9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman - WisataHits
Yogyakarta

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman

Siapa bilang wisata air di Jogja cuma pantai? Tidak, ada juga wisata air terjun yang juga asyik, indah dan tentunya estetis untuk difoto.

Faktanya, tidak banyak yang memiliki volume air yang besar, tetapi masih cocok obat ketika Anda sibuk dengan pekerjaan. Tersebar di berbagai daerah, berikut 9 air terjun yang indah untuk dikunjungi di Jogja. Selamat bermain air!

1. Air Terjun Lepo

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Lepo (instagram.com/devyanjanii)

Terletak di Dlingo, Air Terjun Lepo masih asri dengan banyak pepohonan di sekitarnya. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota, namun jalan menuju air terjun ini sudah mulus dan disemen, sehingga cukup aman untuk dilalui. Lucunya, air terjun ini tidak hanya memiliki satu kolam alami, tetapi empat yang terhubung dengan tiga air terjun.

Masing-masing kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda, tetapi yang terdalam adalah kisaran dua meter, yang biasanya digunakan oleh orang dewasa. Nah, Air Terjun Lepo dikatakan mirip dengan Air Terjun Erawan di Thailand karena keindahannya.

alamat: Jalan Pokoh, Dlingo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Air Terjun Bunga Soka

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Bunga Soka (instagram.com/dwisasono)

Air Terjun Kembangsoka yang viral di media sosial terletak di Tanah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo. Wisata air ini sangat sejuk dan alami.

Nama Kembangsoka yang digunakan berasal dari nama pohon Soka yang dulu banyak tumbuh di sekitar air terjun, sehingga diberi nama “Kembangsoka”. Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah airnya yang tidak pernah surut meski di musim kemarau.

alamat: Jalan Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: 5 Kafe Berkonsep Menyatu dengan Alam di Kulon Progo-Yogyakarta

3. Air Terjun Kedung Pedut

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Kedung Pedut (instagram.com/_meizda)

Jalan-jalan ke Kulon Progo dan jangan lupa mampir ke Air Terjun Kedung Pedut. Tempat ini baru dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2015 dan langsung menjadi nama rumah tangga. Saat musim hujan, volume air terjun sangat besar dan ada kabut. Nah, dari situlah nama Pedut yang artinya kabut.

Warna alami air jernih Kedung Pedut menambah pesona wisata ini. Airnya masih jernih dan berwarna pirus. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berenang di sini atau sekedar bermain air. Seru!

alamat: Jalam Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Air Terjun Luweng Sampang

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Luweng Sampang (instagram.com/airterjunluweng)

Di antara sekian banyak wisata pantai terkenal di Gunungkidul, jangan lewatkan Air Terjun Luweng Sampang yang masih perawan. Gunungkidul memang sering dilanda kekeringan, namun tidak membuat Air Terjun Luweng Sampang benar-benar surut.

Air terjun di tengah bebatuan karst yang eksotis menjadikan tempat ini sebagai tempat berfoto yang sempurna!

alamat: Alamat: Jalan Juminahan, Kayen, Sampang, Kapanewon Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: 5 Wisata Alam yang Hits dan Eksotis di Bantul, Suasananya Asik!

5. Air Terjun Pulosari

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Pulosari (instagram.com/nindy_dwipratiwi)

Curug Pulosari adalah definisi pariwisata harta karun tersembunyi di Bantul karena letaknya yang tersembunyi, tepatnya di Kapanewon Pajangan. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota menuju air terjun.

Disebut air terjun karena debit airnya lebih kecil dari air terjun. Namun tentunya tidak kalah bagus dan segarnya untuk bermain air. Sekarang fasilitas di Curug Pulosari lebih lengkap dengan gasebo kecil yang digunakan untuk istirahat.

alamat: Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Grojogan Watu Purbo

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  grojogan watu purbo (instagram.com/scholasticakeyko)

Grojogan Watu Purbo merupakan wisata air terjun 6 tingkat yang wajib dikunjungi. Pasalnya, pemandangannya tidak hanya menawarkan air tawar tetapi juga unik karena bentuk air terjunnya yang bertingkat-tingkat seperti terasering.

Air terjun ini merupakan wisata buatan yang awalnya dibuat sebagai solusi dari dampak erupsi Gunung Merapi. Grojogan Watu Purbo sudah digunakan untuk wisata sejak tahun 2017, bahkan ada yang untuk bermalam dan berkemah. Apakah kamu tertarik?

alamat: Bangunrejo, RT.02/RW.27, Bangunrejo, Merdikorejo, Candi Kapanewon, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Tlogo Muncar

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Logo Muncar (instagram.com/ivan_restu01)

Sebelum muncul berbagai tempat wisata populer di Jogja seperti sekarang, Tlogo Muncar di Kaliurang sudah terkenal sebagai obyek wisata alam yang menawan. Air terjun di ketinggian 878 meter di atas permukaan laut ini terkenal sejuk. Sayang sekali jika tidak sempat mampir ke sini.

alamat: Jalan Tlogo Putri, Kawasan Hutan, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: 6 Wisata Malam Menakjubkan di Sleman

8. Curug Mudal

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Sungai Mudal (instagram.com/ariesieass)

Digambarkan sebagai surga tersembunyi di bumi di Kulon Progo, ekowisata Curug Mudal atau sungai Mudal mungkin tidak setinggi air terjun lainnya. Namun jika bicara soal kecantikan, Curug Mudal tidak kalah dengan keindahannya. Setidaknya ada tiga kolam alami. Saat musim kemarau, pencemaran air tetap tinggi dan menjadi perhatian warga sekitar untuk berbagai keperluan.

Selain itu, airnya yang masih jernih sering dijadikan tempat pemandian para wisatawan. Jangan takut panas karena rimbunnya pepohonan menjadi ‘payung’ lebar yang membuat Curug Mudal terlihat lebih sejuk.

alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Air Terjun Sri Gethuk

9 wisata air terjun di jogja, sejuk dan nyaman  Air Terjun Sri Gethuk (instagram.com/dewiwangsa)

Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang terbentuk dari tiga mata air yaitu Dong Poh, Ngumbul dan Ngandong. Di ketinggian 25 meter, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini selain hanya bermain air atau berfoto.

Bermain misalnya rubah terbang Bagi Anda yang suka tantangan, naik rakit di sungai dan lain-lain. Bicara soal fasilitas, Air Terjun Sri Gethuk lengkap dengan toilet, warung dan mushola. Sebagai destinasi bersama keluarga sangat cocok sekali.

alamat: Desa Bleberan, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Ini dia wisata air terjun di jogja yang bisa anda kunjungi. Jangan lupa ajak orang tersayang untuk ikutan ya Obat, Selain tempatnya yang indah, tempat wisata alam di atas juga tidak menarik biaya masuk yang mahal. Definisi liburan hemat tapi bahagia!

Baca juga: 5 Wisata Gua di Bantul, Simpan Cerita Sejarah Menarik

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button