8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enak - WisataHits
Yogyakarta

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enak

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enak

Kuliner adalah salah satu agenda wisata wajib yang tidak boleh dilewatkan di Jogja. Karena Jogja tidak hanya kaya akan tempat wisata, tapi juga surga kuliner yang menawarkan makanan enak dan murah.

Tersebar di beberapa tempat, kamu bisa mencicipi aneka kuliner yang nikmat, lho. Mulai dari gudeg, sate klatak, bis film barat semuanya mutakhir. Inilah pusat kuliner yang wajib dikunjungi di Jogja!

1. Angkringan Tugu

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakAngkringan Tugu Yogya (instagram.com/erza_kartorejodiningrat)

Ada pusat kuliner Hik atau Angkringan di sekitar stasiun Tugu. Banyak warung Angkringan yang buka dari sore hingga malam hari. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah nasi kucing/sego bandeng, sunduk atau gorengan.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Ada juga tempat duduk bersila yang cukup luas yang terletak persis di pinggir jalan. Sehingga pengunjung bisa leluasa menikmati makanan dan suasana malam khas Kota Gudeg.

2. Gudeg Wijilan

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakPusat kuliner gudeg Wijilan. (IDN Times/Nindias Khalika)

Jika Anda mencari Gudeg di Yogyakarta, pergi saja ke Wijilan Gudeg Center. Lokasinya mudah dijangkau karena berada tepat di sebelah timur Jogja Square atau selatan Plengkung Wijilan. Sepanjang jalan banyak terdapat warung gudeg dengan menu kering dan basah khas jogja.

Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp20.000 hingga Rp100.000, tergantung lauk yang dipilih. Untuk jam buka dari jam 05.30-20.00 malam. Gudeg tidak hanya bisa dimakan di tempat, tapi juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Lobster di Yogyakarta, Rasanya Mewah!

3. Sate Klatak Imogiri

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakSate Klatak Imogiri (instagram.com/roynardo)

Pengalaman kuliner lain yang tidak boleh dilewatkan di Yogya adalah Sate Klatak. Di Jalan Imogiri, Kecamatan Jejeran, Bantul, ada banyak warung Sate Klatak Jogja yang enak dan cukup terkenal. Sate khas Jogja ini disajikan dengan jeruji besi/sepeda. Bahan-bahannya terbuat dari daging kambing panggang dan disajikan dengan saus pedas khasnya.

Sate Klatak mulai dijual di daerah Imogiri sekitar tahun 1960, awalnya hanya beberapa pedagang saja. Kini kawasan ini berkembang pesat sebagai pusat kuliner sate klatak yang populer di kalangan wisatawan.

4. Tampilan ingkung

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakIngkung Pajangan (instagram.com/daladlodse)

Tak hanya Sate Gudeg dan Klatak yang terkenal di Jogja. Ayam ingkung juga menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan. Olahan ayam utuh atau disebut ingkung banyak ditemukan di wilayah Pajangan, Bantul, DI Yogyakarta. Di sini, ayam ingkung dijual dimasak dengan berbagai jenis masakan yang bisa dipilih, antara lain original, rica-rica dan bumbu bakar.

Untuk harga antara Rp 120.000 dan 150.000, kita bisa mendapatkan ayam ingkung besar dengan lalapan, sambal dan daun singkong goreng di dalamnya. Selain dimakan di tempat, ingkung ayam juga bisa dibungkus di rumah sebagai oleh-oleh keluarga.

5. Jalan Prawirotaman

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakBersantap di Jalan Prawirotaman (instagram.com/green.nesia)

Kawasan kuliner lain di Yogyakarta yang cukup ramai ada di Jalan Prawirotaman. Berjarak kurang lebih 2 km dari Tugu Nol Kilometer Jogja, kawasan ini sering disebut sebagai Kampung Bule. Memasuki Jalan Prawirotaman, Anda akan lupa sejenak bahwa Anda sedang berada di Yogyakarta.

Karena banyak restoran dan toko yang menawarkan menu film barat sebagai Pizza, Warga, spageti, salad bahkan bir. Pada malam hari suasana di Jalan Prawirotaman sangat mirip dengan jalan-jalan di Bali lho. Hal ini tak lepas dari banyaknya wisatawan mancanegara yang menginap di hotel Prawirotaman.

Baca Juga: 8 Tempat Bakso Unik di Jogja, Ada yang Pakai Kelapa

6. Merchant Center Jogja Alun-alun Selatan

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakJajanan di Alun Alun Selatan (instagram.com/fardeean_thias)

Jika Anda ingin merasakan berbagai jajanan kuliner yang murah dan beragam. Anda bisa langsung menuju Alun-alun Selatan Jogja. Ada banyak makanan ringan di sini makanan jalanan enak dan murah, yang wajib dicicipi oleh para pecinta kuliner. Ada es krim goreng, maccilor, bakso tusuk sate, jagung bakar, cilok, roti bakar, daun bawang, jus dan lainnya.

Kawasan ini buka dari jam 4 sore hingga sore hari dan selalu dipadati turis maupun penduduk lokal yang mencari jajanan murah dan enak.

7. Teras Malioboro

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakTeras Malioboro 1 (gmaps.com/agnesemilia)

Jika Anda sedang ingin kulineran di Malioboro, Anda harus mampir ke Malioboro Terrace. Teras Malioboro merupakan tempat berbelanja oleh-oleh, pakaian dan kuliner yang terletak di sebelah barat Pasar Beringharjo. Semua pedagang di sini sudah pindah jauh dari Jalan Malioboro yang tadi kami jumpai berderet di sepanjang jalan. Termasuk penjual sembako dan makanan.

Banyak menu makanan dan minuman yang ditawarkan mulai dari Bakso, Sop, Gudeg, Pecel, Sate Kere hingga Boba. Harganya cukup terjangkau dan suasananya lebih nyaman karena terkonsentrasi di satu area.

8. Slasar Malioboro

8 pusat kuliner di jogja, serunya berburu makanan enakSlasar Malioboro (instagram.com/uki_indonesia)

Slasar Malioboro terletak di Jalan Pasar Kembang, tidak jauh dari stasiun kereta api Tugu lho. Slasar Malioboro menawarkan sensasi kuliner yang praktis dan nyaman bagi wisatawan. Temukan tenant/toko kuliner dari Angkringan Kopi Joss, pancake, donat dan lainnya.

Tidak hanya makanannya yang enak, suasananya juga nyaman dan… Instagramable Anda bisa merasakan saat berada di sini. Karena bangunan Malioboro Tuesdayr didesain dengan gaya vintage, ini adalah tempat yang sangat bagus untuk menginap dan berfoto.

Di Yogyakarta, Anda tidak perlu bingung soal kuliner atau mencicipi makanan. Karena saat liburan di Kota Gudeg ada banyak pusat kuliner yang bisa dipilih. Di mana Anda ingin memulai, di sini?

Baca juga: Top 10 Rumah Makan Tradisional di Jogja Menurut TasteAtlas

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button