7 Tips Liburan di Malang Simak berikut ini - WisataHits
Jawa Timur

7 Tips Liburan di Malang Simak berikut ini

7 Tips Liburan di Malang Simak berikut ini

Malang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur. Selain Surabaya, kota ini kerap menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kota Malang memiliki sejarah sejarah yang panjang. Kota ini awalnya merupakan pusat kerajaan Kanjuruhan dan Singosari. Selain terkenal dengan sejarahnya, keindahan panorama Malang menjadi daya tarik utama kota ini.

“Kota Malang merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia dan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang dikenal sebagai kota pelajar, atau banyak juga yang menyebutnya sebagai kota kembang,” bunyi keterangan di situs resmi kota Malang.

Sejak zaman penjajahan Belanda, kota Malang terkenal dengan udaranya yang segar dan dikenal sebagai daerah yang dingin. Bentang alam kawasan ini sudah dikenal sangat indah sejak zaman dahulu.

Kota Malang juga dikenal dengan udaranya yang sejuk. Tak heran jika kota ini banyak dikunjungi oleh para traveller yang melakukan aktivitas Travel Surabaya Malang.

Salah satu pesona kota Malang adalah gugusan pegunungan megah seperti Gunung Bromo, Semeru dan cagar alam. Seiring dengan perkembangannya, kota ini terus berbenah dan meningkatkan kualitas pariwisatanya. Maka dari itu tidak heran jika Paket Wisata Malang mulai berkembang untuk memanjakan para traveller.

Lantas apa saja yang harus Anda persiapkan saat berlibur ke Malang? Lihat tips di bawah ini.

1. Pesan tiket perjalanan terlebih dahulu

Berlibur di kota Malang merupakan salah satu momen yang paling menarik. Kota besar ini menawarkan berbagai tempat wisata yang memukau mulai dari wisata alam, wisata bahari, kuliner hingga wisata sejarah.

Dari segi biaya, liburan ke Malang seharusnya lebih murah. Ini adalah faktor lain yang mendorong banyak wisatawan untuk berwisata ke kota yang berdekatan dengan Mojokerto ini. Meski memiliki banyak fasilitas, Anda tetap perlu melakukan persiapan jika ingin berlibur ke kota ini.

Yakni dengan melakukan pre-order tiket perjalanan. Apalagi jika Anda berasal dari luar kota Malang yang jaraknya begitu jauh. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa mengantarkan Anda ke Malang. Ini termasuk bus, kereta api dan pesawat.

Pre-order tiket menawarkan kemudahan yaitu harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga tiket yang dipesan dalam waktu dekat di hari keberangkatan.

2. Tentukan rencana perjalanan yang jelas

Liburan spontan dan dadakan memang menyenangkan. Namun, jika Anda belum terbiasa dengan jenis liburan ini, jangan mencobanya. Karena liburan yang spontan membutuhkan persiapan diri yang lebih untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga nantinya.

Kami menganjurkan Anda untuk merencanakan liburan Anda dengan matang untuk mendapatkan momen liburan yang menyenangkan. Anda membutuhkan rencana perjalanan yang jelas. Sebelum memesan tiket, pastikan Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jenis liburan yang Anda inginkan.

Kumpulkan informasi sebanyak yang Anda butuhkan tentang tujuan yang akan Anda kunjungi. Susunlah jadwal dan skala prioritas liburan Anda di Malang nanti. Atau membuat rute sederhana yang bertujuan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Malang dengan lebih mudah.

Itinerary seperti ini juga memberikan gambaran mengenai biaya transportasi, serta biaya lainnya seperti tiket objek wisata.

3. Hindari musim liburan

Musim liburan adalah tahun di mana harga tiket perjalanan, hotel dan tiket wisata naik, diikuti dengan harga makanan di tempat wisata yang juga akan tinggi.

Jadi hindari berwisata saat musim liburan saat jumlah pengunjung meningkat pesat dibandingkan hari biasa. Musim liburan ini umumnya terjadi pada akhir pekan, liburan sekolah, dan liburan akhir tahun yang sedikit lebih panjang.

Di sisi lain, situasi di tempat wisata pasti macet. Rentang gerak Anda terbatas. Daripada mengganggu liburanmu dengan hal-hal tersebut, lebih baik cari kencan selain musim liburan.

4. Pilih keluarga angkat

Ada berbagai alternatif pilihan penginapan yang bisa Anda pilih di Malang. Mulai dari kamar kapsul hingga hotel bintang lima yang menawarkan fasilitas lengkap dan suasana super nyaman.

Namun, jika ingin lebih hemat, homestay adalah pilihan yang lebih baik. Ada banyak homestay di Malang yang menawarkan kamar yang nyaman. Homestay juga lebih murah dari segi harga.

Lakukan reservasi sebelum Anda berangkat. Berbagai situs atau aplikasi booking hotel bisa Anda gunakan untuk mendapatkan homestay dengan harga sewa murah. Pesan hotel terlebih dahulu agar Anda tidak kehabisan fasilitas kamar.

5. Penyewaan sepeda motor

Transportasi merupakan salah satu hal terpenting dalam berlibur di kota orang. Sebagai wisatawan yang tidak mengerti rute, kita sering dibuat pusing oleh transportasi umum yang bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Jika rencana perjalanan Anda memiliki banyak poin, menyewa sepeda motor lebih baik daripada menggunakan kendaraan. Ini adalah pilihan bijak untuk menekan biaya transportasi yang cenderung meningkat. Menyewa sepeda motor jauh lebih murah daripada menggunakan transportasi umum.

Dengan sepeda motor Anda bisa pergi ke mana saja tanpa mengeluarkan uang lebih. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk bahan bakar kendaraan.

6. Siapkan pakaian tebal

Malang memiliki suhu yang cenderung sejuk dan dingin. Hal ini karena dipengaruhi oleh letak geografisnya yang berada di dataran tinggi. Kemudian dikelilingi oleh pegunungan dan cagar alam.

Turis yang terbiasa tinggal di kota dengan cuaca panas mungkin akan terkejut dengan perubahan suhu yang drastis ini. Maka Anda perlu menyiapkan bekal berupa pakaian tebal yang mampu menahan udara dingin.

Lalu bawa juga perlengkapan lainnya seperti topi, syal atau sarung tangan dan kaos kaki tebal. Jika Anda berniat mengunjungi tempat wisata alam seperti pegunungan dan perbukitan, sebaiknya kenakan pakaian tebal, jaket dan alas kaki yang sesuai.

7. Kuliner

Kuliner Malang sangat beragam. Ada yang murah hingga mahal. Hal utama adalah Anda tahu selera Anda sendiri. Hampir semua kuliner di Malang menawarkan cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kota lain.

Menjelajahi kuliner khas Malang tak cukup sehari dua hari saja. Jadi, agar lebih efisien, sebaiknya rencanakan perjalanan Anda dengan baik. Karena banyaknya tempat wisata dan ragam kuliner yang sangat menarik, sayang jika dilewatkan. (ted)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button