90 persen wisatawan do-it-yourself berpotensi berkunjung ke Yogyakarta untuk liburan akhir tahun - WisataHits
Yogyakarta

90 persen wisatawan do-it-yourself berpotensi berkunjung ke Yogyakarta untuk liburan akhir tahun

Saat DIY memperkirakan lebih dari empat juta wisatawan akan datang saat liburan akhir tahun, sekitar 90 persennya akan ke Yogyakarta,

YOGYAKARTA (ANTARA) — Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan sekitar 90 persen wisatawan yang tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta pada liburan akhir tahun akan masuk ke Kota Yogyakarta, terutama untuk kebutuhan akomodasi wisata.

“Di DIY memperkirakan wisatawan yang datang pada liburan akhir tahun lebih dari empat juta orang, sekitar 90 persennya ke Yogyakarta,” kata Agus Arif, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, di Yogyakarta, Kamis.

Oleh karena itu, lanjutnya, sekitar 3,6 juta wisatawan atau lebih akan memadati kota Yogyakarta saat liburan akhir tahun, sehingga diperlukan berbagai persiapan agar wisatawan di Yogyakarta merasa nyaman.

Baca Juga: DKI Siapkan 41 Kapal Layani Wisatawan Tahun Baru di Kepulauan Seribu

Jumlah ini naik sekitar 40 persen dibanding liburan akhir tahun tahun lalu karena pembatasan perjalanan dicabut.

Persiapan yang dilakukan antara lain dengan mengatur arus lalu lintas sedemikian rupa agar tetap mengalir meski dipastikan padat kendaraan.

Kepadatan lalu lintas itu muncul karena mungkin sekitar 70 persen wisatawan datang dengan kendaraan pribadi, selebihnya dengan bus, kereta api, dan pesawat.

“Kepadatan di beberapa ruas jalan tidak bisa dihindari. Saya selalu bilang saat liburan panjang seperti ini, wisatawan bisa menikmati Yogyakarta dengan lebih perlahan,” ujarnya.

Manajemen lalu lintas akan dikoordinasikan dengan Polda DIY dan disepakati rekayasa lalu lintas dilakukan tanpa penutupan jalan total.

Titik kepadatan potensial tersebut antara lain di sekitar objek wisata dan di pintu masuk Kota Yogyakarta, antara lain di kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Simpang Gondomanan, Simpang Tugu dan Simpang Jalan Affandi.

Baca Juga: Dishub Prediksi 1,3 Juta Orang Akan Mengunjungi Bandung Saat Libur Tahun Baru Imlek

Polda DIY mendirikan tiga posko di Pertigaan Tugu, Teteg Malioboro, dan Kilometer Nol selama liburan akhir tahun, serta satu posko pelayanan di Kebun Binatang GL.

“Kami telah memasang rambu-rambu di beberapa titik perlintasan untuk membantu wisatawan, dan khususnya di kawasan Malioboro, pembukaan dan penutupan akan dilakukan sesuai dengan kepadatan lalu lintas,” kata Kapolres Yogyakarta, Kompol Candra Lulus Widiantoro.

Reporter: Eka Arifa Rusqiyati
Penerbit : Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button