Ada 3,2 juta KK di Jateng penerima BBM BLT, terbanyak di daerah ini - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ada 3,2 juta KK di Jateng penerima BBM BLT, terbanyak di daerah ini – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Tengah, Harso Susilo. (

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 3.240.672 keluarga di Jawa Tengah (Jawa Tengah) menerima bantuan langsung tunai atau BLT BBM. Dari jumlah tersebut, paling banyak berasal dari Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jateng Harso Susilo mengatakan, penerima BBM tersebut antara lain BLT dari Keluarga Tercinta (KPM) untuk Program Keluarga Harapan (PKH), KPM untuk Program Sembako dan KPM untuk Non -PKH -Program Pangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial Jawa Tengah, ada sekitar 3.240.672 KPM yang menjadi penerima BLT BBM.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

“Bansos BLT BBM Kemensos nanti akan disalurkan melalui PT Pos [di tiap kabupaten/kota]’ kata Harso saat dihubungi Solopos.comRabu (7/06/2022).

Harso menambahkan, 3,2 juta keluarga penerima BLT BBM tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Rinciannya, tiga kabupaten penerima BBM BLT terbanyak adalah Kabupaten Banyumas sebesar 249.059 KPM, kemudian Kabupaten Brebes sebesar 204.720 KPM dan Kabupaten Grobogan sebesar 158.741 KPM.

“[Data dengan sedikit penerima] Kota Magelang memiliki 8.986 KPM, Kota Salatiga memiliki 9.089 KPM dan Kota Tegal memiliki 17.757 KPM,” jelasnya.

Baca Juga: BLT Mulai Penyaluran, 54.900 KK di Karanganyar Terima Rp 500.000

Sebelumnya, Dinas Sosial Jateng menghimbau kepada setiap dinas sosial di kabupaten/kota di Jateng untuk menyiapkan data yang akurat terkait penerima BLT-BBM. Dengan data yang akurat ini, pendistribusian BLT BBM di Jawa Tengah akan lebih tepat sasaran.

Selain itu, pemerintah juga bersedia menyalurkan BLT untuk mengalihkan subsidi BBM kepada 18,4 juta KPM dari total 20,6 juta KPM. BLT BBM merupakan paket bantuan sosial pemerintah pasca pengalihan subsidi BBM, dengan estimasi bantuan sosial transfer subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

dilaporkan Solopos.com Sebelumnya, keluarga penerima manfaat di Kabupaten Karanganyar telah menerima BLT BBM per hari ini, Selasa (6/9/2022). Pada tahap awal ini, pendistribusian BLT dilakukan langsung dari pintu ke pintu oleh petugas dari PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Polres Sukoharjo Siap Jaga Pendistribusian dan Pendistribusian BLT BBM Bersubsidi

Bantuan PKM sebesar Rp 300.000 untuk subsidi BBM BLT pada bulan September dan Oktober 2022. Selain itu, petugas juga membagikan bantuan sembako (BPNT) senilai Rp 200.000. Sehingga kali ini, PKM menerima seluruh bantuan kesejahteraan (Bansos) senilai mulai dari Rp 500.000.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button