan dan laut yang memesona, tempat ini dipenuhi deretan pohon kelapa yang tertata rapi. Keberadaan pohon ini memberikan kesan hijau dan menyegarkan. Keindahan yang Anda dapatkan saat berkunjung ke sini sudah lengkap.

Nuansa coklat tua diperoleh dari batu granit dengan ukuran berbeda, warna biru diperoleh dari air laut yang jernih dan hijau menyegarkan dari pepohonan. Berkunjung ke tempat ini dijamin akan membuat hati Anda semakin ceria dan berwarna. Selain itu, suasananya yang teduh, semilir angin yang datang membuat Anda berlama-lama berburu spot foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Batu AlifKredit gambar: Google Maps Eka Handa

Alif Stone Park memang berada di pesisir atau salah satu kawasan pesisir. Namun menuju ke sana tidaklah sulit, karena akses jalan sangat bagus. Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Namun untuk menghemat waktu dan juga menghemat biaya, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata indah ini terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dari pusat kota Natuna Anda harus menempuh jarak sekitar 17 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut kurang lebih 40 menit. Silakan menuju ke Desa Selemam jika Anda saat ini berada di pusat kota.

Kemudian ikuti jalan utama atau jalan raya yang membawa Anda ke Pantai Teluk Selahang. Belok kanan di ujung jalan dan ikuti jalan utama menuju Jalan Raya Sepempang. Tempat wisata yang anda tuju berjarak sekitar 4 kilometer, lokasinya ada di kiri jalan. Jika Anda mengalami kesulitan, carilah rambu-rambu yang tersebar di beberapa titik.

Harga tiket masuk objek wisata

Destinasi wisata yang dikenal dengan nama Taman Batu Alif ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Mengunjungi tempat ini awalnya gratis saat pertama kali diperkenalkan ke publik. Namun kali ini, Anda harus membayar untuk menikmati segala pesona dan keindahannya. Tidak mahal, hanya 10.000 rupiah untuk pengunjung yang datang.

Dibandingkan dengan yang didapat nanti, harga tiket masuknya sangat murah. Selain itu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sini, yang utama adalah fotografi. Selain tiket masuk, siapkan biaya tambahan untuk biaya parkir. Sepeda motor dikenai biaya 2.000 rupee, sedangkan mobil berharga 5.000 rupee.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Alif Stone ParkKredit gambar: Google Maps Misuro Anwari

Taman Batu Alif tidak hanya memiliki satu daya tarik yang menarik wisatawan. Alasan lainnya adalah banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan. Karena sebagian yang ada di sini berkaitan dengan keindahan, kegiatannya tidak jauh dari fotografi dan juga memanfaatkan pesona alam.

1. Channel sambil menikmati keindahan alam

Salah satu aktivitas yang paling direkomendasikan di sini adalah menikmati keindahan alam yang mempesona. Anda bisa berkeliling kawasan dan menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh alam. Selain itu, Anda juga bisa duduk santai di atas bebatuan sambil menikmati suasana tenang dan damai tentunya jika cuaca memungkinkan.

Seperti yang Anda ketahui, tempat ini berada di area terbuka atau outdoor. Lokasinya yang berada di pinggir pantai membuatnya semakin hangat saat cuaca panas. Silakan menikmati eksotisme susunan bebatuan yang menarik, pemandangan hijau dari pepohonan, dan juga jernihnya air laut yang menyejukkan jiwa.

2. Naik perahu menyusuri pantai

Aktivitas menarik selanjutnya di Alif Stone Park adalah jalan-jalan menyusuri pantai. Tidak banyak pasir di pantai, hampir semuanya terdiri dari bebatuan dengan ukuran berbeda. Anda bisa menyusuri pantai menggunakan perahu yang disediakan pengelola. Tentu tidak gratis, Anda harus membayar sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

3. Berburu spot foto

Dengan keindahan alamnya yang spektakuler, tempat ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghasilkan foto yang indah dan menawan. Tempat paling populer adalah gugusan granit yang eksotis. Anda hanya perlu pose singkat untuk menghasilkan bidikan menawan, serahkan sisanya pada keindahan alam.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Taman Batu AlifKredit gambar: Google Maps Muhammad Baihaqi Lubis

Fasilitas di Alif Stone Park memang tidak selengkap tempat lain yang pernah Anda kunjungi. Namun beberapa fasilitas penting ada disini, salah satunya adalah area parkir. Selain itu, ada juga warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman, meski jumlahnya tidak banyak. Untuk keperluan buang air besar, Anda bisa meminta bantuan pemilik toko.

Wisata yang memiliki daya tarik selalu menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah. Apalagi daya tarik yang dimilikinya adalah keindahan alam dan bebatuan eksotis yang unik, seperti Alif Stone Park Natuna. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung, ingatlah untuk menjaga dan melestarikan alam agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button