Abdul Muiz: Sektor pariwisata Kabupaten Sukabumi harus unggulan daerah - WisataHits
Jawa Barat

Abdul Muiz: Sektor pariwisata Kabupaten Sukabumi harus unggulan daerah

SUKABUMI — Pasca pandemi Covid-19 dan sejalan dengan ancaman resesi global, Abdul Muiz, Anggota Komisi II DPRD Jabar dari PKS Group, berharap sektor pariwisata perlu menjadi unggulan daerah.

Hal itu dikatakan setelah dirinya melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan Sodong Curug bersama anggota Komisi II DPRD Jabar beberapa waktu lalu. Menurutnya, pihaknya bersama Komisi II terus mendorong pengembangan potensi wisata Geopark Ciletuh.

“Potensi wisata Kabupaten Sukabumi sangat lengkap, Gurilaps perlu dioptimalkan,” kata Abdul Muiz dalam keterangan singkatnya.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memfasilitasi pengembangan tiga properti wisata di Kabupaten Sukabumi dengan dana PEN. Pertama, pemandian air panas Curug Sodong Ciwaru Ciemas, Karanghawu dan Cisolok. Kemudian objek wisata lainnya yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Obyek Wisata Penyu Pangumbahan Ujung Genteng melalui APBD Dinas Perikanan Laut dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Jawa Barat tahun anggaran 2022 dan 2023.

“Pabrik yang dibangun harus dioptimalkan dari segi penggunaan dan perawatan.

Ia menjelaskan perlunya penguatan promosi, selalu mengadakan event-event budaya lokal, sehingga keberadaan objek wisata dapat dirasakan langsung melalui manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Maka perlu disiapkan home stay bagi pengunjung yang menginap bersama warga di rumah.

“Memungkinkan masyarakat sekitar memproduksi oleh-oleh dan produk olahan lokal melalui UKM, kemudian memberdayakan BUMDes, kelompok sadar wisata dan kemitraan dengan pihak swasta untuk mempercepat pengembangan pariwisata melalui kerjasama dengan masyarakat sekitar,” jelasnya.adv)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button