Agrowisata Duran Duren Wonosalam, Wisata Alam Pegunungan dan Surganya Buah Durian - WisataHits
Jawa Timur

Agrowisata Duran Duren Wonosalam, Wisata Alam Pegunungan dan Surganya Buah Durian

Agrowisata Duran Duren Wonosalam merupakan destinasi wisata baru di kota Jombang. Tur ini baru dibuka untuk umum pada Januari 2022. Menurut pengelola wisata, Duran Duren Wonosalam didirikan untuk merevitalisasi Wonosalam dan menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Jombang.

agrowsara durian durian wonosalamAgrowisata Durian Durian Wonosalam. Peta Google. Sumber: Atikah Fatmawati

Terletak di pegunungan, ia menawarkan pemandangan alam yang indah. Menyajikan pemandangan perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri. Dengan konsep wisata gunung dan edukasi yang dihiasi tanaman dan memiliki kebun durian.

Seperti namanya, Wonosalam sendiri merupakan penghasil dan surganya buah durian. Ada durian khas wonosalam yang banyak diburu para pecinta durian. Salah satunya adalah Durian Bido. Selain sebagai objek wisata, Duran Duren Wonosalam juga fokus pada konservasi durian.

Selain kebun durian, wisata ini juga dilengkapi atraksi lainnya. Ada berbagai wahana seru seperti taman bermain anak, lokasi kota hobbit dan kebun binatang mini. Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Bagi yang ingin bermalam, tersedia cottage (akomodasi) bergaya panggung dengan segala fasilitasnya. Ada juga beberapa spot foto keren dan instagrammable yang sebagian besar terbuat dari kayu. Agrowisata Duran Duren Wonosalam bisa menjadi referensi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga.

Alamat Agrowisata Duran Duren Wonosalam

  • Jalan Anjasmoro, Desa Notorejo, Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

jam buka

  • Setiap hari. 08.00 WIB – 16.30 WIB.

Biaya masuk

  • Hari kerja Rp.15.000,00.
  • Akhir pekan Rp.20.000,-

Rute menuju Duran Duren Wonosalam

Lokasi Agrowisata Duran Duren Wonosalam sangat mudah dijangkau. Letaknya di dekat Kantor Camat Wonosalam, hanya berjarak 80 meter.

Wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Jombang atau luar provinsi dapat melewati Jalur Nasional Surabaya – Madiun menuju Kecamatan Mojoagung Jombang.

Sesampainya di Mojoagung, lanjutkan menuju Kecamatan Wonosalam. Terdapat beberapa pertigaan menuju arah yang berbeda, pilihlah jalur yang mengarah ke Alun-alun Wonosalam.

Masuk Lapangan Wonosalam, depan lapangan ada pertigaan. Perhatikan sisi kanan jalan saat melihat tulisan Duran Duren, berarti Anda sudah sampai di tempat wisata.

mengangkut

Akses jalan yang mudah baik dari Surabaya-Mojokerto maupun Malang-Kediri (via Kandangan).

Apa yang ada di Duran Duren Wonosalam

durian durian wonosalamdurian durian wonosalam. Peta Google. Sumber: Puput Putri

Menawarkan tidak hanya wisata alam pegunungan. Seperti namanya, wisata ini merupakan penghasil buah durian. Wisatawan dapat menikmati buah durian yang terkenal di Wonosalam.

Ada berbagai hal seru dan menarik untuk dilakukan ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini. Mengusung konsep pegunungan dan edukasi, menikmati pemandangan alam serta menyuguhkan pemandangan perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri.

Wahana seru di alam

kebun binatang minikebun binatang mini. Peta Google. Sumber: Denny Dio
kota hobbitkota hobbit. Peta Google. Sumber: Ryan Amadea

Selain itu, ada beberapa wahana seru dan menarik yang bisa dinikmati para pengunjung. Seperti taman bermain anak, kota hobbit, kolam ikan, kebun binatang mini dan sebagainya.

  • Ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000 untuk masuk ke spot Hobbit Town.

Nikmati buah durian khas Wonosalam

Agrowisata Duran Duren Wonosalam didirikan karena Wonosalam sendiri merupakan penghasil buah durian. Wisata ini terletak di dataran tinggi di lereng Gunung Anjasmara. Memiliki kebun durian sekaligus fokus pada konservasi durian. Durian wonosalam sangat diminati oleh para pecinta durian, salah satunya adalah durian bido.

Sekitar 400 pohon durian berumur lebih dari 30-50 tahun ditanam di areal yang luas. Sebanyak 300 pohon masih muda dan sisanya pohon durian sejati. Ada 20 spesies pohon durian bido. Jenis durian lain seperti montong, bawor, musangking, duri hitam hingga jenis durian Petruk juga ditanam di sini.

Akomodasi/cottage dengan pemandangan gunung

Pondok Duren WonosalamPondok Duren Wonosalam. Peta Google. Sumber: Taufik Hidayat

Akomodasi berkonsep Jawa dengan bentuk rumah joglo dan sentuhan modernitas. Terdapat 5 kamar penginapan dengan rincian 1 kamar diisi maksimal 5 orang.

Harga Akomodasi / Kabin

  • Weekdays: Rp 380.000/malam.
  • Akhir pekan/Hari Libur: Rp 480.000/malam.

Tempat tidur tambahan

  • Hari kerja: Rp 100.000
  • Akhir Pekan / Hari Libur : Rp 125.000,00

Pilihan akomodasi: AC, Televisi, air panas, sarapan pagi, dll. Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi pengelola atau datang langsung ke tempat wisata.

Spot foto yang keren dan menarik

Berfoto selfie di Duran Duren WonosalamBerfoto selfie di Duran Duren Wonosalam. Peta Google. Sumber: Kendi al Gifary

Agrowisata Duran Duren juga menawarkan area spot foto yang modern dan instagramable. Tempat favorit turis adalah Kota Hobbit. Spot foto lain yang tersedia adalah replika sepeda dan berbagai ornamen kayu.

Menginap yang Instagramable

Wisata Duran Duren WonosalamWisata Duran Duren Wonosalam. Peta Google. Sumber: Atikah Fatmawati

Area lounge yang sejuk dan nyaman dengan view langsung pegunungan Anjasmoro. Tentunya kawasan ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah. Ada juga area kolam ikan hias dengan desain kolam berkonsep Jepang modern.

Resto dan kafe dengan konsep restoran Joglo

Kafe Rumah Makan Durian Duren WonosalamKafe Rumah Makan Durian Duren Wonosalam. Peta Google. Sumber: Ram Israel

Di sini juga terdapat restoran dan kafe dengan konsep bangunan rumah makan joglo. Menu yang ditawarkan juga tradisional seperti Rawon, Kari Ayam dan sebagainya. Kolak durian adalah salah satu menu paling populer di restoran ini.

Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh di sini sebelum pulang. Pusat oleh-oleh tersebut menawarkan berbagai macam makanan khas Jombang. Diantaranya jajanan khas jombang, keripik buah dan buah durian.

Fasilitas Duran Duren Wonosalam

Berikut sarana dan fasilitas umum yang tersedia di Agrowisata Duran Duren Wonosalam.

  • area parkir
  • ruang sholat
  • Toilet
  • paviliun dll.

Hotel di sekitar Duran Duren Wonosalam

Hotel, villa dan penginapan di sekitar Duran Duren Wonosalam.

  • Villa Kampoeng Kota Wonosalam
  • Kampoeng Djawi
  • Perbarui Villa Rosari

Tempat wisata di sekitar Duran Duren Wonosalam

  • ekowisata Banyumili
  • Kampoeng Djawi
  • Vila kota kampoeng
  • ekowisata Sumber Biru
  • Air Terjun Tretes
  • Gua Sigolo-Golo
  • Wisata Dalem Simbah

Video Agrowisata Duran Duren Wonosalam

Video Agrowisata Duran Duren Wonosalam berikut dikutip dari channel : Abinursa Official

Menyimpulkan

Agrowisata Duran Duren Wonosalam merupakan tempat wisata nuansa pegunungan yang baru. Mengusung konsep pegunungan dan edukasi yang dikelilingi tanaman dan beberapa pohon durian. Menyajikan pemandangan perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri.

Wisata ini bisa menjadi referensi liburan akhir pekan keluarga. Wisatawan tidak hanya menikmati Durian asli Wonosalam di sini. Ada aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda coba saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button