8 Tempat Wisata Alam Ponorogo Terbaik yang Dikunjungi Lagi, Simak Daftarnya - WisataHits
wisatahits

8 Tempat Wisata Alam Ponorogo Terbaik yang Dikunjungi Lagi, Simak Daftarnya

8 Tempat Wisata Alam Ponorogo Terbaik yang Dikunjungi Lagi, Simak Daftarnya

Wisata Alam Ponorogo – Ponorogo yang merupakan kota kecil di Jawa Timur tidak terlalu banyak. Ini bahkan bisa dihitung dengan jari, hanya pesona sirkuit yang diusulkan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Meski tidak ada pantai yang eksotis. Namun, Ponorogo memiliki pegunungan dan perbukitan yang indah.

Tidak hanya itu, kota yang terkenal dengan kesenian Reognya ini juga memiliki wisata religi yang tidak boleh dilewatkan. Menariknya, berbagai kawasan wisata yang bisa Anda kunjungi memiliki suasana dan nuansa yang akan membuat Anda terkagum-kagum dan betah berlama-lama.

Tengok sejarah Ponorogo, kota Ponorogo sendiri terdiri dari dua kata. Pramana yang memiliki rasa kekuatan dan rahasia hidup. Sedangkan tubuh fisik adalah arti dari Tubuh.

Jika Anda ingat, nama Ponorogo sendiri berasal dari musyawarah antara Raden Bathara Katong, Seloaji, Jayadipa dan Kyai Mirah.

Wisata Alam Ponorogo untuk Menemani Akhir pekanmilikmu

Kota sejuta perjuangan, cerita demi cerita terukir di Ponorogo, membuat Ponorogo tetap melekat di hati semua orang yang mengenalnya. Selain patung bersejarah yang selalu terkesan istimewa, Ponorogo juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Hampir di setiap jengkalnya Anda akan menemukan tempat wisata di Ponorogo yang akan memberikan pengalaman berbeda selama Anda berkunjung.

Kini, Ponorogo memiliki fokus wisata yang diminati anak muda, mulai dari wisata air terjun di Ponorogo hingga wisata pantai yang tersebar di Ponorogo. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Ponorogo, berikut informasinya untuk Anda:

1. Gunung Beruk

Obyek Wisata Gunung Beruk via @haqqanmuafiObyek Wisata Gunung Beruk via @haqqanmuafi

Lokasi: Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur

Gunung Beruk, tepatnya di lokasi desa Karang Patihan, kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur. Satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah gubuk kayu kopi.

Di sini Anda juga akan disuguhkan dengan pesona hutan pinus yang mengesankan dan berbagai oleh-oleh yang menawan. Mulai dari tampilan yang cukup fresh, cantik, hingga nuansa yang memang tidak bisa Anda lupakan.

Apalagi ada juga subjek monyet di atas, sehingga berfungsi hampir seperti payung alami. Tidak kalah menarik juga. Mendaki ke atas sini, Anda bisa melihat segala pemandangan menghijau yang menyejukkan hati dan pikiran.

Harga tiket masuk Gunung Beruk relatif murah yaitu Rp 5.000.

2. Watu Semaur

Watu Semaur yang legendaris via @masgagukWatu Semaur yang legendaris via @masgaguk

Lokasi: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo

Dari namanya saja sudah cukup unik. Sebuah tempat wisata alam baru di Ponorogo kiranya bisa menjawab loh? Cobalah berteriak di tempat ini, maka suaranya akan bergema. Nah, karena itulah sebagian orang menyebutnya dengan nama Watu Semaur.

Dalam bahasa Jawa disebut batu dan kita jawab semaur. Maka dari itu, nama objek wisata ini adalah batu karang yang bisa menjawabnya.

Menariknya, ada mitos yang tumbuh di hutan tersebut, seperti halnya persembunyian. Dimana ada calon mempelai yang hendak melangsungkan pernikahan lima hari sebelum hari pernikahannya dilarang memasuki kawasan tersebut.

Harga tiket masuk wisata alam Ponorogo ini gratis.

3. Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe via @bimogokilAir Terjun Coban Lawe via @bimogokil

Lokasi: Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Tempat menarik di Ponorogo selanjutnya adalah air terjun yang namanya hampir sama dengan nama air terjun yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Tapi apakah kecantikan itu sama? Mari lanjutkan pencarian.

Menuju Coban Lawe, Anda akan disuguhi tontonan yang tidak biasa. Terdapat sawah terasering yang menghijau menghadirkan nuansa pedesaan yang segar dan menyejukkan. Bebas dari berbagai permasalahan perkotaan yang sarat dengan polusi udara.

Menuju Coban Lawe adalah alternatif terbaik, jika ingin mengunjungi tempat yang masih teduh dan tenang.

Bukan hanya sawah. Anda juga bisa menikmati trek yang berkelok-kelok dan berputar seperti ular. Jalur naik turun pelat harus Anda lewati. Keringat dan air mata akan keluar dengan sendirinya mengiringi perjalanan Anda.

Memang melelahkan, tapi ini pengalaman luar biasa yang tidak akan pernah terlupakan.

Menariknya, Coban Lawe memiliki 4 level stunt yang sayang jika dilewatkan semuanya. Sekarang di setiap level Anda harus melewati hutan. Jangan sampai kena sasaran, karena penghuni hutan ini kabarnya akan ke Kediri.

Ikuti petunjuk warga setempat karena saat menuju air terjun ini, tidak ada penanda yang mengarahkan Anda menuju tempat ini.

4. Gua Lowo Ponorogo

Gua Macan dan Gua Lowo via wspamungkas-groboganGoa Lowo via wspamungkas-grobogan

Lokasi: Dusun Bocorejo, Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo

Ternyata nama Gua Lowo juga terletak di Ponorogo. Untuk memanfaatkan enchantment, kamu harus jeli karena tidak banyak petunjuk. Penggunaan Goa Lowo karena di tempat ini banyak kelelawar berkeliaran kesana-kemari.

Tak jauh dari tempat ini Anda akan menemukan sebuah kafe yang bisa dijadikan penunjuk jalan. Kawasan hutannya sendiri cukup sepi. Secara alami, Goa Lowo tidak berbuat banyak.

Pintu masuk goanya sendiri cukup lebar dan dangkal. Dianjurkan untuk menggunakan obat nyamuk terlebih dahulu. Karena di dalam goa banyak sekali nyamuk yang siap menggigit anda.

Stalaktit dan stalagmitnya cukup mengesankan. Meski belum menjadi pesona wisata unggulan. Namun, kecantikannya memikat. Di goa ini sendiri memiliki relung yang cukup dalam. Saat berjalan di sana, Anda harus berhati-hati karena ada air yang membuat jalan menjadi licin.

Ketika Anda memasuki tempat wisata ini, jangan tanya di mana letak kebebasannya. Karena sudah lama mereka pergi dan tidak lagi menghuni gua ini.

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo Nan AsriHutan Pinus Nongko Ijo Nan Asri

Lokasi: Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiu

Hutan Pinus Nongko Ijo merupakan objek wisata di dekat Ponorogo yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke sini ingin mencoba potret-potret seru dengan pesona alam yang indah. Bahkan di tempat wisata alam Ponorogo yang baru ini juga banyak yang melakukan foto prewedding di sini.

Hutan Pinus Nongko Ijo terletak di Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. Pinus didalamnya sebenarnya ditanam dari tahun 1981 dan berada di Hutan Lindung di sebidang 28 RPH (Resor Pengelolaan Hutan).

Di sini, suasananya juga sangat teduh dan Anda tidak akan menemukan kehangatan sedikitpun di tempat wisata populer ini. Kemari bareng kekasih, seru juga pastinya.

6. Bukit kapur

perbukitan kapurperbukitan kapur

Alamat : Hutan Negara, Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Wisata ini juga hits di kalangan anak muda. Selama ini menjadi spot foto anak muda yang sedang naik daun.

Awalnya tempat ini adalah Gunung Kapur, kemudian karena terus menerus digali sehingga terlihat seperti lubang indah yang banyak digunakan untuk berfoto hingga sekarang. Disini anda akan mendapatkan pesona tambang tua yang sangat bagus dan menakjubkan.

7. Seruput Puncak

Pic Slurup via @khafid_mePic Slurup via @khafid_me

Lokasi: Kawasan Gunung Wilis, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo

Bagi anda yang menyukai suasana romantis yang tenang, syahdu dan berkabut, anda bisa datang dan mengunjungi tempat wisata Puncak Slurup. Obyek wisata Puncak Slurup ini menyuguhkan pemandangan panorama pegunungan yang sangat memukau.

Slurup Peak Tour sendiri sangat cocok untuk berfoto selfie dengan kabut yang terlihat indah dan penuh pesona. Jangan lupa untuk berfoto selfie dan ajak teman untuk berfoto bersama pemandangan indah Puncak Slurup Ponorogo.

8. Telaga Nbel

Obyek wisata Danau Ngebel via @ikhwan_tamaObyek wisata Danau Ngebel via @ikhwan_tama

Lokasi: Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo

Ada juga objek wisata alam di Ponorogo berupa danau alam yang asri dan asri. Nama tempat wisata ini adalah Danau Ngabel Ponorogo. Danau Ngabel berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo.

Wisata Danau Nbel sendiri berjarak sekitar 5 km dengan suhu sekitar 20-26 derajat Celcius. Tempat ini kini menjadi salah satu tujuan utama sebagian besar wisatawan yang datang berkunjung ke Ponorogo.

* * * * *

Nah berikut beberapa tempat wisata alam di ponorogo dari yang laris hingga terbaru yang wajib anda kunjungi. Setelah mengagumi keindahan alam Ponorogo, tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas Ponorogo seperti gethuk golan, dawet jabung, wedang cemoe atau utri.

Semoga referensi kami kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi anda yang ingin berwisata ke kota Ponorogo. Selamat berlibur. Berbahagialah !!

Kunjungi juga: 29 tempat wisata di Madiun

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button