7 Wisata Kuliner Jogja Maknyus yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan - WisataHits
Yogyakarta

7 Wisata Kuliner Jogja Maknyus yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Foto Gudeg Bu Tinur.[Sumber:GoogleMapsReview/EmaKemala

Jogja masih menjadi destinasi wisata terbaik yang banyak dikunjungi wisatawan dari tempat-tempat bersejarah, Pantai pasir putih, hingga wisata alam. Tak hanya beberapa tempat yang menyimpan kenangan, namun juga wisata kuliner jogja yang tak terlupakan. Rasa ingin kembali ke Jogja seringkali muncul, meski hanya untuk menyantap beberapa hidangan khas yang hanya ada di Jogja. Buat kamu yang berencana liburan ke Jogja lagi, atau baru pertama kali ke Jogja, ini dia daftar wisata kuliner Jogja yang wajib kamu coba dan jangan lewatkan!

Tempat Kuliner Jogja

1. Kopi Klotok

Nyaman dan indah. Itulah gambaran saat pertama kali mengunjungi wisata kuliner populer di Jogja Atas ini. Kafe Klotok Yogyakarta terletak di Jalan Kaliurang km 16, Sleman, yang memberikan sensasi makan masakan rumahan sambil menikmati hamparan persawahan, rumah joglo, semilir angin dan kicau burung.

Kopi klotok memang menjadi icon utama stand sawah ini. Nama kopi Klotok berasal dari cara penyajiannya. Kopi hitam yang akan disajikan kepada tamu diseduh hingga mengeluarkan bunyi “klotok-klotok”. Selain kopi Klotok, teh dan jajanan pisang goreng manis ada di menu yang bisa dipesan untuk teman cerewet. Berbagai menu masakan Jawa mulai dari lalapan, sayur tahu, oatmeal, krecek, tempe goreng dan lain-lain semuanya disajikan dengan gaya buffet.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung lokal maupun mancanegara di pagi hari. Sejumlah artis, menteri, artis, negarawan hingga wakil presiden menghadiri wisata kuliner Jogja yang paling terkenal ini. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang harus Anda bayar setelah menyantap masakan Jawa yang lezat di sini karena harganya yang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Baca juga:
5 rekomendasi wisata top di Yogyakarta ini dijamin seru!

2. Warung Oseng Mercon Bu Narti

Sumber: Akurat.co

Lokasi warung makan legendaris yang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Jogja ini berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Sajian petasan goreng pertama kali disajikan di Yogyakarta. Bu Narti Oseng Mercon terkenal di kalangan pecinta kuliner karena rasanya yang pedas dan begitu dominan saat disantap. Nama Oseng Mercon juga berasal dari istilah yang menggambarkan sensasi pedas dari makanan yang membuat lidah terasa seperti menelan petasan.

3. Ayam Penyet Mas Kobis

Pelajar dan perantau di Jogja pasti tahu tentang warung makan terkenal yang satu ini, Ayam Penyet Mas Kobis. Lokasi warung makan tradisional ini berada di beberapa tempat dekat kampus seperti UGM dan UNY. Secara umum, ayam penyet Mas Kobis ini mirip dengan ayam penyet lainnya. Keunikannya, Mas Kobis, menyajikan kombinasi ayam goreng dan sambal ala Mas Kobis yang dicelupkan ke minyak goreng panas.

Baca juga:
Profil dan Fakta Seru Ria SW, YouTuber Kuliner Gak Seru

Dimakan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya, membuat lidah Anda bergoyang. Rasa pedasnya bisa disesuaikan tergantung jumlah cabai yang diinginkan, rasa asin dari minyak goreng bekas cocok untuk semua jenis lauk pauk. Jika suka manis, bisa ditambahkan kecap manis sesuai selera. Dengan segelas besar es teh setelah makan, mulut dan tenggorokan menjadi lebih segar dan bekas rasa pedasnya hilang.

4. Pasar Kotagede Kuliner Lawasan

Bagi kebanyakan orang, Pasar Kotagede adalah surganya wisata kuno dan kuliner khas Jogja. Pecinta jajanan tradisional pasti betah berlama-lama disini. Berbagai jajanan pasar yang lezat bisa Anda temukan mulai dari kue cucur, ketan lopis hingga sego pecel yang membuat Anda ingin terus menambahnya. Soal harga, anda tidak perlu khawatir karena harga tersebut merupakan harga grosir dan bagus untuk menghemat dompet anda. Selain wisata kuliner tradisional jogja, Anda bisa membeli berbagai produk budaya seperti kaos, kemeja dan celana celup di Pasar Kotagede yang tidak kalah mahal dengan Pasar Beringharjo.

5. Mie Jawa

Selain Gudeg, Jogja juga bisa disebut sebagai “Kota Mie Jawa” karena hampir di setiap sudut kota terdapat warung makan. Masakan mie jawa memiliki cita rasa yang sangat kaya dan lezat. Untuk porsi besar, harganya sangat murah dan mudah di dompet. Mie Jawa ini cocok dijadikan sebagai santapan malam saat menikmati keindahan malam kota Jogja. Setiap stand mie Jawa menawarkan nuansa tersendiri yang membuat pengunjung betah dan nyaman.

Baca juga:
Artjog 2022 Art Festival resmi dibuka, menampilkan karya-karya penyandang disabilitas dan hits di Jogja

6. Gudeg Mercon Bu Tinah

Ingin mencicipi Gudeg yang unik, berbeda dari Gudeg konvensional lainnya? Anda bisa mampir ke booth Gudeg Mercon Bu Tinah. Lokasinya di Jalan Asem Gede 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Stand Gudeg Mercon ini hanya buka pada malam hari. Gudeg rasa Bu Tinah cenderung lebih gurih dan tentunya lebih pedas. Manisnya gudeg diimbangi dengan gurihnya krecek dan tempe goreng. Selain rasanya yang enak dan otentik, harga gudeg di sini relatif lebih murah dibandingkan dengan gudeg yang terkenal.

7. Sate Klathak Pak Pong

Liburan di Jogja belum lengkap rasanya tanpa mencoba kuliner sate klathak bakar dengan roda sepeda besi, ketimbang sate daun kelapa. Mari luangkan waktu untuk menyantap sate enak yang memiliki penyajian unik dan rasanya yang lezat. Anda bisa menyantap sate klatak atau daging tongseng dengan nasi hangat dan kecap yang nikmat. Tekstur daging satenya lembut dan tidak berbau gosong, bumbu kacangnya juga meresap ke daging dan pastinya tidak kenyal. Sate Klathak terletak di Jalan Sultan Agung No. 18, Jalur II, Wonokromo, Pleret, Bantul

Itulah beberapa daftar wisata kuliner jogja yang wajib dicoba di kota pelajar ini. Anda bisa mengunjungi wisata kuliner di atas selama sehari karena cukup terjangkau dan pastinya tidak akan menguras dompet Anda. Belum ke Jogja kalau melewatkan wisata kuliner Jogja di atas!

Baca juga:
virus! Pelajar SMU Ketangkap Cabul di Halaman Masjid, Netizen: Ayo Dek Sosor

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button