9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Unik dan Banyak Dicari - WisataHits
Jawa Tengah

9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Purwokerto, Unik dan Banyak Dicari

Jakarta, CNN Indonesia

Oleh-oleh khas Purwokerto yang terkenal di kalangan wisatawan tidak hanya gethuk goreng saja. Kota ini memiliki berbagai variasi oleh-oleh lainnya yang dapat Anda bawa pulang, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan masyarakat setempat.

Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini mendapat banyak sekali julukan salah satunya adalah kota wisata.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Julukan ini diberikan oleh para karena kota ini memiliki beragam tempat wisata menarik seperti wisata alam Baturaden hingga wisata sejarah Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Jika Anda sedang berlibur ke Purwokerto, sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas kota ini untuk orang tersayang.

1. Gethuk goreng Purwokerto

Seperti namanya, gethuk goreng merupakan makanan tradisional yang diolah dengan cara digoreng. Makanan tradisional berbahan dasar singkong yang dipadukan dengan gula merah.

Cita rasa legit dan empuk membuat gethuk goreng banyak disukai, sehingga tak nah jika makanan khas satu ini menjadi incaran setiap wisatawan yang datang.

Jika penasaran dengan rasanya, Anda dapat menemukan di pusat oleh-oleh yang ada di Purwokerto dengan harga mulai dari Rp15 ribu saja.

2. Tempe mendoan

Tempe Mendoan atau jajanan tradisional Indonesia yang populer dari Pulau Jawa terbuat dari irisan tempe atau tempe, dicampur dengan tepung dan beberapa bumbu kemudian digoreng.  Disajikan di piring bambu di atas anyaman rotan matt dengan sambal dan sambal kecap.  Tampilan atas, latar belakang kayu gelap.Tempe mendoan adalah salah satu oleh-oleh khas Purwokerto (iStockphoto/Cholifah Cholifah)

Daerah Purwokerto juga terkenal dengan gorengan traditional ini. Proses pembuatannya terbilang sederhana, yaitu potongan tempe yang tipis dicelupkan ke dalam adonan tepung beras dan digoreng hingga setengah matang mendo dalam bahasa jawa.

Yang menjadi ciri khas mendoan Purwokerto adalah hasil warna gorengannya yang cenderung putih pucat, tidak kuning seperti mendoan dari kota lain. Ini karena mendoan khas Purwokerto tidak menambahkan pewarna seperti kunyit.

3. Keripik tempe

Masih seputar tempe, camilan satu ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Purwokerto dan sekitarnya memang banyak terdapat sentra pengolahan tempe.

Cara pengolahan keripik tempe Purwokerto tidak jauh berbeda dengan tempe mendoan. Hanya saja keripik tempe diiris lebih tipis dan digoreng sampai kering seperti keripik.

4. Lumpia boom

Lumpia khas Rumah Makan Semarang.Lumpia adalah salah satu oleh-oleh khas Purwokerto (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Umumnya lumpia yang dikenal berasal dari Semarang. Namun ternyata di Purwokerto juga terdapat lumpia yang tak kalah lezat. Lumpia boom khas Purwokerto ini cukup unik, yaitu ukurnya lebih besar dari lumpia pada umumnya.

Isian dari Lumpia Boom cukup bervariasi dan Anda bisa memilihnya sesuai selera. Jika Anda sedang berada di Kota Purwokerto jangan lewatkan untuk menjadi kudapan satu ini.

Spanduk gif Allo Bank

Oleh-oleh sebelah Purwokerto lainnya, lanjut…

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Purwokerto

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button