8 Rekomendasi Tempat Malam Tahun Baru di Bandung yang Diincar Warga dan Wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

8 Rekomendasi Tempat Malam Tahun Baru di Bandung yang Diincar Warga dan Wisatawan

bandung

Menyambut Tahun Baru, Detiker sudah punya rencana Tahun Baru, di Bandung mana? Hampir seluruh titik di Kota Bandung diperkirakan akan ramai hari ini. Ada banyak pilihan untuk malam tahun baru di Bandung. Simak rekomendasi lokasi malam pergantian tahun berikut ini, termasuk tempat melihat kembang api di kota Bandung.

1. Bepergian Asia Afrika

Kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung diperkirakan masih menjadi primadona wisatawan yang berlibur ke Bandung. Di sini pengunjung bisa memotret terowongan ikonik dengan kutipan dari Pidi Baiq dan MAW Brouwer.

Meski begitu, salah satu ciri khas jalan Asia-Afrika adalah para cosplayer pahlawan super berpikiran adil yang nongkrong di trotoar. Pengunjung bisa berswafoto sambil berkendara melewati Jalan Asia Afrika hingga Alun-Alun Bandung. Di sana mereka ingin bertemu dengan para cosplayer yang berdiri di jalan.

2. Masjid Raya Bandung – Pasar Baru

Jalan Asia Afrika merupakan pusat kota yang dekat dengan destinasi wisata. Masih di sepanjang jalan Asia-Afrika terdapat Alun-alun Bandung yang menjadi andalan warga Bandung Raya untuk berkumpul.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak akan membuka Lapangan Bandung untuk kepentingan umum pada perayaan malam tahun baru 2023 guna mencegah gangguan akibat masalah sosial, kesehatan, dan ketertiban umum.

Pada malam pergantian tahun, warga tidak sembarangan membuang sampah

Meski demikian, dipastikan kawasan tersebut masih akan dihuni oleh manusia. Pasalnya, setiap hari masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat biasa memadati pinggiran Masjid Raya Bandung, Parahyangan Plaza, Pasar Baru dan sekitar Jalan Karapitan.

Di sini traveler bisa melihat menara kembar Masjidil Haram, berbelanja di kawasan Parahyangan Plaza, menunggu pergantian tahun, dan menyalakan kembang api bersama.

Saat lapar melanda, Anda bisa berwisata kuliner di kawasan Pasar Baru. Tepatnya di sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata, Jalan Kalipah Apo dan sekitarnya. Misalnya warung nasi Ampera, Alam Sunda, Bu Imas, aneka jajanan kaki lima seperti pangkuan dan masih banyak lagi.

3. Jalan Braga

Mendongak sedikit dari jalanan Asia hingga Afrika, ada satu keindahan kota Bandung, yaitu Jalan Braga. Braga adalah wajah kota Bandung. Jalan bersejarah ini menjadi tujuan wisata bagi para pelancong yang menghabiskan waktu di kota kembang.

Suasana di Jalan Braga bernuansa Eropa, karena bangunan yang berderet di sepanjang jalan merupakan peninggalan arsitek era kolonial. Menurut situs resmi Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMTR), gaya bangunan di sepanjang Jalan Braga mengikuti perkembangan Kota Bandung pada tahun 1920 hingga 1940-an.

Jalan Braga memang sesuatu yang istimewa. Bahan jalan terbuat dari batu andesit. Sejak zaman Hindia Belanda, Braga memang menjadi tempat menginap, bahkan sampai sekarang.

Tak hanya soal estetika, Braga juga menyajikan kuliner yang tak ada habisnya. Dari pagi hingga malam jalan ini tak pernah sepi. Semakin malam, semakin banyak wisatawan yang ingin berwisata kuliner sambil duduk di pinggir jalan.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sini. Mulai dari warung nasi C’Mar, aneka jajanan seperti dim sum, lumpia, kopi hingga es krim juga tersedia di Braga. Tentunya wisatawan juga tidak lupa membawa kembang api untuk melihat dari jalanan yang menjadi pusat daya tarik kota Bandung.

4. Gedung Negara

Ikon kota Bandung ini pasti akan menjadi andalan untuk menyambut tahun baru. Gedung Sate adalah salah satu bangunan tua ikonik di kota Bandung. Sejak tahun 1980 hingga saat ini gedung di Jalan Diponegoro No.22 Kota Bandung ini digunakan sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghabiskan malam tahun baru 2023 di kantornya di Gedung Negara. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu akan memantau aktivitas warga untuk memastikan tidak ada euforia berlebihan selama perayaan berlangsung.

Situs resmi Humas Kota Bandung menyebutkan Gedung Sate memiliki gaya arsitektur hybrid, yakni perpaduan beberapa gaya arsitektur di beberapa bagian.

Bangunan ini menggunakan model Renaisans Italia, desain jendelanya mengusung konsep Spanyol-Moor, dan atapnya mengadopsi arsitektur Asia seperti candi-candi di Bali.

Bangunan ini juga dipengaruhi oleh ornamen Hindu dan Islam. Tata letak bangunan ini simetris, dengan elemen lengkung yang berulang menciptakan ritme yang indah dan unik.

Di bagian atas atap bangunan terdapat ornamen 6 buah tusuk sate. 6 tusuk sate ini mewakili 6 juta gulden yang digunakan untuk membangun gedung ini.

5. Taman Kiara Artha

Salah satu tempat wisata yang mengusung konsep alam, ramah lingkungan dan memiliki banyak wahana adalah Taman Kiara Artha. Lokasinya ada di Jl. Banten, Kebonwaru, Bandung.

Dibangun pada 17 Agustus 2019 dengan luas total 12 hektar, Taman Kiara Artha menawarkan sepuluh kesempatan bermain dan spot foto tak terbatas. Atraksi utamanya adalah Air Mancur Menari di Danau, Desa Korea, dan Taman Lentera.

Saat area wahana di Taman Kiara Artha ditutup, pengunjung masih bisa bermain di taman Taman Kiara Artha yang sangat terbuka. Bisa naik sepeda, makan, main atau kembang api bareng.

Menonton kembang api dari tempat yang lebih tinggi? Tiga tempat favorit di kota Bandung berikut ini bisa kamu coba, tapi hati-hati jalanannya mungkin cukup padat.

6. Lembang

Keindahan Lembang selalu menjadi primadona pariwisata. Pengunjung selalu disuguhi pemandangan dan berbagai taman bermain. Lembah yang tinggi dan dingin ini memiliki banyak tempat indah untuk berhenti dan menyaksikan kembang api.

Bersantai dari padatnya beban kerja dan menyenangkan keluarga tercinta. Kawasan Lembang-Bandung memiliki puluhan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dijamin, bermain di Lembang akan membuat Anda terhibur dan lebih sehat dengan udara segar dari dataran tinggi. Sebut saja The Lodge Maribaya, Orchid Forest dan masih banyak lagi restoran dan kafe lokal.

7. Punclut

Punclut singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi banyak orang karena terdapat berbagai destinasi wisata. Sambil menunggu pergantian tahun, tempat ini memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan matahari terbenam karena ketinggiannya.

Pengunjung bisa menikmati sunset Punclut sambil berpesta berbagai makanan di restoran lesehan yang berjejer di pinggir jalan. Jalan menuju tempat ini juga cukup mudah diakses dari kota Bandung. Beragam destinasi kuliner bisa dikunjungi di antaranya Dago Bakery Punclut atau Cakrawala Nature Sparkling Resto.

8. Dago

Dago Pakar adalah salah satu tempat terkenal untuk menyaksikan matahari terbenam di Bandung. Dari sini Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan dan lembah yang indah serta matahari terbenam di ufuk barat.

Daerah Dago juga terkenal dengan banyaknya kafe yang estetis, pemandangan yang indah dan beragam makanan. Tak heran jika banyak anak muda atau orang tua yang menghabiskan akhir pekannya di Dago.

Misalnya 372 Kopi Dago Pakar, Jurnal Risa Coffee Dago, Two Hands Full, Cafe D’Pakar, Congo Gallery and Cafe dan masih banyak lagi. Berbagai kafe dan kedai kopi di Dago pun menawarkan harga yang berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Nah Detiker, ini rekomendasi tempat untuk malam tahun baru nanti. Menurut Anda, di mana Anda mempersiapkan rencana Tahun Baru?

(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button