Akhirnya kisah asal muasal Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah terungkap, generasi muda perlu mengetahui hal ini - WisataHits
Jawa Tengah

Akhirnya kisah asal muasal Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah terungkap, generasi muda perlu mengetahui hal ini

Akhirnya kisah asal muasal Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah terungkap, generasi muda perlu mengetahui hal ini

CilacapUpdate.com – Jangan lupa jaket merah atau sejarah adalah ungkapan bermakna untuk mengingat perjalanan panjang masa lalu.

Mengetahui sejarah asal muasal Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Ada banyak rentetan sejarah di Kabupaten yang terkenal akan keindahan pendakian gunung ini.

Berikut kisah asal mula Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah yang dirangkum CilacapUpdate dari situs resmi purbalinggakab.go.id.

Sejarah asal usul Purbalingga, Jawa Tengah

Salah satu nama yang pasti tidak terlupakan jika berbicara tentang sejarah Purbalingga adalah Kyai Arsantaka, tokoh yang secara historis menurunkan sosok bupati Purbalingga.

Kyai Arsantaka yang pada masa mudanya dipanggil Kyai Arsakusuma adalah anak dari Bupati Onje II. Setelah dewasa, Kyai Arsakusuma dikisahkan meninggalkan Kadipaten Onje untuk melakukan perjalanan ke arah timur, dan semasa tinggal di Desa Masaran (sekarang di Bawang (Kabupaten Banjarnegara) tiba, beliau diasuh sebagai anak angkat oleh Kyai Wanakusuma, yang merupakan keturunan Kyai Ageng Giring lainnya dari Mataram.

1740 ? Pada tahun 1760, di Kademangan Pagendolan (sekarang termasuk wilayah desa Masaran), wilayah yang masih di bawah pemerintahan Karanglewas (sekarang termasuk kecamatan Kutasari, Purbalingga), Demang Kyai Arsantaka dipimpin oleh Tumenggung Dipayuda I.

Baca Juga: Jarang Tahu Asal Usul Kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur Ternyata Pernah Masuk Kerajaan Demak!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button