8 Daerah Di Jawa Timur Rawan Tsunami Wisatawan Nataru Diimbau Waspada - WisataHits
Jawa Timur

8 Daerah Di Jawa Timur Rawan Tsunami Wisatawan Nataru Diimbau Waspada

Liputan6.com, Surabaya – Kepala Pelaksana Harian (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan pihaknya saat ini sedang fokus menyiapkan tempat wisata jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di delapan wilayah selatan Jawa Timur, khususnya Malang.

“Yang menjadi perhatian dan fokus jelang Nataru adalah wilayah selatan Jawa Timur yang memiliki potensi wisata yang banyak dikunjungi pengunjung, seperti daerah Malang,” ujarnya, Rabu (14/12/2022).

Selain Malang, lanjut Gatot, BMKG juga telah memetakan tujuh wilayah di selatan Jatim yang juga rawan bencana tsunami kategori tinggi. Yakni Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Gatot mengatakan, tsunami bisa terjadi di Jawa Timur sewaktu-waktu jika terjadi gempa dengan magnitudo lebih dari 6,5. Padahal khusus untuk wilayah Malang, banyak terjadi bencana yang rawan banjir dan tanah longsor.

“Jadi wilayah di selatan Jawa Timur ini merupakan wilayah pesisir yang selalu dilaporkan BMKG rawan bencana seperti tsunami, banjir, dan tanah longsor,” ujarnya.

Gatot mengatakan, delapan wilayah di Jawa Timur bagian selatan yang rawan tsunami disebabkan megathrust. Setiap tahun ada lempeng yang bergerak di zona ini. “Karena ada megathrust di selatan Jawa. Itu tumbukan lempeng, setiap kali bergerak bergerak sekitar 7mm per tahun,” ujarnya.

Pusat Rekening Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan pernyataan atas isu erupsi Gunung Semeru yang menimbulkan tsunami. Dalam akun media sosialnya, PVMBG menegaskan bahwa isu tersebut adalah hoaks alias berita bohong.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button