Air terjun Babak Pelangi, air terjun dengan suasana alam yang asri di tengah Lombok - WisataHits
wisatahits

Air terjun Babak Pelangi, air terjun dengan suasana alam yang asri di tengah Lombok

Air terjun Babak Pelangi, air terjun dengan suasana alam yang asri di tengah Lombok

Pernahkah Anda mengunjungi air terjun di tengah hutan? Atau, cobalah datang ke Air Terjun Babak Pelangi. Cek lokasi dan rutenya di artikel ini.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WITA, Alamat: Lantan, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Babak Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun cantik di Lombok tengah ini memiliki berbagai daya tarik yang mengundang banyak wisatawan untuk datang. Kawasan yang berada di tengah hutan ini terlihat sangat alami bagi pengunjung untuk menghirup udara segar.

Pencinta alam wajib singgah di air terjun menawan ini. Dalam perjalanan menuju wisata, pengunjung akan melintasi jalan yang sulit berkelok-kelok. Dengan demikian, semua pengunjung dapat mengakses hits tersebut dengan berjalan kaki setelah memarkir kendaraan. Yakinlah, sudah ada akses tangga yang cukup mudah saat ingin menuju air terjun.

Tak heran jika air terjun yang menakjubkan ini mampu menarik perhatian banyak orang. Lombok memang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak destinasi wisata yang indah menjadi incaran para wisatawan, terutama wisata alamnya yang mengesankan. Salah satu tempat wisata yang wajib masuk daftar adalah air terjun.

Objek wisata air terjun Babak Pelangi

Objek Wisata Air Terjun Babak Pelangi LombokFoto oleh Fendy Riza di Google Maps

Mengunjungi air terjun yang indah membuat semua orang tenang dan nyaman. Gemericik airnya seakan membawa ketenangan tersendiri. Apalagi jika tempatnya masih alami dengan air yang jernih. Sebagai salah satu wisata air terjun yang menarik wisatawan, beberapa objek wisata air terjun Babak Pelangi antara lain:

✦ Pool angka delapan yang unik

Daya tarik pertama wisata air terjun ini adalah kolam angka delapan yang unik. Kolam renangnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil, tetapi ukurannya rata-rata. Keunikannya semakin lengkap dengan adanya dua warna air di kolam yang berbeda, yaitu hijau dan biru.

Wisatawan bisa melihat-lihat kolam dengan lebih tenang sambil menikmati pemandangan air terjun yang indah. Kolam angka delapan juga kerap menjadi pilihan untuk berenang bersama teman atau keluarga saat berlibur. Pasalnya, airnya sejuk dan jernih, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bersentuhan dengan kulit.

✦ Suasana Alami dan Asri

Bagi yang bosan dengan suasana perkotaan yang padat dan padat, tentunya air terjun menjadi tempat liburan yang tepat. Di wisata air terjun ini suasananya selalu alami dan asri. Membuat hati tenang dan nyaman. Di sekitar air terjun terdapat pepohonan yang rindang dan berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh subur.

Suasana alam yang segar dan hijau membuat pengunjung merasa nyaman dan rileks. Air yang jatuh dari ketinggian membentuk suara gemericik yang menenangkan, sehingga suasana di sekitar air terjun menjadi tenang dan damai. Hal ini menjadikan air terjun sebagai tempat yang cocok untuk melepas penat dan stress setelah beraktivitas berat.

✦ Beragam spot Instagramable

Tur satu putaran tidak lengkap tanpa mengambil foto. Begitu juga saat mengunjungi air terjun ini. Ada beberapa spot Instagramable yang bisa menghasilkan potret menarik dan mengesankan. Mulai dari foto-foto di bawah air terjun, foto-foto ria di sekitar kolam angka delapan atau spot buatan yang disiapkan pengelola.

Beberapa spot foto ini memang khusus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan foto para pengunjung, terutama anak muda yang gemar berfoto. Bahkan ada ayunan yang sudah disediakan pihak pengelola untuk pengunjung bersantai sambil menikmati keindahan air terjun yang suaranya menggelegak.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Babak Pelangi dari LombokFoto oleh Lutfi Alhabbal di Google Maps

Air Terjun Babak Pelangi merupakan destinasi wisata alam nan indah yang terletak di Dusun Rerante, Desa Lantan, Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Meski berada di lokasi terpencil, pengunjung yang datang tidak pernah kecewa dan selalu puas. Untuk mencapai air terjun yang memesona ini, pengunjung dapat berjalan kaki, sehingga kendaraan dititipkan di tempat parkir yang tersedia.

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh wisatawan untuk menuju air terjun. Salah satu yang paling umum adalah bandara. Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Lombok, jaraknya kurang lebih 37 kilometer dan waktu tempuh 1 jam 9 menit. Dari bandara menuju jalan bypass bandara menuju Batujai.

Setelah itu pergi ke Jalan Raya Sengkol, lalu menuju ke Gelondong, lalu Praya. Setelah sampai di Praya, menuju perempatan manggar. Setelah itu, belok kiri sekitar 4 kilometer hingga sampai di pertigaan Pancor Dao, lalu belok kanan sekitar 2-3 kilometer hingga menemui penanda air terjun.

Harga tiket masuk dan jam buka

Meski berada di tengah hutan, air terjun Babak Pelangi memungut biaya masuk. Selain itu jumlah pengunjung juga semakin meningkat, sehingga perlu adanya pengelola yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Tarif masuk ke air terjun ini relatif terjangkau dan biasanya berbeda untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tarif masuk ke sini sebenarnya tergantung kendaraan yang dibawa. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000, kemudian untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Kemudian jam bukanya setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Air Terjun Babak Pelangi dari LombokFoto Maulidin Isnaen di Google Maps

Setelah mengetahui beberapa daya tarik Air Terjun Babak Pelangi, Anda tentunya penasaran dengan beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata alam ini. Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa menjadi inspirasi dan menyenangkan untuk dilakukan saat mengunjungi air terjun. Beberapa di antaranya adalah kegiatan berikut ini.

1. Berenang

Kolam alami di bawah air terjun Babak Pelangi merupakan tempat yang cocok untuk berenang dan kesejukan air terjun. Pengunjung juga bisa bermain air di sekitar kolam atau sekedar bersantai di bawah air terjun sambil menikmati suasana alam yang syahdu. Kegiatan berenang juga bisa dilakukan di kolam renang angka delapan yang indah.

2. Fotografi di Air Terjun Babak Pelangi

Berfoto juga asyik, apalagi pemandangan air terjunnya begitu indah dan megah. Ada banyak sekali tempat hits dan indah yang bisa dijadikan background untuk berfoto. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah di sekitar air terjun atau berfoto di bawah air terjun yang memiliki kolam angka delapan dengan dua warna air yang berbeda.

3. Nikmati air terjun

Bahkan saat pengunjung tidak ingin berenang, wisatawan bisa langsung menikmati keindahan air terjun. Berada di bawah air terjun sangat menyenangkan dengan suara gemericik alam yang menenangkan hati. Pemandangan alam pepohonan hijau segar juga menambah ketenangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Air Terjun Babak Pelangi LombokFoto Lombok In Frame di Google Maps

Wisatawan tidak perlu khawatir soal fasilitas karena Air Terjun Babak Pelangi memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas tersebut antara lain tempat parkir, tangga untuk mengakses air terjun cantik ini, toilet, spot foto, ayunan, kolam renang, gazebo dan berugak. Di sisi lain, jika Anda ingin bermalam, Anda dapat menghubungi pengelola untuk diarahkan.

Liburan wisata alam adalah solusi yang tepat. Apalagi bagi pecinta travelling yang merindukan suasana urban. Dengan sejumlah atraksi, fasilitas, dan harga tiket terjangkau, tidak ada salahnya mampir ke Air Terjun Babak Pelangi. Selain menambah pengalaman berwisata, wisatawan juga bisa menambah koleksi foto liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button