Ajak Pariwisata Indonesia Cepat Pulih, Jokowi: Sekarang Bali 'Penuh' Wisatawan - WisataHits
Jawa Tengah

Ajak Pariwisata Indonesia Cepat Pulih, Jokowi: Sekarang Bali ‘Penuh’ Wisatawan

Ajak Pariwisata Indonesia Cepat Pulih, Jokowi: Sekarang Bali ‘Penuh’ Wisatawan

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menyatakan dunia pariwisata di Indonesia pulih lebih cepat dibandingkan negara lain setelah dilanda pandemi Covid-19.

Diakui Jokowi, seluruh destinasi wisata dunia lesu akibat kondisi pandemi yang melanda awal tahun 2020.

“Namun, semua negara, semua destinasi, semua destinasi mengalami hal yang sama rekreasi Pemulihan di Indonesia jauh lebih cepat,” kata Jokowi saat mengunjungi kawasan wisata Likupang, Kamis (19/1/2023), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Heru Budi Keliling Agri Edu Tour Ragunan, Menanam Tomat dan Membuat Brownies Susu

Jokowi mengatakan sejumlah destinasi wisata di Tanah Air sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan, meski jumlahnya tidak sebesar sebelum pandemi merebak.

“Bali sekarang sepenuhnya Turis, walaupun tidak seperti sebelum pandemi, tapi sudah di atas 60-70 persen, di tempat lain juga sama,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga berharap dunia pariwisata di Indonesia bisa segera kembali normal dan pulih dengan syarat bahkan sebelum pandemi melanda.

Pemerintah juga sedang mengembangkan beberapa destinasi wisata, di antaranya Likupang yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas utama.

Karena itu, pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mendukung akses ke Likpuang.

Dia mencontohkan, Bandara Sam Ratulangi Manado telah didesain ulang dan siap menampung penumpang lebih banyak.

“Kalau begitu pergi bandara Kalau ke Likupang bisa lewat jalur darat yang sebagian jalan sudah diperbaiki, saya kira dari dulu jauh, sekarang sudah lancar,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Merah Marun Saat Bepergian ke Sulut, Ini Alasannya

Pemerintah juga menyiapkan akses dari Manado ke Likupang melalui jalur laut yang hanya memakan waktu 15 hingga 20 menit.

“Itu juga akan memberikan kecepatan, nanti yang turun di bandara bisa lebih cepat, sehingga benar-benar bisa menarik investasi, menarik investor,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, ada 5 destinasi wisata prioritas utama yang ditetapkan pemerintah, yakni Danau Toba, Sumatera Utara; Borobudur, Jawa Tengah; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; dan Likupang, Sulawesi Utara.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button