Agrowisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit, Destinasi Wisata Alam Menarik di Lumajang - WisataHits
Jawa Timur

Agrowisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit, Destinasi Wisata Alam Menarik di Lumajang

Agrowisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit, Destinasi Wisata Alam Menarik di Lumajang

Perkebunan Teh Gucialit dikenal juga dengan Perkebunan Teh Kertowono. Merupakan kawasan perkebunan teh yang dikelola di bawah naungan PT. Perkebunan Nasional XII (PTPN XII). Kebun Teh Kertowono Gucialit masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

kebun teh lumajang gucialitkebun teh lumajang gucialit. Peta Google. Sumber: Della Rosalinda

Bahan baku utamanya adalah teh dari perkebunan teh dengan areal yang sangat luas. Jenis teh yang ditanam di areal perkebunan ini adalah teh hitam. Selain komoditas teh, juga terdapat tanaman hortikultura seperti kelapa, gula kelapa dan aneka kayu-kayuan.

Didirikan pada tahun 1910 oleh NV Ticderman Van Kerchen (TVK). Sebuah perusahaan negara Belanda yang membuka lahan sejak tahun 1875. Perkebunan teh Kertowono Gucialit berada di ketinggian 650 hingga 1250 meter di atas permukaan laut. Dengan luas yang sangat luas sekitar 931,82 hektar.

Saat ini perkebunan teh Kertowono Gucialit tidak hanya berfungsi sebagai penghasil teh. Juga sebagai agrowisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan. Menawarkan pemandangan hamparan kebun teh hijau yang terbentang jauh. Udara sejuk dan segar serta pemandangan pegunungan yang indah.

Kawasan kebun teh ini dikelilingi oleh deretan pegunungan di Jawa Timur. Selain Gunung Semeru di sebelah barat, pengunjung juga disuguhkan dengan keindahan gunung-gunung lain di sekitar Kabupaten Lumajang. Seperti Gunung Lemongan, Raung dan Argopuro yang terletak di sebelah timur.

Kebun Teh Kertowono Gucialit menawarkan berbagai aktivitas seru. Wisatawan bisa bermain sepeda di sepanjang area kebun teh. Area bumi perkemahan, bukit inspiratif hingga puncak 74. Berbagai spot foto keren dan menarik juga ada di sini, serta jembatan kayu yang instagramable.

Wisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit juga menawarkan konsep ekowisata. Ada pabrik teh Belanda yang masih berfungsi dengan baik. Wisata edukasi tentang tanaman teh dimana pengunjung diajak oleh pihak pengelola untuk melihat proses pengolahan teh. Mulai dari petik hingga proses pencicipan cangkir atau pencicipan teh.

Alamat perkebunan teh Kertowono Gucialit

  • Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

jam buka

  • Setiap hari (08.00 – 17.00)

Biaya masuk

  • Tiket masuk Rp.5.000,-/orang.

Rute menuju perkebunan teh Kertowono Gucialit

Jarak tempuh dari pusat kota Lumajang sekitar 21 km. Dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dari kota Lumajang, berkendara melalui Jl. Kerajaan Gucialit. Akses jalan lain yang bisa dilalui adalah dari arah barat, Surabaya ke Probolinggo ke selatan menuju Jember, atau bisa juga lewat Malang.

mengangkut

Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Transportasi umum menuju Kebun Teh Gucialit cukup sulit.

Angkutan umum langka ke tempat ini. Anda harus menunggu angkutan umum setiap 3 jam sekali, sehingga disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada apa saja di perkebunan teh Kertowono Gucialit?

Perkebunan Teh Kertowono GucialitPerkebunan Teh Kertowono Gucialit. Peta Google. Sumber: Della Rosalinda

Kebun Teh Kertowono Gucialit tidak hanya berfungsi sebagai penghasil teh. Saat ini juga menjadi agrowisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

Wisatawan dapat menikmati berbagai keindahan di Perkebunan Teh Gucialit. Tak hanya menawarkan pemandangan luasnya tanaman teh hijau. Ada juga berbagai aktivitas seru dan menarik di alam. Udara sejuk dan segar dengan pemandangan pegunungan yang indah.

Kebun teh dikelilingi oleh pemandangan pegunungan

Pemandangan gunung dari Kebun Teh GucialitPemandangan gunung dari Kebun Teh Gucialit. Peta Google. Sumber: Kunjungi Lumajang

Perkebunan teh Kertowono Gucialit didirikan pada tahun 1910. Itu didirikan oleh NV Ticderman Van Kerchen (TVK). Yakni, perusahaan milik pemerintah Belanda yang membuka lahan sejak 1875.

Di sini, wisatawan disuguhi pemandangan hamparan tanaman teh yang terbentang luas. Memiliki luas yang sangat luas sekitar 931,82 hektar.

Temukan foto kebun teh Gucialit dengan latar pegununganTemukan foto kebun teh Gucialit dengan latar pegunungan. Peta Google. Sumber: Kunjungi Lumajang

Perkebunan teh Kertowono Gucialit berada di ketinggian 650 hingga 1250 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi oleh lanskap pegunungan epik di Jawa Timur. Di sebelah barat adalah Gunung Semeru, sedangkan di sebelah timur adalah Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Wisata Pendidikan Kunjungan Pabrik Teh

Pabrik teh Kertowono GucialitPabrik teh Kertowono Gucialit. Peta Google. Sumber: Sofian Pasru

Wisata di Kebun Teh Kertowono Gucialit juga menawarkan pengunjung konsep ekowisata. Wisata edukasi teh dimana pengunjung diajak untuk melihat proses pengolahan daun teh. Ada sebuah pabrik teh peninggalan Belanda yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Rombongan 10 orang atau lebih. Anda diajak melihat kegiatan di pabrik ditemani pemandu. Amati dan lihat langsung mulai dari pemetikan, penyortiran hingga proses pencicipan cangkir atau pencicipan teh dari perkebunan.

Pabrik Teh PTPN XII Kertowono memiliki mesin pengolah yang masih asli. Mulai dari mesin giling, pengeringan, sortasi dan lain-lain. Dalam sebulan, perkebunan teh Kertowono Gucialit mampu menghasilkan lebih dari 50 ton teh. Dan pemasarannya mampu menembus pasar internasional

Tidak hanya dikonsumsi di dalam negeri. Produk berkualitas tinggi ini juga diekspor ke berbagai negara. Seperti Belanda, Perancis, Inggris, Arab Saudi dan sebagainya.

Matahari terbit di perkebunan teh Gucialit

menikmati matahari terbit di kebun teh gucialitmenikmati matahari terbit di kebun teh gucialit. Peta Google. Sumber: Susi Susilowati

Perkebunan teh Kertowono Gucialit menawarkan pemandangan alam yang indah dan epik. Pemandangan hamparan tanaman kebun teh yang dikelilingi pegunungan.

Inilah Spot Bukit Inspirasi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit yang indah dengan latar belakang pegunungan.

Penginapan peninggalan Belanda

rumah Belandarumah Belanda. Peta Google. Sumber: Sofian Pasru

Kebun teh Kertowono merupakan peninggalan zaman Belanda dan telah ada sejak tahun 1910. Beberapa monumen Belanda terletak di sekitar areal perkebunan. Masih berdiri kokoh dan bentuknya masih utuh dengan arsitektur bangunan lama. Rumah-rumah bersejarah Belanda di sekitar Desa Gucialit bisa disewa sebagai penginapan.

Tempat foto yang menarik

poin foto di kebun teh gucialitpoin foto di kebun teh gucialit. Peta Google. Sumber: Kunjungi Lumajang
Temukan jembatan kayu perkebunan teh GucialitTemukan jembatan kayu perkebunan teh Gucialit. Peta Google. Sumber: Kunjungi Lumajang

Selain menikmati keindahan alam, disini juga terdapat beberapa spot foto yang keren dan menarik. Salah satunya adalah jembatan kayu yang terbentang jauh di antara perkebunan teh. Tempat lain yang ditawarkan adalah berswafoto dengan latar belakang pemandangan gunung dan laut.

tempat perkemahan

Kebun teh Kertowono Gucialit juga menawarkan tempat berkemah. Untuk bumi perkemahan di Kampung Baru (KBR) atau di Bukit Inspirasi dan Puncak 74.

Perkebunan teh Kertowono Gucialit

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang dilengkapi dengan saran umum dan fasilitas yang lengkap dan terjangkau.

  • Parkir Kendaraan
  • Akomodasi vila
  • aula pertemuan
  • Bisnis turis
  • Tempat foto yang Instagramable
  • Drive game yang menarik
  • Toilet umum
  • ruang sholat
  • gazebo dan tempat duduk

Hotel di sekitar perkebunan teh Kertowono Gucialit

Hotel, villa atau penginapan di sekitar perkebunan teh Kertowono Gucialit.

  • TEMPAT DI 2378 Omah Nusantara Homestay
  • Hotel Somanake
  • Hotel Maharaja

Video perkebunan teh Kertowono Gucialit

Berikut video perkebunan teh Kertowono Gucialit dikutip dari channel Donie&drone

Menyimpulkan

Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan hamparan tanaman teh yang sangat luas. Udara sejuk dan segar serta pemandangan pegunungan yang indah.

Wisatawan bisa menikmati keindahan perkebunan teh ini. Kebun Teh Kertowono Gucialit menawarkan berbagai aktivitas seru.

Di sini wisatawan bisa bermain sepeda menyusuri area kebun teh. Area Bumi Perkemahan Inspiratif Hill to Peak 74. Menampilkan berbagai spot foto yang keren dan menarik serta jembatan kayu yang instagramable.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button