AHM Foundation menghadirkan Safety Riding Lab di Bali dan mempromosikan kemunculan destinasi wisata - WisataHits
Jawa Timur

AHM Foundation menghadirkan Safety Riding Lab di Bali dan mempromosikan kemunculan destinasi wisata

buleleng – Dengan hadirnya Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali Mandara, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Yayasan Astra Honda Motor (AHM Foundation) berharap dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi pelajar dan masyarakat yang ingin lebih mengembangkan keterampilan berkendaranya. cara yang lebih menyenangkan dan aman.

Hadir pula dalam acara tersebut untuk memperluas fasilitas pembelajaran sepeda motor, Yayasan Astra Honda Motor (AHM Foundation) membuka Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali bersama dengan Astra Motor. Bali Mandara, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali pada Jumat (2/9/2022).

Ketua AHM Foundation Ahmad Muhibbuddin mengatakan Safety Riding Lab merupakan upaya berkelanjutan untuk mengadvokasi berkendara yang lebih aman di masyarakat luas, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Hingga pertengahan tahun ini, tercatat ada empat Safety Riding Labs yang telah mendaftarkan sekitar 5.000 siswa.

“Kami berharap Safety Riding Lab kelima ini dapat semakin memperkuat sinergi kita untuk negara membangun bangsa yang lebih baik khususnya dalam etika berlalu lintas,” kata Muhibbudin dalam keterangan tertulis.

Melengkapi empat Safety Riding Labs yang telah hadir secara bertahap di wilayah lain tanah air sejak tahun 2017, Safety Riding Lab kelima ini memiliki tiga zona utama yaitu zona audiovisual, zona simulasi dan zona praktik yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan sekitarnya Komunitas belajar mengendarai sepeda motor.

Berbagai bahan ajar telah disiapkan di lembaga ini, seperti: B. edukasi tentang etika berlalu lintas, teknik berkendara hingga penggunaan media sosial dalam pelaksanaan kampanye keselamatan berkendara bagi generasi muda.

Sebanyak 20 siswa dilatih menjadi Safety Riding Ambassador yang akan mengajarkan teori dan keterampilan sepeda motor. Para Safety Riding Ambassador ini telah mendapatkan sertifikasi dan mendapatkan instruksi langsung dari Instruktur Safety Riding Honda.

Safety Riding Lab SMA Negeri Bali Mandara adalah tempat belajar berkendara aman utama di provinsi Bali dan siap menampung ratusan siswa dan masyarakat umum untuk belajar mengendarai sepeda motor.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng, AKP Anton Suherman, turut hadir dalam peresmian Safety Riding Lab pertama di Bali.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan AHM atas kampanye lalu lintas di wilayah Kabupaten Buleleng agar masyarakat lebih taat berlalu lintas.

Polisi menyambut baik kehadiran lembaga pendidikan Safety Riding Lab di SMAN Bali Mandara wilayah kerja Polres Buleleng.

“Semoga fasilitas ini dapat memberikan dampak positif bagi kampanye keselamatan berlalu lintas di dalam dan sekitar Kabupaten Buleleng,” ujar Anton Suherman.

Jelang Bali, pada 2017, AHM Foundation membuka Safety Riding Lab di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Setahun kemudian dibangun Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes, Banten, disusul SMK PABA Binjai, Sumatera Utara dan Safety Riding Lab di SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Tiga Zona Safety Riding Lab yang dikembangkan oleh AHM Foundation memiliki tiga zona. Pertama, zona audiovisual yang berperan sebagai ruang kelas pedagogis untuk memberikan instruksi kepada peserta. Metode pembelajaran dilakukan melalui diskusi video singkat hasil video pendek kompetisi safety riding dalam rangka kegiatan safety riding selama lima tahun terakhir. Ruang ini bertujuan untuk menginspirasi siswa untuk menganalisis dan mendiskusikan kemungkinan masalah dalam lalu lintas.

Kemudian zona simulasi dengan dinding tiga dimensi seperti di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media latihan berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan keselamatan berkendara. Para Duta Safety Riding juga dapat mengasah pengetahuannya dengan buku referensi, peraturan keselamatan jalan dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang disediakan di sana.

Ada juga zona praktik yang spesifikasinya terkait dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik mengemudi dengan rintangan dan rambu lalu lintas dari berbagai kondisi jalan.

Bentuk kampanye berkelanjutan dari AHM Foundation Safety Riding Program dimulai dengan program Sahabat Satu Hati untuk berbagi ilmu berkendara di sekolah-sekolah binaan AHM dengan menjadikan para siswa sebagai Duta Safety Riding Sekolah One Heart.

Acara dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih para Duta Safety Riding dalam keterampilan blogging dan fotografi, serta Lomba Film Pendek Safety Riding. Beragamnya pilihan publikasi di media sosial seharusnya memudahkan para duta keselamatan berkendara untuk menyebarkan virus safety riding di pergantian milenium. ***

Source: kabarnusa.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button