Air Terjun Kedung Pengilon: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Kedung Pengilon: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, dan Lainnya

Air Terjun Kedung Pengilon: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, dan Lainnya

Air Terjun Kedung Pengilon – Dengan segala kesibukan dan rutinitas kita sehari-hari tentunya menyita banyak waktu dan tenaga, belum lagi stress yang sering melanda, jika dibiarkan terus maka tubuh akan semakin lelah dan stress pun akan semakin bertambah. Itu tidak terlalu bagus.

Untuk mengatasi masalah tersebut, traveling atau berwisata di alam dapat memberikan ketenangan dan mengistirahatkan tubuh kita untuk sementara waktu. Salah satu destinasi wisata alam yang kami rekomendasikan kali ini adalah air terjun Kedung Pengilon yang terletak di Bantul dan juga masuk dalam daftar wisata di Kendal.

Wisata alam ini sering dianggap sebagai sungai tersembunyi, dengan keindahan alamnya, sehingga tidak heran jika tempat ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sesuai dengan namanya memiliki arti yang cukup menarik yaitu dalam bahasa jawa Pengilon yang berarti cermin yang artinya air terjun di tempat ini sangat jernih untuk anda renungkan. Selain itu, dalam sejarah masyarakat Jawa percaya bahwa ada cerita mistis dan legenda.

Harus bermain di sini juga: Obyek wisata Gerbang Langit Dahromo yang lebih sukses

Masyarakat Jogja percaya bahwa ada makhluk gaib yang menjaga Air Terjun Kedung Pengilon bernama Nini Blorong. Untuk itu jika ingin berkunjung ke tempat ini harus mengikuti aturan dan tata krama yang ada di kawasan ini, masyarakat Jogja percaya Nini Blorong akan mengganggu pengunjung yang cuek.

Banyak juga orang yang datang hanya untuk melakukan ritual kenduri, karena mereka yang memiliki kelebihan juga bisa merasakan aura yang tidak biasa.

Air Terjun Pengilon sendiri memiliki kedalaman hingga 5 meter, jadi pengunjung harus tetap waspada, dan pengunjung yang tidak bisa berenang sebaiknya menyewa ban jika masih ingin bermain air.

Air Terjun Kedung Pengilon, Bantul via Pesona TravelAir Terjun Kedung Pengilon, Bantul via Pesona Travel

Jalan menuju Air Terjun Kedung Pengilon

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun ini anda harus berkendara melewati pedesaan dan jalanan berbatu, namun lokasi tersebut dapat anda capai dengan cukup mudah namun harus berhati-hati karena jalanan yang berbatu. Tempat wisata ini berada di Desa Petung, Kecamatan Kasih Pajangan, Bantul, dengan rute sebagai berikut:

Jika anda dari Jogja, ambil jalan ke arah Bantul sampai ke pabrik gula madukismo, lalu ambil jalan ke barat terus sampai ketemu daerah Kasongan atau perempatan ada petunjuk arah, lalu ikuti petunjuk arah ke desa Bangunjiwo.

Setelah sampai di desa Mangunjiwo, sebaiknya tanyakan arah perjalanan wisata kepada penduduk setempat. atau Anda bisa memanfaatkan fasilitas Google Map.

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via IG @ekondudWisata Alam Air Terjun Kedung Pengilon Bantul via IG @ekondud

Harus bermain di sini juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo, Bantul

Harga tiket Air Terjun Kedung Pengilon

Untuk bisa masuk dan menikmati air terjun disini sambil mandi dan berenang tidak perlu khawatir harga tiket terlalu mahal, karena harga tiket hanya Rp 5000 dengan tempat parkir untuk membayar motor Rp 3000 dan mobil Rp.5000

Sangat murah bukan? untuk destinasi wisata seindah dan sealami ini memang tidak ada bandingannya. Nah, bagi anda yang belum pernah mengunjungi wisata ini, buruan datang dan nikmati kesejukan berenang atau berendam di Air Terjun Kendang Pengilon.

Jika total biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke lokasi ini hanya sekitar 8-10 ribu saja. Dengan harga yang sangat murah, Anda akan dapat memanjakan tubuh dan mata serta pikiran Anda juga akan segar kembali dan siap untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Fasilitas rekreasi

Tempat wisata air terjun Kedung Pengilon atau yang biasa dikenal dengan sungai tersembunyi ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat, sehingga semua pengelolaannya dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat atau khususnya organisasi kepemudaan.

Bagi pengunjung harap dimaklumi bahwa di kawasan wisata ini masih minim fasilitas atau seadanya karena semuanya hanya disediakan oleh warga sekitar yang juga peduli dengan tempat ini.

Fasilitas yang disediakan seperti kamar mandi dikenakan biaya kebersihan hanya 3.000.000, selain itu juga disediakan tempat parkir yang cukup luas dan tentunya aman.

Bagi pengunjung yang lelah, disediakan juga pondok bambu untuk istirahat atau makan makanan dan minuman ringan. Beragam spot foto keren juga tersedia di sini lho, jadi cocok banget buat kamu yang suka fotografi atau sekedar selfie.

Bersantai di Kedung Pengilon via JotuindonesiaBersantai di Kedung Pengilon via Jotuindonesia

Cerita mistis dari mulut ke mulut

Untuk cerita mistis daerah jawa memiliki segudang cerita, begitu juga dengan Kedung Pengilon yang terletak di Jogja kabupaten Bantul, daerah ini juga memiliki cerita mistis yang konon memiliki energi yang tidak biasa.

Dilihat dari bahasa jawa Pengilon yang berarti tempat bercermin yang sama dengan air di kedung bisa dijadikan tempat bercermin karena sangat jernih. Tak hanya itu, ternyata di balik keindahannya yang mengerikan, Kedung Pengilon menyimpan cerita dan legenda mistis.

Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Kedung Pengilon dihuni oleh makhluk gaib bernama Nini Blorong yang dipercaya dapat mengganggu pengunjung yang jahil. Selain itu, banyak juga warga yang datang hanya untuk melakukan ritual gaib, salah satunya ritual Kenduri.

Namun bagi kita yang percaya akan adanya pencipta, tentunya kita juga percaya akan hal-hal gaib, jadi kita tinggal mengikuti aturan yang ada dan datang kesini dengan niat yang baik, sekedar untuk berwisata dan menikmati keindahan alam.

Kunjungi juga: Liburan seru di Grojogan Pucung Seloharjo

Daya Tarik Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon baru dibuka oleh masyarakat sekitar sehingga belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, namun saat ini banyaknya postingan dan akun Instagram yang mengunggah tempat ini membuat banyak orang mengetahuinya dari berbagai penjuru.

Keindahan Kedung Pengilon semakin menawan dengan adanya air terjun setinggi 10 meter dengan kedalaman 5 hingga 8 meter. Apalagi angin sejuk dan pepohonan hijau menambah pesona alamnya.

Jika Anda berkunjung saat musim hujan di hari yang cerah, Anda akan menjumpai keindahan air Pengilon Kedung. Selain itu, spot fotonya juga sangat cantik, cocok untuk para penghobi fotografi dan selfie.

Larangan bermain Kedung Pengilon via MblusukLarangan bermain Kedung Pengilon via Mblusuk

Tips Liburan Kedung Pengilon

Jika ingin berkunjung dalam kondisi terbaik adalah saat musim hujan tetapi saat cuaca cerah saat itu aliran airnya paling bagus, karena saat musim kemarau air akan semakin sedikit atau bahkan kering. .

Namun para pecinta fotografi sebaiknya datang pada hari yang cerah, usahakan jangan datang pada hari yang mendung atau mendung, karena air terjun ini berada di tengah hutan dan tenang. Juga, tidak ada warung makan, jadi Anda harus membawa sendiri bahan makanan, minuman, dan makanan.

*****

Demikian sedikit gambaran tentang air terjun Kedung Pengilon Bantul yang dapat kami sajikan untuk anda. Keindahan kedung ini tidak bisa digambarkan secara sempurna dengan kata-kata. Untuk membuktikannya, mari kita pergi ke TKP.

Juga jangan lewatkan: Obyek wisata pantai Parangtritis Bantul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button