9 Wisata Pasuru yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya - WisataHits
Jawa Timur

9 Wisata Pasuru yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya

9 Wisata Pasuru yang Wajib Dikunjungi, Ini Rekomendasinya

Merdeka.com – Rekomendasi tempat wisata Pasuruan di bawah ini bisa Anda gunakan jika berencana berlibur ke sana. Pasuruan adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan layak untuk dikunjungi.

Letak geografis wilayah Pasuruan yang berada di dataran rendah dan dikelilingi oleh beberapa pegunungan memberikan Pasuruan berbagai tempat wisata dan daya tarik tersendiri. Sebut saja gunung, pantai, air terjun, taman kerajaan, pemandian, semua yang bisa Anda temukan di kota ini.

Artikel media taboola

Untuk menikmati pesona keindahan alam Pasuruan, Anda bisa mengajak keluarga, teman, orang tua atau pasangan Anda untuk berlibur bersama. Berikut ulasan lengkap rekomendasi tempat wisata Pasuruan yang telah kami susun di Liputan6 khusus untuk Anda!

2 dari 4 halaman

hutan bromo

Rekomendasi pertama untuk wisatawan Pasuru adalah Hutan Bromo. Terletak di Baledono, Tosari, Pasuruan, Kawasan Hutan Bromo, kawasan ini merupakan tempat liburan keluarga yang populer di kota ini. Di Kawasan Taman Hutan Raya Bromo Anda akan menemukan berbagai spot foto menarik untuk mempercantik halaman media sosial Anda. Selain itu, kawasan ini juga memiliki udara yang sejuk dan sejuk, sehingga turut menambah kenyamanan Anda dalam menikmati liburan.

Kebun Raya Purwodadi

Rekomendasi kedua untuk wisatawan di Pasuru adalah Kebun Raya Purwodadi. Terletak di Jl. Raya Surabaya-Malang No. Km.65, Sembung Lor, Parerejo, Purwodadi, Pasuruan, Purwodadi Botanical Gardens merupakan taman penelitian dengan luas yang cukup luas. Kebun ini merupakan salah satu dari 3 cabang Kebun Raya Indonesia yang mempunyai tugas dan fungsi mengumpulkan tumbuhan yang hidup di dataran rendah yang gersang. Menarik bukan?

Taman Safari Indonesia II Prigen

Rekomendasi wisata Pasuruan ketiga adalah Taman Safari Indonesia II Prigen. Terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, taman safari ini menjadi tujuan wisata keluarga yang populer.

Taman Safari Prigen menempati area seluas 340 hektar yang didedikasikan untuk konservasi dan pengamatan spesies langka dan menggabungkan konsep rekreasi yang unik dan menarik. Wisata edukasi ini memberikan informasi tentang satwa liar dan habitat aslinya. Selain itu, Taman Safari Prigen juga menawarkan berbagai atraksi satwa yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Putuk Truno

Rekomendasi keempat untuk wisatawan di Pasuru adalah air terjun Putuk Truno. Terletak di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, air terjun ini merupakan objek wisata yang dikenal sebagai legenda kuno tentang kisah cinta Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari yang hidup pada zaman kejayaan Kerajaan Majapahit.

Konon air terjun ini adalah tempat dimana Putri Sri Gading Lestari diusir dari pertemuan dengan pangeran lagi. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya mampu bersatu untuk mengatasi segala rintangan. Hingga saat ini, pengunjung masih percaya bahwa jika Anda mengunjungi Air Terjun Putuk Truno, Anda akan diberkahi dengan cinta yang abadi.

Air Terjun Sumber Nyonya

Rekomendasi kelima untuk wisatawan di Pasuru adalah air terjun Sumber Nyonya. Lokasi air terjun ini secara administratif berada di wilayah Desa Tutur, Pasuruan, Jawa Timur yang berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Surabaya. Dengan ketinggian air sekitar 15 meter, pancuran Air Terjun Sumber Nyonya membentur bebatuan di badan air terjun sebelum terjun ke hulu sungai. Hal menarik lainnya adalah terdapat 3 level berbeda di air terjun ini. Tingkat pertama tingginya sekitar 15 m, tingkat kedua 7 m dan tingkat ketiga setinggi 15 m.

Air Terjun Rambut Moyo

Rekomendasi wisata di Pasuru yang keenam adalah Air Terjun Rambut Moyo. Air terjun ini terletak di Desa Njeglong, Kerajan, Kecamatan Puspo, Pasuruan, tidak jauh dari Gunung Bromo. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini konon pernah menjadi kediaman seorang pertapa bernama Mbah Moyo.

Masyarakat setempat percaya bahwa sosok Mbah Moyo identik dan erat kaitannya dengan legenda babat Jawa, yaitu legenda Pangeran Sawunggaling yang merupakan madraguna sakti dan hubungannya dengan Dewi Sangkrah yang makamnya tepat di atas sumur adalah Rambut Moyo. air terjun.

4 dari 4 halaman

Pantai Penunggul

Rekomendasi wisatawan Pasuru selanjutnya adalah Pantai Penunggul. Terletak di Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan, Jawa Timur, ini adalah salah satu pantai yang terkenal dengan pasir putihnya. Di Pantai Penunggul, Anda bisa menikmati wisata hutan mangrove atau mangrove seluas 144 hektar. Keindahan pasir putihnya juga sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto selfie bersama keluarga dan teman-teman.

Pantai Lekok

Rekomendasi wisata Pasuruan selanjutnya adalah Pantai Lekok. Pantai Lekok terletak di Desa Pangaletan, Jatirejo, Kecamatan Lekok, Pasuruan. Berbeda dengan Pantai Penunggul yang memiliki pasir putih, Pantai Lekok memiliki pesona keindahan pasir putih kecoklatan. Anda bisa berwisata bahari di sini dengan berburu berbagai jenis ikan segar. Pertunjukan rakyat sering diadakan di sini sambil menikmati pemandangan perahu nelayan di tepi pantai.

Pantai Blandongan

Rekomendasi wisata Pasuru terakhir dalam artikel ini adalah Pantai Blandongan. Pantai Blandongan menawarkan pemandangan yang indah dan romantis, cocok untuk Anda yang ingin jalan-jalan bersama pasangan.

Terletak di Desa Blandongan, Bugulkidul, Pasuruan, pantai ini buka 24 jam dan hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000. Di sini Anda dapat menikmati suasana romantis terutama saat matahari terbenam dan merupakan salah satu tempat paling populer untuk berfoto selfie dan menikmati alam laut.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button