Ada 9 program wisata unggulan di Bantul tahun ini, catat daftarnya - WisataHits
Yogyakarta

Ada 9 program wisata unggulan di Bantul tahun ini, catat daftarnya

Ada 9 program wisata unggulan di Bantul tahun ini, catat daftarnya

Harianjogja.com, BANTUL– Dinas Pariwisata Bantul sudah memiliki rencana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada tahun 2023. Ada sembilan agenda wisata yang disiapkan baik oleh organisasi perangkat daerah tingkat kabupaten maupun pemerintah daerah DIY.

“Dari sembilan agenda, misalnya, tujuh diselenggarakan Pemkab Festival Kuliner, Simfoni Gumuk Pasir, Keroncong Pesisir, Festival Bregadadan Festival LenteraKepala Dinas Promosi dan Informasi Pariwisata (Dispar) Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, Selasa (10/1/2022).

Agenda lainnya adalah Pertunjukan Udara Yogyakarta (BUGAR), festival layang-layangdan Festival Kapal Naga diselenggarakan oleh Pemda DIY.
Pasca Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah kawasan wisata di Bantul menurun drastis. Dibandingkan liburan akhir tahun, penurunannya mencapai 50%.

Markus mengatakan jumlah pengunjung pada akhir pekan Jumat-Minggu (6-8/1) mencapai 37.673 wisatawan. Dari jumlah tersebut, PAD yang diterima mencapai Rp 366 juta, kata Markus.

BACA JUGA: Tol Terpanjang Kedua di Indonesia Terhubung Tol Jogja Solo dan Jogja Cilacap, Ini Jejaknya

Sementara itu, data jumlah wisatawan pada hari biasa Senin-Minggu (2-8 Jan) mencapai 60.051 orang dengan PAD mencapai Rp 584 juta. Sementara pada libur akhir tahun 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, data wisatawan mencapai 69.342 orang dengan PAD mencapai Rp 673 juta. Data mingguan dari 26 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 menunjukkan total 115.240 wisatawan dengan PAD mencapai Rp 1 miliar.

“Data tersebut berkaitan dengan kawasan wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Bantul. Tidak hanya kawasan pantai selatan, tapi juga Gua Selarong dan Gua Cerme,” ujarnya.

Menurut pria yang kerap disapa Ipung ini, penampilan di pekan pertama Januari 2023 tidak bisa dibandingkan dengan pekan lalu. Hal ini terkait dengan agenda pergantian tahun yang digelar di beberapa tempat.

Selain meningkatkan pendapatan, Dinas Pariwisata Bantul juga terus menggalakkan penggunaan transaksi digital atau elektronik untuk masuk ke destinasi wisata. Pasalnya, jumlah transaksi digital wisatawan masih minim. Hal itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan akhir pekan lalu atau 6-8 Januari 2023 sebanyak 37.673 orang. “Dari jumlah itu, hanya 3.079 orang atau 8,1 persen yang melakukan reservasi Kunjungi Jogja‘ kata Mark pada hari Selasa.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, target wisatawan pada 2023 sebesar Rp3,3 juta dengan target PAD Rp33 miliar. Untuk agenda wisata Bantul tahun ini, Kwintarto mengatakan kolaboratornya bekerja sama dengan beberapa komunitas seperti dewan dewi pantai ke pantai, dan Lari Matahari Terbenam BOBdan masih ada beberapa acara lagi. “Ada lebih dari 10 agenda di kawasan pantai selatan dan beberapa acara diselenggarakan oleh masyarakat,” kata Kwintarto.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button