9 Tempat Wisata Edukasi Tematik Madiun yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

9 Tempat Wisata Edukasi Tematik Madiun yang Wajib Dikunjungi

1. Makam dan Masjid Kuno Taman

Tempat wisata di Madiun yang bersifat edukasi adalah Taman Makam Purba dan Masjid. Wisata edukasi peninggalan sejarah ini terletak di desa Taman, Madiun. Nama lain tempat wisata edukasi di Madiun ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Agung Tua Madiun.

Tempat wisata edukasi di Madiun ini dibangun pada tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro. Masjid yang awalnya bernama Masjid Donopuro ini didirikan di atas tanah atau pertanahan bebas pajak Kerajaan Mataram.

Setelah masjid tua yang dikelilingi makam mantan Bupati Madiun ini masuk dalam daftar cagar budaya peninggalan tahun 1981, namanya diubah menjadi Masjid Agung Madiun Lama.

2. Desa Penuh Warna

Tempat wisata di Madiun yang bersifat edukatif adalah kampung warna-warni. Awalnya, kampung warna-warni itu merupakan kawasan kumuh dan tak terawat. Kini masyarakat setempat telah mengubahnya menjadi tempat wisata warna-warni yang layak untuk di-Instagram, cocok dikunjungi bersama anak-anak untuk tujuan edukasi.

Tempat wisata edukasi di Madiun ini terletak di Jalan Jatijajar. Tempat wisata di Madiun ini juga dihiasi lukisan mural. Tak heran jika banyak orang mengira Kampung Warna-Warni mirip dengan Kampung Budaya Gamcheon di Busan, Korea.

3. Situs Sejarah Nglambangan

Tempat wisata edukasi di Madiun adalah Situs Sejarah Nglambangan. Situs ini terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, tepatnya delapan kilometer arah timur kota Madiun.

Tempat wisata di Madiun ini memiliki sejumlah peninggalan yang diyakini sudah ada sejak zaman Majapahit. Terdapat bangunan dan artefak yang bertahan hingga saat ini seperti Candi Lambangsari, Watu Dakon yang biasanya digunakan untuk menyimpan pusaka, Punden, Lumbung, Sumur Purba dan Mata Air Jambangan.

4. Kawasan Wisata Anggur

Tempat wisata di Madiun yang bersifat edukasi adalah wisata anggur. Tempat ini terletak lima belas kilometer dari kota Madiun, atau tepatnya di desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun ini terdapat sebuah tempat wisata bernama Wana Wisata Anggur.

Di tempat wisata edukasi di Madiun ini, pengunjung dibenamkan dalam nuansa hutan yang asri berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini, mulai dari bersepeda, hiking, bermain di sungai hingga berkemah.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button