Air Terjun Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis Penuh Mitos di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis Penuh Mitos di Kuningan

Air Terjun Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis Penuh Mitos di Kuningan
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata memang sangat menarik untuk dilakukan, terutama yang membawa keindahan curug atau air terjun. Di Kabupaten Kuningan Jawa Barat ada sebuah destinasi wisata yang dimaksud, namanya Curug Putri Palutungan. Panorama alam yang megah dan mempesona membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya di akhir pekan, tapi setiap harinya pasti dipadati pengunjung. Aliran airnya yang jernih berasal dari pegunungan Ciremai, jadi bisa dipastikan kesegarannya. Air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Namun, air yang ditampung di kolam tidak terlalu terasa arusnya. Hal ini dikarenakan ukuran kolam yang besar sehingga mampu menahan derasnya aliran air. Air dari kolam kemudian mengalir kembali ke kolam berikutnya, sebelum terlebih dahulu melewati undakan batu. Nama air terjun Putri Palutungan diambil karena dulunya pernah dijadikan sebagai habitat monyet atau kera besar. Lutung adalah kata dasar yang digunakan dalam kata Palutungan yang berarti monyet. Sementara itu, ada kata Putri karena sebelumnya air terjun ini dijadikan sebagai tempat pemandian seorang anak bangsawan dari Belanda bernama Noni. Orang-orang Belanda yang tinggal di daerah Kuningan pada waktu itu percaya bahwa memandikan putri mereka di air terjun akan membuat mereka cantik di masa depan.

Objek wisata air terjun Putri Palutungan

Objek Wisata Air Terjun Palutungan Kuning PutriImage Credit: Google Maps Cep Hadedi Perlu diketahui bahwa Curug Putri Palutungan memiliki nama lain yang juga diketahui oleh sebagian orang. Nama-nama tersebut antara lain Curug Putri, Curug Siputri dan Curug Ciputri. Semua nama lainnya memiliki kata Putri yang ternyata memiliki cerita di balik nama tersebut, tentunya selain yang sudah disebutkan di atas. Selain namanya yang sudah dikenal, ada beberapa objek wisata yang selalu ramai pengunjung.

1. Keindahan Air Terjun Puteri Palutungan

Alasan utama wisatawan datang ke tempat ini adalah keindahannya. Dari kejauhan terlihat jelas air yang mengalir di kolam tersebut terlihat seperti seorang putri yang berdandan. Inilah arti salah satu asal muasal nama yang selalu menggunakan kata Putri. Bagi Anda yang kurang yakin, silakan mengambil foto dengan kamera sudut kanan yang runcing. Aliran air dari Gunung Ciremai sebelumnya melewati muka tebing. Tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tak mau menunjukkan keberadaan tebing di kedua sisi air terjun Putri Palutungan. Saat matahari menyinari air terjun, keindahannya semakin memukau dengan pancaran jingga yang sempurna. Percikan air yang terkadang terbawa angin juga melengkapi keindahannya.

Jika datang saat hujan atau sesudahnya, terdapat panorama alam yang membuat orang tertawa bagi siapapun yang melihatnya. Sesaat setelah hujan reda, keindahan pelangi tampak jelas di depan mata. Pelangi seakan menghiasi puncak air terjun dengan tujuh warna khasnya.

2. Mitos manfaat air Curug

Daya tarik Air Terjun Putri Palutungan selanjutnya berawal dari mitos yang masih dipercaya warga sekitar. Mitos ini juga tidak lepas dari keberadaan pelangi dan nama Putri yang disandangnya. Konon setelah hujan, pelangi yang muncul dianggap sebagai jalan bidadari turun dari surga. Tujuan utama mereka adalah membersihkan diri di kolam air terjun. Karena itulah, banyak yang percaya bahwa mandi di air terjun bisa mendatangkan banyak manfaat. Khasiatnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, baik ringan maupun berat. Ada juga yang percaya bahwa sangat mudah mencari pendamping atau pekerjaan setelah mandi di kolam. Terlepas dari kepercayaan tersebut, air terjun di Desa Cisantana ini memang patut dikunjungi karena panorama alamnya.

3. Pemandangan alam yang luar biasa

Bukan hanya keindahan Air Terjun Putri Palutungan yang menjadi daya tarik utamanya, namun juga alam yang mengelilinginya. Tanaman lebat dari berbagai jenis tidak pernah lepas dari pandangan. Bebatuan besar dan kecil tidak hanya menghiasi air terjun, tetapi juga seluruh tempat. Panorama alam ini juga bisa ditemui di tempat wisata lain berupa air terjun, namun tentu saja tidak semuanya. Keberadaan satwa liar yang mudah ditemui selama perjalanan menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Putri Palutungan KuninganImage credit: Google Maps N Rissa Hadikusumah Meski alamatnya sudah sangat jelas tertulis, yakni di Cisantana RT.07/RW.03, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, akses menuju lokasi tidak semudah yang dibayangkan. Awalnya bisa mudah karena bisa menggunakan kendaraan untuk menuju tempat parkir. Namun, dibutuhkan perjalanan lain untuk sampai ke sana. Bagi yang datang dari Cirebon, harap melewati Jalan Raya Cirebon – Kuningan. Sebelum sampai di Terminal Kuningan ada belokan ke Cigugur, silahkan ambil jalan ini. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di kawasan desa Cisantana dengan jalan yang sedikit menanjak. Tidak jauh Anda akan menemukan kawasan Bumi Perkemahan Palutungan tepatnya setelah melewati Resor Taman Nasional Gunung Ceremai.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Air Terjun Putri Palutungan KuninganImage Credit: Google Maps Danang Sutowijoyo Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan Air Terjun Putri Palutungan. Orang dewasa dikenakan biaya 20.000 rupee, sedangkan anak-anak dikenakan biaya 10.000 rupee. Harga tersebut hanya untuk tiket masuk ke lokasi, masih ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah untuk penggunaan fasilitas parkir, dimana sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rs 3000 dan mobil sebesar Rs 5000. Lokasi buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.30 waktu setempat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Putri

Aktivitas Air Terjun Putri Palutungan KuninganKredit gambar: Twitter suka mobil tua Tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas seru saat traveling. Apalagi jika tempat yang Anda kunjungi adalah air terjun, tentu banyak hal yang bisa dilakukan. Hampir semua aktivitas masih berhubungan dengan air, hal ini tentunya wajar. Biar lebih jelas, berikut aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Putri Palutungan!

1. Berenang dan bermain air

Kesejukan air dan kejernihannya membuat siapa saja tidak bisa menahan keinginan untuk merasakan sensasi kesejukan. Bagi wisatawan yang datang ke tempat tersebut sudah pasti melakukan aktivitas tersebut, baik itu berenang atau sekedar bermain air di tepi kolam. Pengunjung ahli renang dapat menguji keterampilan mereka di kolam utama karena kedalamannya lumayan. Namun, berada langsung di bawah air terjun tidak disarankan karena arusnya cukup kuat untuk membawa orang dewasa ke dalam bak mandi air panas.

2. Berkemah bersama keluarga

Lokasinya yang berada di Bumi Perkemahan Palutungan membuat kegiatan berkemah sangat memungkinkan. Menikmati keindahan alam di dalam tenda merupakan hal yang bisa Anda lakukan sekeluarga. Kegiatan ini secara tidak langsung mengenalkan anak pada alam bebas. Kalian yang datang dengan rombongan juga bisa melakukan kegiatan ini, yang bisa menguji kerjasama tim agar lebih baik lagi. Jika Anda datang ke air terjun Putri Palutungan tanpa menyiapkan tenda, pihak pengelola menyediakan tempat persewaan untuk keperluan tersebut. Tentu tidak gratis, hanya saja masih murah jika dibandingkan dengan sensasi dan pengalaman seru yang didapatkan bersama alam. Untuk Tenda Pramuka dikenakan biaya sewa sebesar Rp 100.000, sedangkan Tenda Doom dikenakan biaya sebesar Rp 150.000. Semua harga sewa adalah untuk durasi satu malam.

3. Naik ATV

Aktivitas Seru Air Terjun Putri Palutungan KuninganKredit gambar: Twitter Quun Susanto Di area yang sama juga terdapat aktivitas seru yang dapat memacu adrenalin dan keseimbangan. Kegiatan yang dimaksud adalah bersepeda gunung. Perlu Anda ketahui bahwa mengendalikan kendaraan tidaklah mudah, apalagi jika medannya tidak datar yaitu kontur khas pegunungan. Kendaraan yang juga fasilitas tersebut juga disewakan dengan harga yang bervariasi, tergantung lama pemakaiannya.

4. Spot hunting foto dengan pesona alam

Jangan lupakan kegiatan yang juga berfungsi untuk mengabadikan momen yaitu fotografi. Kali ini bukan sekedar foto seadanya, melainkan dengan panorama alam yang memukau. Beberapa spot foto disediakan, sebagian besar adalah spot liar. Namun, hampir setiap adegan sangat bagus sebagai latar belakang. Misalnya saat mengambil background air terjun Palutungan Putri. Usahakan untuk mengambil sudut yang tepat agar air terjun terlihat seperti seorang putri dengan gaun putih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun Putri PalutunganImage Credit: Google Maps Sin Helina Ayu Tamela Setiap objek wisata tentunya menyediakan fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut juga bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke air terjun cantik di Kuningan ini. Beberapa fasilitas wajib yang bisa Anda gunakan adalah toilet dengan kondisi cukup baik dan air mengalir. Plus, ada juga banyak tempat parkir yang aman sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang Anda gunakan. Ada juga mushola dan letaknya tidak jauh dari tempat wisata utama. Kios yang menawarkan berbagai makanan juga mudah ditemukan di sekitar lokasi. Fasilitas tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengisi ulang energi yang hilang setelah beraktivitas berat. Bisa juga dijadikan tempat bersantai menikmati udara segar dengan segelas kopi panas atau teh panas. Banyak hal yang menarik untuk dibahas dari Air Terjun Putri Palutungan di Kuningan. Alangkah baiknya jika Anda mengunjungi tempat tersebut untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda, sekaligus untuk merasakan liburan yang menyenangkan. Jangan lupa ajak rombongan, keluarga dan teman atau orang tercinta agar tidak bosan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button