Alasan Mengapa Ban Belakang Sepeda Motor Lebih Besar Dari Ban Depan - WisataHits
Yogyakarta

Alasan Mengapa Ban Belakang Sepeda Motor Lebih Besar Dari Ban Depan

TEMPO.CO, jakarta -Alasan paling kuat kenapa ban belakang motor lebih besar dari ban depan. Karena jika diperhatikan, ukuran ban belakang motor standar biasanya selalu lebih besar dari ukuran ban depan.

Tampaknya ini tidak hanya meningkatkan tampilan sepeda, tetapi ada hal penting yang menyebabkan perlunya membedakan ukuran kedua ban.

Dilaporkan oleh kustom sepeda motor, Alasan ban belakang sepeda motor selalu lebih besar dari ban depan adalah karena fungsinya yang lain. Fungsi utama dari roda depan atau ban adalah untuk menyerap benturan dan mengarahkan sepeda motor. Terlepas dari model atau ukuran sepeda CC, pengendara selalu mengarahkan sepeda menggunakan setang dan roda depan ini.

Dengan cara ini dapat dipahami bahwa kemudi roda depan dapat memandu sepeda motor untuk bergerak ke arah yang diinginkan oleh pengemudi. Sekarang roda depan bertanggung jawab untuk mengendalikan mesin, ban yang lebih tipis dan lebih kecil tentu membantu memastikan fungsi ini berjalan secara optimal.

sementara itu mulai restart sepeda, Fungsi utama roda belakang atau ban adalah untuk membawa beban mesin. Dibandingkan dengan ban depan, beban yang dibawa oleh ban belakang jauh lebih besar. Selain itu, fungsi ban belakang juga mencakup transmisi tenaga, traksi dan stabilitas.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ditransmisikan ke roda belakang melalui penggerak rantai. Sepeda motor kemudian bergerak, terutama karena roda belakang mendorong sepeda motor ke depan. Untuk itu, ban belakang sengaja dibuat lebih besar, agar daya dukung dan transmisi tenaga saat akselerasi mesin menjadi lebih baik.

Selain perbedaan fungsi, alasan ban belakang lebih besar dari ban depan juga dipengaruhi oleh konstruksi pabrikan. Ban depan terbuat dari konstruksi satu lapis yang lebih lembut. Sedangkan ban belakang sepeda motor dibangun dengan konstruksi dua lapis yang lebih kuat karena fungsinya menahan beban.

Karena itu, ban belakang sepeda motor lebih besar dari ban depan. Mengetahui alasan tersebut, pengendara sepeda motor diharapkan lebih memperhatikan kondisi ban sepeda motor, baik depan maupun belakang. Pastikan ukuran ban depan dan belakang tidak sama.

HARI SETYAWAN
Baca juga: Melewati Jalan Berongga, Ini Tips Buat Pengendara Motor

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. Klik disini untuk bergabung.

Source: otomotif.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button