Air Terjun Sumber Pitu, Pesona Keindahan Alam Tersembunyi di Desa Tumpang - WisataHits
Jawa Timur

Air Terjun Sumber Pitu, Pesona Keindahan Alam Tersembunyi di Desa Tumpang

Kabupaten Malang terkenal dengan banyak wisata alamnya. Setiap sudut memiliki keindahan alam tersendiri yang tidak cukup untuk dijelajahi sekali saja. Seperti pesona air terjun Sumber Pitu ini.

Wisata alam ini terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Menurut beberapa sumber, disebut Air Terjun Sumber Pitu karena mata air yang keluar dari tujuh titik yang letaknya berdekatan. Yang unik dari Sumber Pitu adalah airnya yang menyembur keluar seperti dari tebing yang ditumbuhi dedaunan lebat.

Perjalanan menuju sumber Pitu

Petunjuk ke Sumber Pitu (Doc Pribadi/Brigita)

Perjalanan menuju wisata alam Sumber Pitu dapat ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari Kota Malang atau sekitar 10 km dari Tumpang dan satu lagi perjalanan menuju Wisata Gunung Bromo atau Coban Pelangi. Sampai di tempat parkir, kendaraan sudah bisa diparkir dan diparkir. Masuk ke tempat wisata ini sendiri tidak dipungut biaya, hanya parkir kendaraan saja yang dikenakan biaya.

Terdapat papan petunjuk arah menuju Sumber Pitu dengan jarak tempuh untuk sampai ke lokasi kurang lebih 1-2 km. Pengunjung dapat mencapai lokasi dengan berjalan kaki.

Untuk menuju situs Sumber Pitu membutuhkan waktu sekitar 25-30 menit berjalan kaki. Namun jangan khawatir, karena latar belakang alam yang tak kalah apik menanti Anda di perjalanan. Tebing dan hamparan perkebunan sayur milik warga juga akan menemani perjalanan menuju lokasi.

Air Terjun Ringin Gantung

Air Terjun Sumber Pitu (dok. pribadi/Brigita Renggi)

Tidak jauh dari Sumberpitu terdapat air terjun bernama Ringin Gantung. Menurut beberapa sumber, air terjun ini disebut Ringin Gantung karena ada pohon beringin yang menempel di permukaan batu air terjun. Air Terjun Gantung Ringin memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter.

Cekungan mata air Pitu

Kolam Sumber Pitu (dok. pribadi/Brigita Renggi)

Perjalanan yang melelahkan terbayarkan dengan pemandangan alam yang ditawarkan. Selain air terjun, ada juga mata air yang bernama Sumber Pitu. Dikelilingi oleh pepohonan yang terhampar luas dan tebing-tebing dengan air yang jernih, tempat ini cocok sebagai tempat penyembuhan atau bagi yang menyukai suasana tenang.

Air Terjun Sumber Pitu muncul dari tujuh titik yang saling berdekatan dan muncul seolah-olah dari tebing yang ditumbuhi dedaunan lebat. Debit air dari mata air Pitu sendiri mencapai 1.600 l/s.

Disarankan bagi yang berkunjung ke Sumber Pitu membawa bekal dari rumah karena belum ada pedagang yang berjualan di kawasan ini. Kebersihan dan keindahan juga diharapkan tetap terjaga dengan tidak meninggalkan sampah di wisata alam Sumber Pitu ini.

Source: yoursay.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button