Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, panorama alam yang eksotis di balik tebing - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, panorama alam yang eksotis di balik tebing

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiketAir Terjun Sri Gethuk salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di gunung kidul yogyakarta. Air terjun yang dikenal dengan sebutan Smpret ini menawarkan keindahan tebing-tebing setinggi hingga 30 meter, air yang jernih, pesona Sungai Oyo dan berbagai aktivitas liburan yang menarik.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Destinasi wisata air terjun Sri Gethuk memiliki pesona keindahan alam yang sangat alami dan menakjubkan di Gunung Kidul. Bahkan dikatakan keindahan destinasi wisata ini tidak kalah dengan Grand Canyon yang berada di Amerika. Setiap mata yang melihat akan selalu terkagum-kagum dengan tempat wisata ini.

Tempat wisata air terjun ini juga menjadi salah satu yang masih jarang dijamah oleh pengunjung. Pasalnya, sebenarnya tempat wisata yang satu ini masih terbilang muda atau belum terlalu lama dibuka untuk umum. Meski demikian, berbagai hal menarik yang ada di sana mampu menyerap minat dan minat pengunjung untuk berlibur ke sini.

Siapapun yang pernah ke tempat wisata ini akan langsung merasa jatuh cinta dengan air terjunnya. Tak hanya pengunjung Indonesia yang menghabiskan liburannya di tempat yang satu ini. Namun, ada juga pengunjung dari luar negeri yang terlihat sangat senang menghabiskan waktu di sini.

Objek wisata air terjun Sri Gethuk

Objek wisata air terjun Sri GethukKredit Gambar: Google Maps Wisata Jogja

1. Nama unik

Tidak dapat dipungkiri bahwa nama atau sebutan suatu tempat wisata dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi jika namanya unik atau masih belum diketahui sebagian besar masyarakat umum. Tak terkecuali dengan tempat wisata yang bernama Air Terjun Sri Gethuk ini.

Kebanyakan orang akan mengira bahwa asal mula nama air terjun tersebut berasal dari nama makanan khas Jawa yang terbuat dari singkong, yaitu Gethuk. Namun kenyataannya tidak benar, kata Gethuk, diperoleh dari Kethuk yang merupakan salah satu alat yang terdapat pada gamelan Jawa.

2. Banyak tebing karst

Air terjun ini terletak di tebing karst yang memang menjadi ciri topografi Kabupaten Gunung Kidul itu sendiri. Keberadaan tebing karst yang kuat dan kokoh ini seolah melindungi alam yang terdapat di sana agar tetap awet dan tidak rusak oleh tangan manusia yang penasaran.

Apalagi keberadaan tebing karst ini semakin memperindah panorama. Tebingnya juga dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau yang semakin menambah kesan asri dan alami tempat wisata ini.

3. Suara percikan air

Suara cipratan air di sini sepertinya bisa menjadi magnet bagi wisatawan untuk merasakan sensasi mandi di bawah gemericik dan deburan air terjun. Wisatawan bisa leluasa menikmati keseruan dan kesejukan cipratan air terjun dari bawah.

Selain itu, air di bawahnya juga sangat jernih dan tenang. Sehingga bisa membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang. Airnya juga sangat sejuk dan berwarna kehijauan. Kemudian Anda juga tidak perlu takut tenggelam saat berenang di sini karena air di bawahnya cukup dangkal.

4. Ada cerita yang berkembang

Sejak awal, masyarakat sekitar percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat penyimpanan perangkat gamelan berupa Kethuk. Perangkat Gamelan Kethuk milik roh yang disebut Jin Anggo Meduro.

Hingga saat ini, cerita ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat dan bahkan terus berkembang. Pada waktu-waktu tertentu, tidak jarang terdengar suara gamelan yang berasal dari air terjun yang telah dibuka sebagai tujuan wisata sejak tahun 2007 silam.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk AlamatKredit gambar: Google Maps Pingbuzz Online

Jika penasaran dengan tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk ini, geser saja ke Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen. Air terjun ini juga berada di tepi Sungai Oyo dan terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta.

Untuk dapat mencapai tempat wisata ini, selanjutnya Anda dapat melalui jalan utama yang akan dimulai dari kota Yogyakarta menuju ke arah Jalan Wonosari hingga tiba di Piyungan. Dari Piyungan, perjalanan dilanjutkan ke Patuk, kemudian ke Sambipitu sampai bertemu dengan belokan di pangkalan udara yaitu Lapangan Gading.

Di pertigaan Anda bisa mengambil arah kanan yang akan mengarah ke Playen hingga perempatan Pasar Playen. Selain itu, disinilah anda bisa menanyakan arah jalan ke tempat wisata air terjun Sri Gethuk kepada masyarakat yang ada disana. Jika Anda malas bertanya, Anda selalu bisa melanjutkan perjalanan dengan melihat petunjuk arah yang ada.

Pasalnya, ada petunjuk arah menuju tempat wisata sekitar 500m dari lokasi pasar Playen. Selain itu, Anda juga dapat melihat rute perjalanan dengan membuka peta navigasi di smartphone masing-masing. Setelah itu, wisatawan masih akan dihadapkan pada 2 pilihan jalur yang harus ditempuh

Pertama dengan kepramukaan yaitu menyusuri jalan yang sempit dan diapit oleh hamparan persawahan yang sangat luas yaitu sekitar 450 m. Kemudian ditambah lagi dengan anak tangga yang memiliki bentang 96 anak tangga.

Jalur kedua adalah menyusuri perairan Sungai Oyo menggunakan rakit sederhana yang terbuat dari drum dan papan bekas. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh rute ini sekitar 7 menit dan membutuhkan biaya sebesar Rs 10.000 untuk pulang dan pergi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri GethukKredit gambar: Google Maps Gianto Putera

Soal tiket masuk, jangan takut karena harga yang ditetapkan cukup terjangkau untuk semua kalangan. Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan destinasi wisata lain di Yogyakarta yang sudah dinilai murah dan terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 15.000 rupiah untuk seorang pengunjung.

Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Gua Rancang Kencono. Namun, jika Anda berencana untuk menyewa beberapa peralatan yang ada di sini, maka Anda perlu menyiapkan dana lebih. Perlu Anda ketahui juga bahwa harga tiket masuk destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya informasi yang spesifik.

Oleh karena itu, jangan heran jika nantinya Anda dimintai tiket masuk dengan harga yang berbeda. Namun kalaupun ada kenaikan harga biasanya tidak akan jauh dari nominal harga yang disebutkan di atas.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Sri Gethuk

Kegiatan menyenangkan di Sri GethukKredit gambar: Google Maps Fariz Ardianto

1. Bersantai di sekitar air terjun

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan wisatawan di tempat wisata air terjun Sri Gethuk adalah bersantai sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan. Banyak orang yang ingin berlibur ke tempat wisata hanya dengan bersantai dan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan segala kepenatan yang dirasakan sehari-hari. Bersantai di tempat wisata ini juga sangat cocok dilakukan setelah hujan. Pasalnya, wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan pelangi di air terjun.

Fenomena pelangi yang muncul sungguh luar biasa dan menakjubkan. Jadi, Anda bisa merencanakan untuk mengunjungi tempat ini saat musim hujan agar bisa melihat pelangi yang indah.

2. Bermain air dan berenang

Saat mengunjungi tempat wisata air terjun, bermain air dan berenang merupakan salah satu aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa merasakan cipratan air dingin membasahi tubuh dari atas hingga bawah. Airnya yang segar bisa menghilangkan penat setelah menempuh perjalanan panjang untuk sampai ke tempat wisata ini.

wisatawan juga bisa melakukan aktivitas berenang di Sungai Oya yang ada di tempat wisata ini. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda tidak perlu merasa sedih. Pasalnya, sudah ada jasa penyewaan ban dan pelampung yang ditawarkan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Namun, ada harga yang harus Anda bayar untuk menyewa ban dan pelampung ini.

3. Berburu foto keren

Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk hunting foto. Ada banyak spot foto untuk diambil dan diabadikan seperti air terjun, sungai yang jernih dan tebing karst yang menakjubkan. Para fotografer juga sering berkunjung ke tempat wisata ini karena ingin memotret berbagai panorama alam di sini.

Selfie juga menjadi kegiatan yang sering dilakukan wisatawan di satu-satunya tempat wisata ini. Berbagai momen seru bisa kamu abadikan bersama orang tersayang dengan berbagai tampilan latar belakang yang berbeda. Dijamin, foto yang kamu ambil nantinya bisa lebih estetis dan bagus.

Memotret bebatuan di bawah air terjun menjadi salah satu spot paling populer bagi banyak orang. Namun, Anda harus berhati-hati saat membawa kamera atau ponsel agar tidak rusak terkena air.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuku

Fasilitas di Sri Gethuk.Kredit Gambar: Google Maps Fida Kharisma

Destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Fasilitas tersebut antara lain musholla, warung makan, persewaan rakit, ban dan jaket pelampung, penitipan bagasi, dan toilet umum. Fasilitas yang disebutkan di atas juga dikelola dan dipelihara dengan baik. dengan cara ini wisatawan dapat berlibur di tempat ini dengan nyaman.

Selain itu, tersedia juga tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Dengan demikian, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa menitipkannya di tempat parkir. Biaya parkir tidak akan mengosongkan kantong. Untuk sepeda motor akan ditetapkan sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk mobil akan ditetapkan sebesar Rp 10.000.

Nah, itulah berbagai informasi terkait tempat wisata air terjun Sri Gethuk. Destinasi wisata alam yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Jadikan tempat wisata ini sebagai daftar referensi untuk dikunjungi di Gunung Kidul.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button