Acara Porwanas Gerakan Ekonomi Masyarakat di Malang Raya - WisataHits
Jawa Timur

Acara Porwanas Gerakan Ekonomi Masyarakat di Malang Raya

Produk UMKM PWI Malang Raya menjadi oleh-oleh bagi kontingen Porwanas XIII 2022. [cahyono]

Kabupaten Malang, Bhirawa

Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII Tahun 2022 akan digelar di Malang Raya pada 21-27 November untuk mendorong perekonomian masyarakat. Pasalnya, event nasional ini diikuti oleh ribuan atlet yang berprofesi sebagai jurnalis seusai pertandingan olahraga. Hadir pula para tamu yang mendukung setiap kontingen dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.
Acara Porwanas ini merupakan upaya untuk lebih memperkuat perekonomian masyarakat. Karena potensi ekonomi dan pariwisata di Malang Raya yang beragam seperti Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, terlihat bahwa produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) banyak diburu oleh para tamu dan olahragawan. sebagai oleh-oleh khas Malang. Selain itu, kontingen Porwanas juga mengunjungi banyak tempat wisata. Sehingga acara olah raga para jurnalis menjadi kekuatan, dan bagaimana para tamu ini kemudian dapat menggerakkan perekonomian khususnya industri kreatif.
“Ini bukti bahwa ini bukan sekedar ajang olah raga, namun ajang ini tidak hanya bertujuan untuk silaturahmi dan menjaga semangat olah raga, tetapi juga untuk mendongkrak perekonomian daerah,” ujar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ini. (WI) Pusat, Atal Sembiring Depari, Minggu (27/11) kemarin.
Menurut Atal Sembiring, multi efek dari acara Porwanas ini sangat luar biasa. Selain untuk memajukan olahraga, juga membantu meningkatkan perekonomian daerah, yang sangat bermanfaat bagi tuan rumah. Dan acara Porwanas ini sangat bagus karena jurnalis tidak hanya mengajak masyarakat untuk berolahraga, tetapi juga mengadakan kompetisi olahraga di tingkat nasional. Tentunya dalam acara seperti ini, PWI akan melakukan pembinaan di berbagai daerah untuk memastikan setiap Porwanas adalah yang terbaik.
“Terutama dalam menggerakkan ekonomi masyarakat melalui UMKM yang menawarkan berbagai jenis makanan dan produk lainnya. Sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian daerah dengan adanya acara Porwanas,” ujar Atal.
Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) H. Sofyan Edi Jarwoko menegaskan, pihaknya memberikan apresiasi positif terhadap ajang Porwanas XIII 2022 yang digelar di Malang Raya. Karena event ini memberikan pengaruh positif yang sangat besar bagi Malang Raya. Atlet jurnalistik juga diakui atas kompetisi dan prestasi mereka dalam olahraga. Di sisi lain roda perekonomian di Malang Raya dapat meningkatkan pendapatan UMKM.
“Kami melihat sendiri kontingen dan tamu pendukung kontingen dari masing-masing daerah membeli produk UMKM dari lokasi yang berbeda. Selain itu, restoran, warung, gerai produk UMKM dan tempat wisata ramai dikunjungi para atlet dan tamu lainnya,” kata Wakil Wali Kota Malang itu.
Sementara itu, Wakil Ketua PWI Malang Raya Nunung Sapteng Tunggal mengatakan produk UMKM seperti makanan ringan buatan anggota PWI Malang Raya telah menarik kontingen dari berbagai provinsi. Karena pesanan yang kami kirimkan mencapai 500 dos. Sedangkan satu kotak berisi 15 macam makanan ringan.
“Ini membuktikan bahwa event Porwanas berdampak besar terhadap penjualan produk UMKM. Jadi, dengan usaha jurnalis lain, mereka bisa menambah penghasilan di luar pekerjaannya sebagai jurnalis,” ujarnya. [cyn.fen]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button