Alhamdulillah, Masjid Syekh Zayed Solo resmi dibuka hari ini - WisataHits
Jawa Tengah

Alhamdulillah, Masjid Syekh Zayed Solo resmi dibuka hari ini

jakarta – Masjid Sheikh Zayed Solo diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab, Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, pada Senin (14/11/2022). Masjid senilai 300 miliar rupee ini adalah hadiah dari Pangeran UEA.

Masjid Agung Sheikh Zayed Solo terletak di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Masjid ini menjadi destinasi wisata religi baru di kota Solo.

Masjid senilai Rp 300 miliar ini merupakan pemberian Presiden yang juga Pangeran UEA kepada Jokowi di Solo. Masjid Sheikh Zayed Solo adalah replika dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Pada peresmian masjid ini, Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab juga harus salat di Masjid Tahiyatul. Usai salat, Jokowi dan Mohamed bin Zayed menandatangani prasasti yang disediakan.

“Nanti Presiden Jokowi dan Presiden UEA akan langsung masuk ke area masjid dan keduanya akan melaksanakan salat Tahiyatul Masjid di mimbar, sedangkan yang diundang sudah salat terlebih dahulu,” kata Direktur Bimbingan Agama Islam dan Syariah (Urais Binsyar). Kementerian Agama, Adib, Minggu (13/1/11) malam, dikutip dari detikJateng.

Didampingi sejumlah pejabat

Sejumlah pejabat negara hadir dalam pelantikan ini, mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dilaporkan detikJateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, kepada Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen pada Senin (14/11) pagi pukul 06.30 WIB.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, peresmian masjid ini dimajukan menjadi 17 November 2022 dibandingkan rencana sebelumnya. Gibran mengatakan, tanggal peresmian ini lebih awal sejalan dengan persetujuan Presiden UEA.

“Inisiasinya tanggal 14 November 2022 pagi tanggal 14. Langsung pulang dari Kamboja sebelum menuju Bali untuk KTT G20 ternyata lebih bagus lagi besok pagi (pagi) jam 7,” kata Gibran di Solo, Minggu (13/11/2020).

Arsitektur Masjid Agung Sheikh Zayed Solo

Menurut situs resmi surakarta.go.id, arsitektur Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan sengaja dibangun menyerupai Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo juga dikatakan memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Masjid ini terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan dan ruang bawah tanah yang digunakan untuk wudhu baik laki-laki maupun perempuan. Berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar, masjid ini akan menjadi destinasi wisata religi di Solo.

Di bagian atap, masjid ini memiliki kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah. Arsitektur Islam modern ini menunjukkan persahabatan antara Uni Emirat Arab dan Indonesia.

Setelah diresmikan, masjid ini tidak hanya bisa menjadi tempat sholat tetapi juga menjadi pusat dakwah dan pendidikan Islam. Masjid ini terbuka untuk umum yang ingin mengunjunginya.

Sedangkan untuk daya tampung masjid, total bisa menampung hingga 10.000 jamaah. Masjid dengan dominasi warna putih dan emas ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas.

Tonton video Prabowo hingga Yaqut di Peresmian Masjid Syekh Zayed Solo
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/kami)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button