Air Terjun Tesbatan, air terjun tiga tingkat dengan pesona alam yang eksotis di Kupang - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tesbatan, air terjun tiga tingkat dengan pesona alam yang eksotis di Kupang

Air Terjun Tesbatan, air terjun tiga tingkat dengan pesona alam yang eksotis di Kupang
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-18.00 WITA, Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Tesbatan memang tidak begitu terkenal dibandingkan dengan curug Kupang pada umumnya. Namun keindahan alam yang ditawarkan begitu eksotik dan tidak kalah dengan yang lain. Air terjun ini masih alami karena belum tersentuh tangan manusia. Mencapainya tidaklah mudah, butuh perjalanan yang cukup panjang.

Seperti air terjun pada umumnya, keindahan alam yang ditampilkan di sini tidak lain adalah air yang jatuh dari ketinggian. Tebing-tebing bebatuan yang membentuk dinding terlihat begitu eksotis, sayang sekali jika Anda melewatkan pemandangan seperti ini. Meski Kupang dikenal memiliki tanah gersang, namun keberadaan wisata alam ini seolah menjadi oasis di tengah gurun pasir.

Pengunjung yang datang biasanya bertujuan untuk mengejar spot selfie dengan berjalan kaki. Itu wajar dilihat dari keindahannya yang mempesona. Bahkan panorama alam yang disuguhkan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Tentunya masih banyak kegiatan lain selain hunting foto, seperti berenang atau sekedar bermain air.

Objek wisata air terjun Tesbatan

Objek wisata air terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Nofi Isnaini

Daya tarik Air Terjun Tesbatan Kupang tidak lepas dari keindahan alamnya. Wisatawan rela datang dan berkunjung dari jauh untuk melihat pesonanya. Selain itu, masih ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas, berikut detailnya!

✦ Air terjun tiga tingkat

Meski banyak air terjun di nusantara, namun masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Setiap tempat menawarkan keindahan tersendiri yang menjadi daya tarik utamanya. Contohnya air terjun yang kita bahas kali ini, keistimewaannya adalah memiliki tiga tingkatan dengan jarak yang cukup jauh.

Artinya, setiap tingkatan Air Terjun Tesbatan dipisahkan oleh tanah atau jalan setapak, sehingga Anda harus berjalan ke tingkat yang lain lagi. Tingkat pertama paling banyak dikunjungi karena letaknya di pinggir jalan. Pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya untuk bermain air atau aktivitas lainnya.

Air terjun tingkat kedua yang indah ini memiliki pemandangan alam terindah. Lokasinya tidak mudah diakses, karena harus melewati jalan yang agak licin. Bebatuan tebing sebagai tempat aliran air sangat jelas terlihat dari tingkatan ini. Warnanya hijau, tapi bukan aslinya, melainkan lumut yang menutupinya.

Air Terjun Tesbatan tingkat ketiga juga populer di kalangan wisatawan karena mudah dijangkau. Di sinilah air bertahan, sebelum akhirnya menuju ke arah kolam. Tingkat terakhir ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dengan debit air yang cukup besar. Lebar tiap tingkat diperkirakan lebih dari 1 meter.

✦ Pesona alam yang indah dan damai

Secara keseluruhan, wisata air terjun ini menawarkan panorama alam yang begitu indah. Air yang mengalir begitu deras membentuk arus yang indah dan menakjubkan. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian juga menambah keindahan alam yang tak tertandingi. Belum lagi adanya vegetasi hijau yang mengelilingi semua lapangan.

Tak hanya semak belukar, banyak juga pepohonan liar yang mengelilingi Air Terjun Tesbatan. Semua pemandangan indah ini semakin menawan jika dilihat dari ketinggian. Suasana begitu damai ketika suara binatang yang tinggal di hutan berteriak. Tidak ada binatang buas di sini, kebanyakan didominasi burung dan serangga.

✦ Segarkan air kolam yang jernih

Atraksi selanjutnya adalah kolam renang yang besar dan sangat jernih. Air kolam renang ini terkadang berwarna biru saat debit aliran tidak terlalu tinggi. Meski memiliki tiga tingkat, hanya ada satu kolam yang berada di tingkat teratas. Wisatawan biasanya menggunakan kolam ini untuk aktivitas air termasuk berenang dan bermain air di tepian.

Jarak kolam air terjun Tesbatan dengan tebing batu tempat aliran air cukup tinggi. Hampir tidak ada batu-batu kecil di sekitar kolam, hanya batu-batu besar yang menjadi penopang wisatawan. Permukaannya yang transparan membuat siapapun tergiur untuk mandi atau sekedar bermain air, mungkin termasuk Anda.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Nurnaeni Rais

Sebelumnya dijelaskan bahwa wisata hits ini berlokasi jauh dari perkotaan. Jarak dari pusat kota Kupang diperkirakan 50 kilometer, butuh waktu 1 jam 30 untuk sampai ke sana. Begitu pula jika kondisi jalan mulus dan dengan kecepatan kendaraan rata-rata. Dalam beberapa kasus, mungkin lebih jika kondisi jalan diblokir.

Secara administratif, Air Terjun Tesbatan terletak di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk mengikuti tour sukses dari Kupang ini, Anda bisa menggunakan Pasar Lili yang berada di Jalan Oesao – Bokong sebagai referensi utama Anda. Kemudian lanjutkan ke Jalan Timor Raya dan ikuti jalan utama.

Perjalanan anda masih jauh, silahkan menuju ke Pasar Oekabiti sebagai referensi anda selanjutnya. Gunakan jalur utama atau jalan raya untuk memudahkan Anda. Jika Anda menemukan GMIT Bisoni, berarti tujuan Anda sudah dekat. Silakan ikuti rambu-rambu tersebut jika ada, atau bisa langsung bertanya kepada penduduk setempat.

Mengunjungi Air Terjun Tesbatan tidak hanya menyenangkan dan bisa dijadikan alternatif kunjungan. Selain itu, Anda juga menghemat biaya karena selama ini belum ada tiket masuk yang berlaku. Begitu juga untuk parkir kendaraan, Anda tidak perlu membayar biaya apapun. Hanya saja di sebelah tempat parkir terdapat kotak amal relawan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Baktiar Mlaku

Apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun? Tentunya kali ini tidak jauh berbeda dengan tempat lainnya. Anda dapat berlatih aktivitas air atau menjelajahi area tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini!

1. Berenang dan bermain air

Tentunya kegiatan yang menarik dan wajib dilakukan di Air Terjun Tesbatan adalah berenang. Kejernihan airnya membuat siapapun tidak bisa hanya memandanginya. Warna biru airnya seakan menghipnotis semua wisatawan yang datang. Air kolamnya sangat menyegarkan, seperti oasis di tengah kota.

Namun perlu diingat, kedalaman air di sini masih belum diketahui, jadi Anda harus berhati-hati. Pilih tepi kolam untuk berada di sisi yang aman, karena sebagian besar cukup dangkal. Jika Anda tidak yakin, lebih baik bermain dengan air. Bermain air di sini selalu menyenangkan, Anda bisa menggunakan batu-batu besar di pinggir kolam.

2. Menikmati keindahan Air Terjun Tesbatan

Aktivitas menarik selanjutnya di Air Terjun Tesbatan adalah menikmati keindahan alam yang luar biasa. Sayang sekali jika Anda berkunjung ke sini tanpa melihat-lihat. Selain keindahan air yang mengalir dari ketinggian, panorama lain yang bisa Anda saksikan adalah tumbuh-tumbuhan hijau yang mengelilingi setiap sudut lokasi.

3. Berburu spot foto

Mengunjungi tempat wisata yang menawarkan keindahan rasanya kurang lengkap jika tidak memotret. Apalagi keindahan di sini luar biasa dan hampir mendekati kesempurnaan. Ada air kolam yang jernih, vegetasi hijau yang menyejukkan, dan bebatuan yang eksotis. Semua panorama ini dijamin cocok sebagai background foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps imad Drughi

Dengan segala keindahan dan daya pikat yang dimilikinya, sangat disayangkan fasilitas yang ada di Air Terjun Tesbatan kurang memadai. Sebenarnya wajar, karena lokasinya cukup jauh dari kota, sehingga sulit untuk sampai ke sana. Namun, fasilitas seperti tempat parkir tersedia, serta toilet. Di tempat utama ada ruang ganti, meski seadanya.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari mengunjungi tempat wisata, terutama yang menawarkan keindahan alam. Selain pengalaman seru saat liburan, Anda juga mendapatkan manfaat penyembuhan. Dari ulasan yang dipaparkan di atas, sepertinya Air Terjun Tesbatan tetap layak untuk dikunjungi walaupun memiliki beberapa kekurangan dari segi fasilitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button