Air Terjun Tirta Rimba, Wisata Air Terjun Eksotis di Baubau - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tirta Rimba, Wisata Air Terjun Eksotis di Baubau

Air Terjun Tirta Rimba salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di kota baubau di sulawesi tenggara. Riam tersembunyi dengan pemandangan yang sangat indah, harus Anda jelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Kadomoko, lingkungan. Kokalukuna, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Air terjun ini menarik untuk dikunjungi saat liburan. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak air terjun di semua daerah. Salah satunya ada di wilayah Sulawesi Tenggara, tepatnya di kota Baubau. Ada air terjun yang sangat indah di tempat ini yang bernama air terjun Tirta Rimba.

Sirkuit air terjun ini menjadi tujuan utama Anda selama liburan di kota Baubau. Selain itu, pesona alamnya yang luar biasa mempesona pengunjung. Salah satunya adalah air yang jatuh dari batu besar. Batu tersebut memiliki bentuk yang unik, menyerupai jamur.

Oleh karena itu, sebelum berlibur ke kota Baubau, ada baiknya Anda mengetahui informasi menarik apa saja yang dimiliki kunjungan ini. Ini termasuk atraksi, alamat, rute, harga tiket, dll. Agar liburan Anda berjalan sesuai rencana. Yuk baca sampai habis.

Tempat wisata air terjun Tirta Rimba

Air Terjun Tirta RimbaKredit gambar: Facebook Cloud Borland Sayuthi

1. Air Terjun Tunggal

Daya tarik yang paling menarik pengunjung adalah tempat air terjun Tirta Rimba jatuh. Airnya jatuh dari atas bebatuan yang sangat unik. Keunikannya adalah karena bentuknya yang menyerupai jamur. Seperti di dunia dongeng, namun bedanya tidak berwarna melainkan hanya hitam.

Air terjun ini juga disebut dengan nama air terjun oleh masyarakat setempat. Air ini jatuh dari Sungai Kokalukuna yang tingginya mencapai 6 meter, sedangkan lebarnya sekitar 5 meter. Dia cukup tinggi dan lebar dan dia terlihat cantik.

Dengan keunikan tersebut, Anda bisa mengambil foto menggunakan ponsel atau kamera DSLR yang Anda bawa. Karena backgroundnya sangat indah dan enak dipandang.

2. Pepohonan yang rindang

Di tempat wisata ini juga banyak terdapat pepohonan rindang yang mengelilinginya. Inilah penyebab udara sejuk dan dingin. Selain itu, pepohonan ini dapat membuat pemandangan menjadi lebih cerah dan jernih. Sangat tepat untuk melepaskan kepenatan dan beban hidup Anda di hari yang spesial.

Banyaknya pepohonan yang rindang dan asri diimbangi dengan berbagai satwa yang terdapat di sana. Salah satunya adalah kicau burung yang merdu dan menambah ketenangan anda. Ini menciptakan ekosistem yang sempurna. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini saat Anda berwisata ke kota Baubau.

3. Air jernih

Yang bisa memikat pengunjung untuk berlibur di sini adalah airnya yang jernih. Kejernihan air pada wisata ini membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berenang. Karena di bawah air terjun ini terdapat kolam untuk mandi atau berenang. Anda tidak perlu takut hanyut, karena aliran airnya tidak begitu deras dan aman untuk bermain air.

Selain itu, airnya yang jernih juga sangat sejuk, karena udaranya yang sangat segar. Air terjun Tirta Rimba memang dijaga kebersihannya sehingga terlihat jernih. Karena air terjun ini merupakan bagian dari kawasan konservatif. Selain itu, juga berada di bawah pengawasan Menteri Kehutanan Republik Indonesia.

Air terjun ini akan terlihat tenang dan tenang di hari biasa. Jadi Anda bisa menenangkan pikiran dan bermain air jernih ini di waktu luang Anda tanpa gangguan apapun. Untuk bermain air, sudah ada kolam berukuran 10×7 meter yang bentuknya seperti waterpark dengan seluncuran.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Tirta Rimba

Alamat air terjun Tirta RimbaKredit Gambar: Instagram Visit Sultra

Air terjun eksotis ini terletak di desa Kadomoko, tepatnya di kecamatan Kokalukuna di kota Baubau, Sulawesi Tengah. Saat ini akses menuju air terjun ini sangat mudah dan jalannya mulus. Sehingga anda tidak terkendala saat menuju kesana, baik dengan sepeda motor maupun dengan kendaraan roda 4 anda.

Untuk rutenya sendiri tergantung dari mana Anda memulainya, namun yang jelas wisata populer ini hanya membutuhkan waktu setengah jam dari pusat kota Baubau. Namun alangkah baiknya jika anda berkunjung pada hari biasa karena banyak wisatawan yang berlibur pada saat hari libur. Jadi Anda tidak bisa bebas. Jika Anda masih belum mengerti caranya, Anda bisa menggunakan teknologi GPS.

Tiket masuk air terjun Tirta Rimba

Tiket Air Terjun Tirta RimbaKredit gambar: Google Maps Muh. Striker Iksham

Apakah Anda orang yang hemat? Jika iya, tentunya wisata air terjun hutan rimba ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan biaya murah. Tempat ini juga bisa menjadi pilihan kedua saat Anda berlibur di kawasan Baubau Sulawesi Tengah. Oleh karena itu sangat cocok sebagai tempat singgah untuk refreshing. Karena harga tadi relatif murah.

Harga tiket masuk wisata ini sangat murah yaitu hanya Rp 2.000, namun harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu oleh pengelola setempat. Tapi jangan khawatir, harganya masih relatif murah. Karena dengan harga yang cukup murah, kita sudah bisa menikmati pesona alam air terjun Tirta Rimba.

Namun, harga tiket untuk tour ini dapat berubah sewaktu-waktu. Mungkin tempat ini akan lebih dijalankan kedepannya sebagai tempat wisata dengan berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan. Sedangkan harga tiket menjadi kewenangan pengelola setempat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tirta Rimba

Aktivitas di Air Terjun Tirta RimbaKredit gambar: Instagram Vivek Chatrath

1. Berburu foto keren

Air Terjun Tirta Rimba sangat menarik untuk berfoto, baik itu selfie, berfoto maupun berfoto bersama. Diantaranya adalah foto dengan latar belakang air terjun dengan bebatuan yang unik. Tidak hanya itu, ada rongga pada batu tersebut. Dimana tempat tersebut juga diabadikan oleh pengunjung.

Di aliran sungai, air terjun ini dibuat berundak-undak tetapi hanya bisa dilihat saat musim hujan, jadi waktu terbaik untuk berlibur di tempat ini adalah saat musim hujan. Saat musim kemarau sepertinya agak kering. Selain itu, saat curah hujan tinggi, pepohonan di sekitarnya tampak lebih hijau. Dengan begitu, foto selfie Anda akan terlihat lebih Instagramable.

2. Nikmati keindahan alam

Sambil berjalan menyusuri hutan, Anda bisa melihat pemandangan hijau yang menggoda. Diiringi irama kicau burung yang hidup di kawasan hutan lindung ini sambil menghirup udara segar sambil mengenakan jaket yang melindungi Anda dari hawa dingin.

Suara gemericik air di air terjun Tirta Rimba akan membuat pikiran anda lebih tenang dan damai serta membuat anda semakin betah berada di tempat ini. Anda juga bisa membawa bekal sambil menikmati pesona air terjun karena tidak ada penjual makanan. Tapi jangan dibuang ke tempat sampah.

Tidak hanya itu, alam yang indah ini bisa membuat Anda merasa damai. Ini seperti kedamaian datang kepada Anda. Menarik bukan? Segera masukkan daftar rencana liburan Anda.

3. Bermain air

Tidak lengkap rasanya jika Anda pergi berlibur ke tempat wisata air tanpa membenamkan diri di dalamnya. Entah itu hanya kaki atau seluruh tubuh, atau berenang bersama teman-teman. Itulah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun Tirta Rimba.

Air terjun Tirta Rimba sangat cocok untuk berenang, karena airnya tidak terlalu deras. Jadi aman dan tidak perlu khawatir banjir dll. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pakaian ganti. Tujuannya agar Anda bisa langsung berganti pakaian setelah berenang, agar tidak masuk angin karena dingin sekali.

4. Perkemahan

Bagi Anda pecinta alam dan petualang sejati, tempat ini sangat cocok untuk Anda. Karena hutannya yang masih asri dan alamnya yang termasuk hutan lindung menjadikan tempat ini cocok untuk bermalam atau berkemah. Di tempat ini Anda juga bisa menjelajahi hutan.

Eksplorasinya memang sangat menantang, menarik dan menyenangkan. Di tempat ini Anda bisa menjelajahi hutan atau menyusuri sungai. Asyiknya akan semakin seru jika kamu datang ke sini untuk berkemah bersama rombongan atau teman dari organisasi yang sama. Sehingga di malam hari kamu bisa mengusik kesunyian hutan dengan bernyanyi bersama diiringi api unggun yang hangat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan, yaitu menghilangkan tangan-tangan nakal dan d mematuhi aturan yang berlaku di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tirta Rimba

Fasilitas Air Terjun Tirta RimbaKredit gambar: Google Maps Saya Instan

Objek wisata air terjun ini memang sangat terkenal, baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah daerah lainnya. Namun, fasilitas tempat ini masih belum memenuhi kebutuhan wisatawan. Di tempat wisata ini tidak ada warung atau tempat makan. Jadi Anda perlu membawa perbekalan saat datang ke sini.

Namun dibalik itu semua ada hikmahnya, agar air terjun ini tetap terjaga kebersihannya dan keindahannya tetap terjaga. Apalagi tempat ini juga cocok untuk berkemah, apalagi jika Anda sibuk dengan teman-teman Anda. Tentunya akan menjadi momen yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan.

Air terjun memang kondusif untuk menenangkan pikiran. Bukan hanya karena cipratan air yang jatuh dan menciptakan kesejukan, tapi juga karena sejuknya pepohonan. Tak terkecuali Air Terjun Tirta Rimba karena memiliki keduanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button