8 Sajian Khas Banyuwangi Paling Enak yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Jalan - WisataHits
Jawa Timur

8 Sajian Khas Banyuwangi Paling Enak yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Jalan

8 Sajian Khas Banyuwangi Paling Enak yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Jalan

SurabayaNetwork.id – Tentu saja, ketika mendengar kata Banyuwangi, Anda langsung memikirkan tujuan wisata dan makanan khasnya.

Banyuwangi yang terletak di Jawa Timur terkenal dengan destinasi wisata alam dan makanan khas Banyuwangi yang patut diacungi jempol.

Khusus bagi anda pecinta makanan pedas, jika anda sedang dalam perjalanan ke Banyuwangi wajib mencobanya. Karena beberapa di antaranya memiliki rasa yang sedikit pedas.

Baca Juga: Granat Nanas Era Belanda Ditemukan di Taman Surya, Balaikota Surabaya, Ditemukan Bom Diturunkan

Seperti yang sudah dikutip SurabayaNetwork.id Bersumber dari berbagai sumber, berikut 8 makanan khas Banyuwangi terlezat yang wajib dicoba saat singgah di perjalanan.

1. Rujak Soto
Tentunya saat mendengar Rujak Soto, Anda akan terbayang keunikannya. Makanan khas Banyuwangi ini merupakan gabungan dari dua kuliner yaitu rujak dan soto.
Semangkuk soto rujak adalah sup daging sapi, babat, atau ayam yang disajikan dengan irisan ketimun, tempe, kangkung, tauge, daun turi, dan lontong. Tak lupa dilengkapi dengan bumbu kacang yang dicampur dengan petis.

2. Sego Tempong
Sego Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang rasanya enak dan cocok untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.
Sego dalam bahasa Jawa berarti nasi sedangkan Tempong dalam bahasa Jawa berarti tampar, jadi Sego Tempong secara harfiah berarti nasi yang ditampar.
Sego tempong adalah nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti selai ikan, tahu, dan tempe goreng, lengkap dengan lalapan yaitu kencur, kol, bayam, kemangi, dan sambal.

3. Sego Cawuk
Sego cawuk atau nasi cawuk merupakan makanan khas Banyuwangi yang di dalamnya terdapat kuah pindang yang dicampur dengan bahan lainnya.
Sego Cawuk adalah nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pedas seperti Pepe’s Fish, Pepe’s Cumi, Pepe’s Pindang dan Pepe’s Kikil.
Sego Cawuk juga mendapat kelapa parut bakar, serutan jagung bakar bumbu, telur, dan kerupuk.

4. Sego Kalak
Sego Kalak merupakan nasi campur khas Banyuwangi yang memiliki berbagai jenis lauk yang disajikan bersama nasi.
Lauk pauk ini bisa bermacam-macam mulai dari pasta, suwiran ayam pedas, perkedel jagung, telur, serundeng hingga wortel goreng dan kacang hijau serta saus sambal yang sangat khas.
Sambal Kalak sendiri merupakan sambal khas Banyuwangi yang dibuat dengan campuran terasi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button