Abdullah Azwar Anas, Putra Banyuwangi Dilantik Jokowi sebagai MenpanRB - WisataHits
Jawa Timur

Abdullah Azwar Anas, Putra Banyuwangi Dilantik Jokowi sebagai MenpanRB

SuaraMalang.id – Nama Abdullah Azwar Anas sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Bukan hanya karena mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur yang kemudian mengundurkan diri, namun Anas merupakan salah satu bupati sukses di Banyuwangi.

Ia menjabat dua periode dan membawa banyak perubahan di Banyuwangi. Misalnya, Anas membangun Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten tujuan wisata paling populer. Pada era Anas, Bandara Banyuwangi semakin maju dan lengkap.

Selain itu, masih banyak pengembangan lain yang dilakukan Anas. Hingga akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Anas menjadi Menteri Penguatan Aparatur Negara (MenpanRB), menggantikan Almarhum Tjahjo Kumolo.

Azwar Anas diresmikan oleh Presiden Jokowi pada pukul 13:30 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta. Azwar Anas sebelumnya menjabat sebagai MenpanRB dan pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca Juga: Azwar Anas Selaku Menteri PANRB, Ini Rincian Kekayaan Bersihnya

Azwar Anas adalah politisi PDI-P, mirip dengan almarhum Tjahjo Kumolo. Sebelum menjadi ketua LKPP, Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi yang saat ini dipimpin oleh istrinya Ipuk Fiestiandani, selama dua periode.

abdullah azwar ana’s profile

Lahir pada 6 Agustus 1973 di Banyuwangi, ia dibesarkan di lingkungan pesantren sejak kecil. Semasa kuliah, Azwar bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IPNU). Ia juga kuliah di dua universitas yang berbeda secara bersamaan, yaitu Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1994-1999) dan Fakultas Teknologi Pendidikan, IKIP Jakarta (1992-1998).

Kemudian Azwar Anas memulai pendidikan magisternya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI pada tahun 2002 dan lulus pada tahun 2005. Karir politik Azwar dimulai pada tahun 1997, ketika ia menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) termuda dari perwakilan kelompok. Azwar kemudian sempat bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 dan menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PKB.

Pada tahun 2004, Azwar Anas berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III. Ia kembali menjadi calon anggota DPR pada pemilu 2009, namun tidak lolos. Setahun kemudian, Azwar mengikuti pemilihan kepala daerah Banyuwangi (Pilkada). Ia bersama rekannya Yusuf Widyatmoko terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi periode 2010-2015.

Baca Juga: Profil Azwar Anas: Presiden Mahasiswa NU, Bupati, Jabatan Menteri PAN RB Hingga Sekarang

Pasangan yang memerintah kembali berkompetisi di Banyuwangi Pilkada 2015 dan menang, melanjutkan masa jabatan kedua mereka di pucuk pimpinan. Azwar juga pernah diajak Saifullah Yusuf atau Gus Ipul untuk kawin di Pilkada Jawa Timur. Namun, Azwar memutuskan untuk mengundurkan diri.

Source: malang.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button