Adventure land Romokalisari surga bagi penikmat wisata adrenalin | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Timur

Adventure land Romokalisari surga bagi penikmat wisata adrenalin | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


Adventure land Romokalisari, surga bagi pecinta wisata adrenalin Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan istri menjajal wahana kano di Romokalisari Adventure Land.

TULIS INI TELAH MEMENANGKAN KOMPETISI KARYA JURNALISTIK PEMERINTAH KOTA SURABAYA TAHUN 2022 DENGAN PERINGKAT JUARA 3 KATEGORI MEDIA CETAK

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Apakah Anda suka perjalanan adrenalin? Silahkan datang ke Romokalisari Adventure Land (RAL) di Surabaya Barat. Lokasinya jauh dari kebisingan Jalan Raya Tambak Oso Wilangon.

Berlokasi di Jl Rusunawa Romokalisari, Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Tepatnya di kawasan pesisir Teluk Lamong yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Gresik di sisi utara.

Dengan konsep wisata petualangan, RAL menggabungkan wisata bahari, wisata edukasi, ekowisata, ekowisata, wisata olah raga dan wisata kuliner. Konsep wisata alam digagas secara cerdas dan cermat oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan sengaja dikemas sedemikian rupa agar dapat menarik lebih banyak pengunjung atau wisatawan.

Untuk menarik wisatawan mancanegara, Pemkot Surabaya sengaja menggandeng Seadoo Safari Surabaya, penyedia wahana jet ski bertaraf internasional. Siapa tahu? Tempat yang awalnya hanya sebuah pusat pemancingan dan telah disulap menjadi tujuan wisata alam dengan konsep petualangan.

Dengan konsep yang dipersiapkan dengan baik, kami seperti tidak menyadari bahwa ini ada di Surabaya. Bukan di Bali dengan Pantai Sanurnya, bukan di Batu dengan Jatim Park-nya atau di Pasuruan dengan Cimory Dairyland-nya.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, RAL merupakan sentra ikan bernama Sentra Ikan Romokalisari (SIR). Saat itu, SIR diresmikan pada 10 Desember 2020 oleh walikota sebelumnya Tri Rismaharini.

RAL saat ini memiliki tujuh wahana yang akan menginspirasi Anda. Ada arena berkuda, sepeda air, perahu wisata, kano, sekoci, ATV, dan jet ski. Tiket terjangkau. Mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000.

Jetski misalnya, tiketnya cukup mahal. Kisarannya mulai dari 1 hingga 3 juta rupiah. Bukan hanya jarak tempuh. Sensasinya memang luar biasa. Pengunjung bisa bermain jet ski sendiri atau bersama-sama.

Ada juga wahana kebun binatang mini dan taman bermain. Yang ini gratis. Pengunjung cukup membeli pakan rusa berupa kacang panjang yang tersedia di dekat wahana. Hal ini mengingatkan kita pada wahana di Flora Park atau Nursery, Bratang, Surabaya.

Masih banyak wahana di RAL yang masih dalam tahap pengembangan. Hal ini terlihat dari pendirian kawasan peternakan dan perikanan yang masih berlangsung hingga saat penulisan ini. Sedangkan wahana lainnya juga masih dalam tahap pembangunan, kandang kelinci, kura-kura dan domba hias.

Setelah mencoba semua wahana, wisatawan bisa menuju pusat kuliner. Tersedia menu spesial dari surabaya dan jawa timur. Soto, kepiting, penyetan hingga ikan asap. Ditambah minuman es kelapa muda. Semua itu bisa dinikmati bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kolega sambil mengamati pemandangan Pulau Galang dengan berbagai jenis burung. Pemandangan yang sangat indah juga disuguhkan pada malam hari dengan kelap-kelip lampu Terminal Teluk Lamong.

Penat dan penat setelah mendayung kano di tengah hutan mangrove, mengayuh paddle boat di danau, menunggang kuda, quad biking atau jet ski hingga ke Jembatan Suramadu, terbayar lunas.

Masih banyak wahana di Wisata Alam RAL yang masih dalam tahap pengembangan. Hal ini terlihat dari pendirian kawasan peternakan dan perikanan yang masih berlangsung hingga saat penulisan ini. Sedangkan wahana lainnya masih dalam tahap pembangunan yaitu kandang kelinci, kura-kura dan domba hias.

Kehadiran investor sangat dinantikan agar RAL dapat berkembang lebih jauh dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian ratusan warga MBR yang terlibat di dalamnya.

Sertakan 100 MBR, latih nelayan

Lokasi RAL di dekat Rusunawa Romokalisari dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk memberdayakan warganya. Operasi RAL melibatkan 100 orang dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek SUgiharti mengatakan, 100 warga MBR Rusunawa Romokalisari bersedia ikut dalam pengelolaan RAL. Mulai dari tempat parkir, wahana, warung makan dan minum, warung souvenir, security hingga ada yang direkrut oleh Seadoo Safari Surabaya.

“Memang wahana yang sudah kami siapkan, termasuk warung makan dan minum, cinderamata dan lain sebagainya, adalah untuk partisipasi MBR di aset kami. Prinsipnya dari MBR, dari MBR dan untuk MBR. 100 orang ini semuanya bekerja di pengelolaan Romokalisari Adventure Land,” kata Antiek HARI BANGSA akhir-akhir ini.

Simak berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button