9 Tempat Wisata Kekinian dan Populer di Bojonegoro | BANGSAONLINE.com - Berita Terbaru - WisataHits
Jawa Tengah

9 Tempat Wisata Kekinian dan Populer di Bojonegoro | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


 9 Tempat Wisata Kekinian dan Populer di Bojonegoro Kedung Maor adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Bojonegoro. (Kredit gambar: bojonegorokab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Wilayah Administratif Jawa Timur yang terkenal dengan potensi wisata alamnya.

Situs Bojonegoro sendiri berbatasan langsung dengan tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Tuban di sebelah utara, Kabupaten Madiun, Nganjuk, dan Jombang di sebelah selatan. Kabupaten Lamongan di sebelah timur, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Blora (Provinsi Jawa Tengah) di sebelah barat.

Topografi Bojonegoro didominasi oleh kondisi tanah berbukit yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Kawasan yang juga populer sebagai sentra kerajinan kayu jati ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Berikut 9 tempat wisata populer dan hits di Bojonegoro.

1. Negeri Angin

Negeri Angin merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Bojonegoro yang saat ini menjadi primadona wisata alam. Properti wisata ini terletak di sebuah bukit milik kawasan Desa Deling, Kecamatan Sekar dengan Kabupaten Madiun sebagai perbatasan. Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang berada di ketinggian sekitar 650 mdpl, dengan pemandangan alam yang begitu menawan.

Windward Land ini berbentuk perbukitan dengan suasana alam yang asri dan sejuk serta jauh dari kebisingan kota. Bukit yang terjal mampu memukau setiap pengunjung untuk mendakinya demi pemandangan alam yang memanjakan mata.

Bukit ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Cinta karena konon bukit ini merupakan tempat bertemunya Ratu Sekar Sari dan Raden Atas Aji. Mereka sering menikmati indahnya mentari dan matahari terbit bersama di puncak bukit cinta.

2. Wisata alam Growgoland

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bojonegoro adalah wisata alam Growgoland. Jenis wisata gintir di desa Ngunut Dander ini menjadi primadona baru bagi masyarakat.

Wisata ini bisa memacu adrenalin karena pengunjung disediakan ban donat sebagai media squish. Banyaknya bebatuan besar saat ini membuat wisata ini cukup menantang, meski arusnya tidak begitu kuat.

Tempat wisata yang menjadi tujuan wisata populer ini menawarkan wahana dengan rute sekitar 300 meter dengan didampingi oleh tour guide profesional di bidangnya. Selain itu, pengunjung juga bisa berenang di kawasan ini karena kedalaman airnya hanya 1,5 meter.

Kawasan wisata alam Growgoland yang cukup luas memungkinkan pengunjung untuk berkemah bersama keluarga dengan dikelilingi pepohonan yang rindang.

3. Batu Gandul

Watu Gandul merupakan objek wisata yang menarik wisatawan karena terdapat batu-batu besar yang bertekstur indah, seperti sentuhan arsitek profesional masa lalu.

Masyarakat awam menyebut wisata ini Watu Gundul karena posisi bebatuannya yang tersusun menjuntai (menggantung). Dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi dan rindang, tempat wisata ini memiliki keistimewaan yang memukau pengunjung. Bebatuan di tempat wisata ini tertata begitu apik karena terdapat tiga buah batu besar yang berjarak dua meter saling bergelantungan. Watu Gandul bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang menyukai tantangan karena tingginya sekitar 50 meter dari permukaan tanah.

Keberadaan batuan yang dirancang dengan indah ini konon merupakan hasil letusan gunung Pandan di masa lalu. Wisata ini berlangsung di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro.

4. Tambang Minyak Tradisional (Little Texas Bojonegoro)

Tambang minyak tradisional tersebut terletak di Desa Hargomulyo dan Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro. Destinasi wisata yang dibanggakan daerah ini adalah adanya tambang minyak yang dibuat secara tradisional dengan cara digambar.

Sumur minyak yang digali di daerah ini secara tradisional mencapai kedalaman 800 meter ke dalam perut bumi.

Tempat wisata ini merupakan situs geoheritage minyak bumi dimana pengunjung dapat melihat langsung bagaimana minyak bumi diproses di tambang tradisional.

Simak berita selengkapnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button