8 Wisata Tretes Yang Wajib Dikunjungi Di Pasuruan Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

8 Wisata Tretes Yang Wajib Dikunjungi Di Pasuruan Jawa Timur

Apa yang istimewa dan unik dari potensi wisata Tretes di Pasuruan, Jawa Timur? Liputan6.com Menurut laporan dari berbagai sumber, kawasan wisata Tretes ini memiliki banyak air terjun yang indah, berikut ulasannya:

5. Air Terjun Kakek Bodoh

Air Terjun Kakek Bodo berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Surabaya. Dapat ditempuh 1 jam perjalanan darat. Karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Arjuno, pemandangan di sepanjang jalan setapak rimbun dengan tanaman hijau.

Dari pintu gerbang menuju lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki menanjak sekitar 2 km dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan trek yang berlumpur dan licin, pengelola telah membuatkan akses jalan yang baik sehingga memudahkan semua pengunjung dari segala usia untuk melewatinya.

Dalam perjalanan menuju wisata Tretes ini, mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan. Air Terjun Opa Bodo sendiri memiliki ketinggian pancuran hingga 40 meter dan airnya berasal dari Sungai Kaligetik. Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat pertapaan seorang kakek bernama Kakek Bodo.

6. Air Terjun Alap Alap

Air Terjun Alap Alap merupakan potensi wisata Tretes yang letaknya tidak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, tepat diatasnya. Air Terjun Alap Alap memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki tiga tingkat. Medan setelah Tretes cukup curam sehingga tidak banyak orang yang mencapainya. Namun, keindahan air terjun ini tidak perlu diragukan lagi.

7. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno adalah wisata pedal di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air terjun ini dikenal sebagai legenda kisah cinta Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari yang hidup pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Konon wisata Tretes ini adalah tempat dimana Putri Sri Gading Lestari diusir dari pertemuan dengan pangeran lagi. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya bisa bersatu untuk mengatasi rintangan yang saling bersilangan. Sampai saat ini, wisatawan percaya bahwa jika Anda mengunjungi air terjun Putuk Truno, Anda akan diberkahi dengan cinta abadi.

8. Air Terjun Kebo Glung

Air Terjun Kebo Gulung merupakan potensi wisata Tretes yang sayang untuk dilewatkan. Situs ini terletak di kawasan hutan pinus Perhutani (Restoran Pesanggrahan, Prigen). Wisata Tretes dapat ditemukan di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut (dpl).

Kedalaman wisata Tretes ini sekitar 2 meter dan tingginya mencapai 151 meter. Ini termasuk air terjun atau coban tertinggi di Kabupaten Pasuruan. Dibandingkan dengan air terjun lain di Pasuruan, kawasan Coban Kebo Gulung masih mudah ditemukan satwa hutan.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button