Abdul Gani Kasuba melepas 40 jemaah umrah dan 8 pendeta Kristen ke Yarusalem - WisataHits
Jawa Timur

Abdul Gani Kasuba melepas 40 jemaah umrah dan 8 pendeta Kristen ke Yarusalem

Abdul Gani Kasuba melepas 40 jemaah umrah dan 8 pendeta Kristen ke Yarusalem

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Pemprov Maluku Utara kembali memberangkatkan 40 jamaah umrah asal Maluku Utara yang dilepas secara simbolis oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Senin (23/01/23) di Asrama Haji Ternate.

Rahma Hasan Kepala Dinas Kesra Provinsi Maluku Utara menjelaskan pemberangkatan jemaah awal tahun 2023 sebanyak 40 jemaah ditambah 8 jemaah Kristen untuk perjalanan rohani ke Yerusalem.

iklan

“Mereka akan berangkat ke Jakarta besok Senin lalu melakukan ritual selama dua hari dan nanti tanggal 26 mereka akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi,” kata Karo Kesra.

“40 orang ini merupakan calon jemaah umrah yang belum sempat berangkat dalam satu tahun terakhir, serta 8 jemaah Kristen yang akan berangkat ke Yerusalem,” kata Karo Kesra.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan, perjalanan umrah sekitar 9 hingga 10 hari harus dimanfaatkan dengan bijak.

Tentunya sebelum anda berangkat, para juru kunci akan memandu anda dalam melakukan manasik, karena sesampainya anda di Mekkah atau Jeddah suasananya sangat berbeda dengan sejarah yang dipelajari sebelumnya.

Abdul-Gani-Kasuba-2.jpgJemaah umrah usai dilepas Gubernur Maluku Utara (FOTO: Dok Pemprov Maluku Utara)

Oleh karena itu, gubernur berharap dengan mengikuti manasik nanti, para sipir dapat memberikan yang terbaik bagi jemaah umrah.

“Saya berharap selama di Mekkah saya bisa membaca jus dari Alquran dan ketika saya kembali saya bisa menjadi panutan bagi masyarakat di setiap lingkungan,” kata gubernur.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Maluku Utara Amar Manaf juga mengatakan dalam sambutannya bahwa Pemprov Maluku Utara setiap tahun menyiapkan anggaran untuk kegiatan umrah dan anggaran untuk kegiatan keagamaan di berbagai agama di Maluku Utara. mendorong.

Semua ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa pemerintah daerah berharap akan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT setiap tahunnya,” ujarnya.

Harapannya, masyarakat yang dipilih gubernur untuk menunaikan umrah yaang saat pulang kampung menjadi masyarakat yang dibina.

“Artinya, kita semua memiliki kewajiban untuk mendorong tidak hanya keluarga kita tetapi juga masyarakat kita dalam menjalankan umrah. Sejauh ini kami belum pernah ke Arab Saudi. Kami hanya mendengar berbagai berita dan hanya mempelajari sejarah, tetapi satu atau dua hari akan melihat secara langsung sejarah perkembangan Islam dari awal kenabian hingga saat ini,” ujar Amar.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku Utara Amar Manaf, Karo Kesra Rahma Hasan dan Karo Adpim Rahwan K. Suamba hadir dalam acara pembubaran jemaah umrah tersebut.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button