Air Terjun Luweng Sampang - WisataHits
Yogyakarta

Air Terjun Luweng Sampang

Nuansa wisata alam di Yogyakarta patut diacungi jempol, khususnya di kawasan Gunungkidul. Selain populer dengan sejumlah destinasi pantai, sebenarnya ada fitur air terjun di Gunungkidul. Namanya Air Terjun Luweng Sampang.

Air terjun atau riam ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Sensasinya masih asri dan tenang, menariknya Air Terjun Luweng Sampang ini memiliki bentuk bebatuan yang indah. Susunan bebatuan yang runtuh membentuk aliran air yang epik.

Sebelum Anda berencana ke sana, baca dulu informasi tentang Air Terjun Luweng Sampang di bawah ini.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Air Terjun Luweng Sampang: informasi lokasi, harga dan tipsAir Terjun Luweng Sampang (instagram.com/syaiful.abushabira)

Lokasi: Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Waktu aktif: Buka setiap hari, 24 jam

Harga: Tiket masuknya biasa saja, biaya parkirnya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil

2. Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang: informasi lokasi, harga dan tipsAir Terjun Luweng Sampang (instagram.com/erry_prasetya)

Lokasi air terjun ini berada di perbatasan antara Gunungkidul dan Klaten. Sehingga sangat mudah dijangkau, baik dari arah Jogja maupun Klaten.

Jika datang dari arah Jogja, berkendaralah ke Jalan Wonosari dan menuju Patuk. Kemudian berjalan menanjak lagi melalui kawasan Nglipar dan selanjutnya menuju kawasan Gedangsari.

Melanjutkan perjalanan melintasi desa Sampang. Setelah itu, ikuti jalan utama menuju pertigaan Nglipar dan tujuan tidak jauh dari sana.

Untuk menemukan rute yang tidak memiliki banyak tikungan, Anda dapat mencari di atas Google Maps. Temukan rute terdekat ke titik keberangkatan Anda.

Baca Juga: 10 Potret Pantai Peyuyon Yogyakarta Yang Hadirkan Sensasi Pantai Privat!

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Air Terjun Luweng Sampang: informasi lokasi, harga dan tipsAir Terjun Luweng Sampang (instagram.com/sultanasnisa)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Ini memiliki dinding batu artistik yang berdekatan, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil gambar. Dihiasi dengan awan cerah, foto-foto menjadi lebih epik.

Seperti fungsi utama air terjun, di sini Anda bisa melepas penat dengan bermain air. Kesegaran mata air di puncak Yogyakarta membuat rasa lelah segera hilang.

Setelah menikmati keindahan dan kesegaran Air Terjun Luweng Sampang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya. Karena di kawasan ini Anda akan menemukan berbagai destinasi wisata alam.

Kawasan ini juga menjadi favorit untuk jalur berkuda lho. Jadi Anda bisa mengelilingi area air terjun dengan sepeda kesayangan Anda.

4. Fasilitas di Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang: informasi lokasi, harga dan tipsAir Terjun Luweng Sampang (instagram.com/mascuomo)

Wisata air terjun yang berdiri sejak tahun 2015 ini juga memiliki beberapa fasilitas, namun belum bisa dikatakan lengkap. Namun cukup bertemu wisatawan yang singgah sejenak untuk merasakan keindahan miniatur Grand Canyon di Gunungkidul.

Parkir disini juga aman dan nyaman, karena sudah ada petugas yang menjaga kendaraan anda disana. Jika Anda ingin beristirahat sejenak, sebuah paviliun dangkal telah didirikan di sini.

Kabin kecil dan toilet juga disediakan untuk pengunjung. Cukup lengkap untuk sebuah destinasi yang masih tergolong baru.

5. Tips Mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang: informasi lokasi, harga dan tipsAir Terjun Luweng Sampang (instagram.com/widyaindahn)

Jalur menuju Gunungkidul memang cukup menanjak jadi pastikan kendaraan Anda aman dan nyaman. Dan yang paling penting: para pengunjung juga dalam keadaan sehat.

Karena ada rute yang berbeda ke tujuan, Anda dapat memeriksa jalan Anda terlebih dahulu Google Maps. Pilih rute yang menurut Anda cukup dekat dan tidak memiliki banyak tikungan atau tanjakan.

Sebagian besar kegiatan air terjun melibatkan permainan air, jadi bawalah pakaian ganti jika Anda berencana untuk basah kuyup. Mempersiapkan lotion badan juga karena perjalanan di sana cukup panas.

Kios-kios di tempat wisata juga ala kadarnya, jadi siapkan makanan ringan dan minuman dari rumah untuk berjaga-jaga dari mogok makan. Dan yang terpenting, jaga lingkungan sekitar agar dia tetap terjaga, ya!

Itulah beberapa informasi tentang Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul. Semoga Anda dapat mempersenjatai informasi di atas sebelum Anda pergi. Selamat berlibur bersama keluarga dan teman-teman!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Yogyakarta Dekat Malioboro Yang Wajib Dikunjungi

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button