8 Tempat Makan Coto Makassar Paling Enak dan Terkenal di Jakarta, Murah! - WisataHits
wisatahits

8 Tempat Makan Coto Makassar Paling Enak dan Terkenal di Jakarta, Murah!

8 Tempat Makan Coto Makassar Paling Enak dan Terkenal di Jakarta, Murah!

Coto Makassar di Jakarta – Coto Makassar merupakan salah satu Coto yang populer dengan bumbunya dan juga terkenal dengan rasanya yang enak. Orang Makassar tidak menyebutnya Soto seperti di daerah lain melainkan Coto.

Ternyata selain enak, Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar yang dipercaya sudah ada sejak zaman Kerajaan Gowa. Coto Makassar bukan sekedar soto, melainkan perpaduan antara seni dan cita rasa tinggi yang terkandung dalam sajian yang khusus disajikan untuk keraton Gowa.

Namun sebagian warga Makassar mengatakan Coto Makassar merupakan kuliner yang dibuat oleh rakyat jelata dan disajikan kepada para pengawal kerajaan sebelum mereka bertugas menjaga kerajaan di pagi hari.

Coto Makassar dibuat dari perpaduan tradisi Tionghoa yang sudah ada sejak abad ke-16 di Makassar. Menggunakan bumbu kuno, kuah Tao-co dipadukan dengan 40 macam rempah asli Makassar (Rampah Patang Pulo).

Coto Makassar merupakan makanan berkuah dengan aroma rempah yang kental. Kekhasan lain dari Coto Makassar adalah pengolahan daging serta jeroan, hati, jantung, limpa, usus dan jeroan sapi. Dimana di beberapa soto daerah lain tidak menggunakan isi perut sapi utuh.

Dengan perlakuan khusus jeroan sapi melengkapi kelezatan Coto Makassar, ada yang mengatakan tanpa jeroan maka Coto Makassar akan kehilangan cita rasa.

Dari cerita tersebut diduga bahwa keberadaan soto lain di Indonesia pada awalnya terinspirasi dari Coto Makassar, seperti Soto Tegal, Soto Madura, Soto Betawi yang dibawa oleh para pelaut Bugis Makassar yang melakukan perjalanan di Nusantara.

Coto Makassar sangat terkenal saat itu, apalagi di kota-kota besar lainnya selain Makassar banyak tempat di Jakarta. Salah satu menu yang paling populer adalah Sop Konro.

Sop Konro menggunakan kuah Coto Makassar dan menggunakan iga yang belum dipotong, biasanya disajikan 1-2 potong iga, dan ada pilihan Sop Konro Bakar yang khusus untuk iga bakar dengan bumbu kacang, dan disajikan dengan kuah Coto Makassar, dimakan dengan gratis -beras atau nasi suam-suam kuku.

Tempat makan Coto Makassar di Jakarta

Berikut 5 tempat makan Coto Makassar dan sop konro bakarnya

1. Warung Mamik Daeng Tata

Warung Mamak Daeng Tata Warung Mamak Daeng Tata

  • Alamat: Jalan Casablanca No. 33, Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan
  • Telepon: (021) 8315555
  • Jam buka 09.00 – 21.00

Warung Mamink Daeng Tata sudah berdiri sejak tahun 1996, dan merupakan salah satu warung yang tidak pernah sepi pengunjung untuk menikmati Coto Makassar, tempat parkirnya tidak pernah sepi dan seringkali mobil pengunjung menghalangi jalan di Tebet.

Selain Coto Makassar, menu andalan lainnya adalah Konro Bakar. Menawarkan banyak menu lain khusus masakan Makassar, bagi yang tidak suka masakan daging bisa memilih olahan ikan, bandeng dan seafood yang tersedia sesuai pesanan. Harga satu porsi Coto Makassar Rp 58.000, belum termasuk nasi atau ketupat.

2. Warung Sop Konro Karebosi

Warung Sop Konro KarebosiWarung Sop Konro Karebosi via Journalpost

  • Alamat: Jl. Raya Boulevard No.41, Klp. Gading, Jakarta Utara
  • Telepon (021) 4520990
  • Jam buka 10.00 – 22.00

Sop Konro Karebosi, salah satu catering house Makassar di Jakarta, telah berdiri sejak tahun 1993 dan berlokasi di Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pendirinya adalah Haji Hanaping.

Sop Konro Karebosi memiliki resep rahasia yang diwariskan secara turun temurun, sehingga dijamin kelezatan dan cita rasa otentik dari Coto Makassar, Sop Konro dan makanan Makassar lainnya.

Salah satu menu andalan selain Coto Makassar, Sop Konro, ada juga bandeng bakar. Restorannya nyaman dan pelayanannya baik, sehingga Rumah Makan Sop Konro Karebosi selalu ramai dikunjungi pelanggan. Untuk satu porsi Coto Makassar Rp 35.000 dan Sop Konro Rp 65.000 per porsi.

Kunjungi juga: 69 tempat wisata di Jakarta

3. Raja Konro Daeng Naba Ampera

Raja Konro Daeng Naba AmperaRaja Konro Daeng Naba Ampera

  • Alamat: Jl. Ampera Raya No.17y, RT.7/RW.2, Ragunan, Kec. Ps.Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Telepon (s: (021) 7804438
  • Jam operasional buka 24 jam

Raja Konro Daeng Naba Ampera bagi pecinta Coto Makassar dan juga penggemar Konro merupakan rekomendasi untuk dikunjungi.

Ada menu yang sedikit berbeda dengan Coto Makassar lainnya yaitu “Konro Bakar Kepiting Afrika Pedas”, kombinasi iga bakar dengan topping saus kepiting dan dipadukan dengan saus Coto Makassar yang pedas dan kaya akan bumbu, yang membuat itu hidangan istimewa. Untuk dinikmati dengan nasi panas atau daging makasar cincang.

Raja Konro Daeng Naba Ampera via IG @rajakontodaengnabaRaja Konro Daeng Naba Ampera via IG @rajakontodaengnaba

Ada juga menu lainnya yaitu olahan seafood dan bandeng, dilengkapi dengan dessert dari Es Pisang Ijo. Harga seporsi Sop Konro Rp 45.000 untuk porsi kecil dan Rp 75.000 untuk porsi normal.

4. Restoran Marannu Kelapa Gading

Restoran Marannu Kelapa GadingRestoran Marannu Kelapa Gading

  • Alamat: Raya Boulevard Blok TA 2 No. 27, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Telepon (021) 4520155
  • Jam buka 00 – 22.00

Restoran Marannu mungkin merupakan salah satu tempat Coto Makassar sekaligus restoran khas Makassar pertama di Kelapa Gading Jakarta yang didirikan pada tahun 1984.

Menawarkan menu khas Makassar yaitu Coto Makassar dan juga menu yang paling diminati oleh banyak warga Jakarta yaitu Sop Konro dan Konro Bakar serta menu berbahan dasar seafood lainnya.

Restoran yang luas dan pelayanan yang cepat akan membuat pengunjung lebih nyaman menyantap makanan yang dipesan maupun pesanan tambahan lainnya.

Restoran Marannu memiliki resep rahasianya sendiri, sehingga menikmati Coto Makassar di sini akan memberikan Anda pengalaman mencicipi Coto Makassar lainnya serta sop konro dari tempat yang berbeda.

Buat rekomendasi untuk mencoba dan mencicipi Coto Makassar dan racikan Makassar lainnya di resto Marannu Kelapa Gading. Harga satu porsi Coto Makassar sekitar Rp35.000 per porsi dan Sop Konro sekitar Rp75.000 per porsi.

Hentikan juga: 26 Wisata Kuliner Pantai Kapuk Indah

5. Coto Makassar Ampera Daeng Memang

Coto Makassar Ampera Daeng Efektif via IG @sbykulinerinfoCoto Makassar Ampera Daeng Efektif via IG @sbykulinerinfo

  • Alamat: Jl. Ampera Raya No.17Y, Ragunan-Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
  • Telepon (021) 7804438
  • Jam buka 00 – 21.00

Coto Makassar Ampera Daeng Memang salah satu resto Coto Makassar yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini menyajikan menu masakan Makassar, Coto Makassar, Sop Konro, Konro Bakar dan juga seafood Makassar lainnya.

Selain menyediakan jajanan pasar dan jajanan dari Makssar, Jalangkote, Cucuru Bayao, Songkolo, Barongko untuk jajanan pasar dan wajib anda kunjungi di pagi hari untuk menikmatinya karena biasanya lebih cepat habis dan lebih awal.

Untuk jajanan yang tersaji di meja makan ada emping, rempeye, canggreng, kacang disco dan juga biji ketapang, hampir semua makanan yang disajikan adalah homemade. Harga satu porsi Coto Makassar sekitar Rp 35.000 hingga Rp 75.000 untuk Sop Konro.

6. Warung Coto Makassar Senen

Warung Coto Makassar SenenWarung Coto Makassar Senen

  • Alamat: Jl.Kramat Raya/Soka, Daeng Ngawing No.2, RT.4/RW.2, Kramat, Kec. Senin, Pusat Kota Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Telepon 0852-8596-9135
  • Jam buka 07.00 – 23.00

Rekomendasi tempat makan coto Makassar di Jakarta selanjutnya adalah warung senen coto Makassar yang lebih khusus berada di jalan raya suci.

Tempat makan ini tidak terlalu besar, namun menawarkan cita rasa coto Makassar yang otentik yang tentunya sangat nikmat.

Pengunjung yang datang ke stand coto Makassar Senen ini pasti akan ketagihan dan ingin datang kembali, tempat makan ini menawarkan 2 pilihan bagi anda yang ingin makan coto disini yaitu dengan makan coto dengan nasi atau dengan buras Makassar. Jadi anda bisa mengaturnya sesuai dengan selera anda.

Jika Anda ingin makan di sini saat jam makan siang, lebih baik datang lebih awal, karena tempat ini selalu ramai saat jam makan siang, saya khawatir Anda tidak akan mendapat tempat.

Juga coba: 29 Restoran Seafood Lezat di Jakarta

7. Coto Makassar Daeng Rahman

Coto Makasar Daeng RahmanCoto Makassar Daeng Rahman via Zomato

  • Alamat: Taman Kuliner Ampera, Jl. Ampera Raya No.11, Cilandak, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Telepon 0852-8282-6699
  • Jam buka 09.00 – 21.00

Tempat makan coto Makassar di Jakarta selanjutnya adalah warung coto Makassar Daeng Rahman yang berlokasi di Taman Kuliner Ampera, Jalan Ampera Raya nomor 11, Cilandak, Jakarta Selatan.

Jadi buat kalian yang berada di kawasan Cilandak, mampir ke warung Daeng Rahman ini pasti direkomendasikan. Karena selain warung coto Makassar di sekitar Taman Kuliner Ampera, masih banyak kuliner lainnya.

Coto Makassar Daeng Rahman via IG @cotodaengrahmanCoto Makassar Daeng Rahman via IG @cotodaengrahman

Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati coto dengan belah ketupat, tapi juga coto dengan free range. Selain menyediakan coto khas Makassar, warung Daeng Rahman juga menawarkan berbagai kuliner nikmat dan segar lainnya, sop konro, palubasa, bawal bakar, bandeng, kerapu bakar, es krim dengan pisang ijo, dengan pisang epe.

Untuk menikmati coto khas Makassar di sini, Anda hanya perlu merogoh kocek yang lumayan Rp 30.000. Jika ingin singgah mencicipi coto disini, silahkan datang saja dari pukul 08:00 sampai 21:00 WIB.

8. Cabang Warung Coto-Kendari

Cabang Warung Coto-Kendari melalui IG @kulinertulungagungCabang Warung Coto-Kendari melalui IG @kulinertulungagung

  • Alamat: Jl. Guru Mughni No.80, Karet, Semanggi, Setabudi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Telepon 0852-8282-6699
  • Jam buka 09.00 – 21.00

Rekomendasi terakhir tempat makan coto Makassar di Jakarta yang kami rekomendasikan adalah warung coto-kendari cabang yang berlokasi di Setiabudi tepatnya di Jalan Guru Mughni.

Warung Coto yang satu ini dikenal sebagai salah satu penyedia kuliner legendaris Makassar dengan rasa yang super nikmat plus kuah yang segar dan juga bumbu yang pas.

Selain menyediakan coto, stand coto cabang Kendari ini juga menawarkan iga bakar konro yang enak, yang juga kami rekomendasikan.

Toko ini menjual sebagian coto Makassar dengan harga mulai dari Rp 49.000. Nah buat kalian yang penasaran dengan Coto Makassar yang ada di warung ini, yuk langsung aja kebawah!

* * * * * * *

Demikian ulasan mengenai rekomendasi tempat makan coto Makassar di Jakarta yang bisa kamu kunjungi tanpa harus jauh-jauh datang ke Makassar disana. Karena banyak tempat makan di Jakarta yang menawarkan coto otentik dengan tetap mempertahankan cita rasa asli Makassar.

Menikmati! Semoga bisa menjadi referensi wisata kuliner untuk anda dan keluarga.

Juga jangan lewatkan: 41 tempat kuliner di Jakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button