Alami Peningkatan, Riau Punya 134 Desa Wisata - Talk - WisataHits
Jawa Tengah

Alami Peningkatan, Riau Punya 134 Desa Wisata – Talk

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau terus mendorong kabupaten/kota untuk mendirikan desa wisata untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Kepala Dispar Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan, perkembangan desa wisata di wilayahnya terus meningkat.

“Sekarang ada 134 desa liburan di Riau yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Dulu di Riau hanya ada sekitar 74 kampung liburan, sekarang perkembangannya meningkat,” kata Roni, Selasa (20/9/2022).

Roni mengatakan dari ratusan desa wisata tersebut, sebagian besar berada di Kabupaten Kampar. Kemudian disusul Pemkab Bengkalis dan lainnya.

Untuk pengembangan desa liburan itu sendiri, lanjut Roni, pihaknya setiap tahun mengadakan kompetisi desa liburan terbaik. Tahun ini, 15 desa liburan masuk nominasi terbaik di tingkat Provinsi Riau.

Nantinya, desa wisata terbaik tingkat Provinsi Riau akan mewakili ajang Indonesia Tourism Village Award (ADWI) yang disponsori Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf).

Padahal, lanjutnya, Roni, desa wisata di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak yang saat ini masuk nominasi ADWI 2022, merupakan hasil kompetisi yang disponsori Dispar Riau. Sehingga pelatihan-pelatihan yang dilakukan pihaknya menunjukkan hasil yang sangat memuaskan.

Mengenai peluang Desa Wisata Dayun mendapatkan penghargaan pada ADWI 2022, Roni mengakui peluang tersebut cukup besar. Selain itu, kompetisi ADWI ini dinilai dalam 7 kategori.

“Insya Allah kita akan mendapatkan juara dari kategori kelembagaan, yaitu keunggulan Desa Wisata Dayun. Jika melihat prestasi ADWI tahun 2021 yang menempatkan Desa Masjid Koto, XIII Kecamatan Koto Kampar, kita meraih juara 2 tingkat nasional. Saat itu, Kampar meraih penghargaan di kategori kuliner,” ujarnya.

Untuk saran dan informasi tentang CAKAPLAH.com, silahkan email: [email protected]

Source: www.cakaplah.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button